10 Cara Buka Toko Online Untuk Pemula Dijamin Balik Modal!

Infoyunik.com – Bagi kamu yang sedang mencari cara buka toko online untuk pemula agar laris manis, maka kamu harus berada yang di tempat yang tepat. Nah kali ini kita akan jelaskan langkah-langkahnya mulai dari awal.

Bagaimana cara membuka toko online yang benar sehinga barang yang kamu jual nantinya akan diserbu pelanggalan setiap harinya.

Padahal sebenarnya toko online atau e-commerce ini adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang lebih menguntungkan. Hal ini karena kamu bebas mengelolanya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Contohnya kamu bebas membuat promosi, melakukan branding produk dan bahkan menerapkan cara memulai bisnis dari nol sesuai rencana kamu.

Kamu tidak perlu takut membuat website toko online sendiri. Apalagi sekarang membuat website toko online mudah dilakukan. Kamu cukup menggunakan Content Management System (CMS) Seperti WordPress.

Toko online kamupun akan siap dalam hitungan menit. Menariknya lagi kamu juga bisa melakukan kustomisasi desain. Untuk lebih detailnya lagi kamu bisa simak artikel dari Infoyunik.com dibawah ini.

Mengapa kamu Harus Membuat Toko Online

Mengapa kamu Harus Membuat Toko Online?

Meskipun ada beberapa pasar di mana kamu dapat menjual barang-barang terlaris secara online, memiliki bisnis online kamu sendiri lebih disukai. Ketika datang ke pasar vs pengecer online, bisnis online menang.

Hal ini disebabkan oleh kepemilikan kamu atas situs web toko online. Mulai dari desain website, fitur-fitur yang ingin kamu hadirkan dan sebagainya.

Di sisi kiri halaman, ada sub-kategori produk khusus untuk Converse. Pengunjung akan dapat lebih mudah menjelajahi berbagai barang yang tersedia.

Tombol favorit juga terletak di sebelah keranjang belanja. Idenya adalah untuk memungkinkan pengunjung menemukan barang favorit mereka dengan lebih mudah. Dengan kata lain, desain situs web telah disesuaikan dengan tuntutan konsumen merek Convers.

Berbeda dengan marketplace, tampilan barang tidak bisa dimanipulasi secara bebas. Selain itu, marketplace menawarkan barang dari beberapa pengecer dan merek pada saat yang bersamaan. Hal ini tentu saja meningkatkan persaingan dalam industri digital.

Selain itu, margin keuntungan yang diperoleh dari bisnis online mungkin lebih tinggi. Karena kamu dapat menetapkan margin keuntungan dan biaya transaksi kamu sendiri untuk setiap produk.

Berbeda dengan marketplace yang membebankan biaya admin. Keterlibatan merek juga lebih fokus pada toko online.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa layanan obrolan merek kamu tidak bercampur dengan bisnis online lainnya, seperti halnya di marketplace.

Kamu juga dapat menargetkan pasar global dengan membuat situs web toko online. Orang-orang dari seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses merek kamu melalui toko online. Hal ini meningkatkan peluang kamu untuk mengembangkan bisnis kamu.

Cara Buka Toko Online Untuk Pemula

Cara Buka Toko Online Untuk Pemula

Berikut ini adalah cara buka toko online untuk pemula yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Memiliki Mindset Bisnis yang Benar

Untuk langkah yang pertama cara buka toko online untuk pemula adalah sebelum menjadi pebisnis dengan membuka toko online adalah memperjelas niat kamu dan memiliki pola pikir bisnis yang tepat.

Tanamkan dalam hati kamu bahwa apa yang kamu usahakan saat ini adalah sebuah bisnis dan kamu harus memiliki pola pikir pebisnis dan sikap positif.

Ketika kamu ingin membangun toko online, kamu harus mempersiapkan beberapa hal, sama seperti bisnis lainnya, agar usaha kamu lebih maksimal nantinya.

Modal, produk yang akan dijual, target pasar, strategi pemasaran, serta tren dan kelangsungan bisnis di masa depan adalah contoh dari hal-hal tersebut.

Tapi, sebelum kamu mempertimbangkan hal-hal yang tercantum di atas, kamu harus terlebih dahulu membahas pola pikir kamu.

Hal ini karena kualitas orang atau pelaku bisnis menyumbang hampir 95% dari semua faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah perusahaan.

Jadi, berapapun besarnya modal atau kecanggihan toko online, jika manusianya tidak memiliki mental bisnis yang baik, bisnis tersebut bisa saja gagal. Kalaupun berhasil, tidak akan bertahan lama.

Pebisnis yang baik harus mempertimbangkan untuk membangun aset selain keuntungan karena aset itulah yang akan bekerja untuk kita nantinya.

Jangan sampai terjadi hal-hal ketika kamu sudah berhasil membangun bisnis kamu tetapi terpaksa disibukkan dengan hal itu dan mengorbankan waktu berharga bersama orang-orang tercinta.

2. Cari Pasar dan Tentukan Jenis Barang yang Dijual

Cara buka toko online untuk pemula selanjutnya adalah setelah kamu yakin dengan mentalitas dan pola pikir bisnis kamu, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi target pasar dan barang yang ingin kamu jual secara online.

Pertimbangkan baik-baik barang mana yang layak dijual dan mana yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Lihatlah ke sekeliling lingkungan kamu untuk melihat kebutuhan masyarakat apa yang belum terpenuhi atau sulit dipenuhi.

Alhasil, kamu tidak boleh terburu-buru mengambil keputusan karena akan mempengaruhi kesuksesan bisnis kamu di masa depan. Produk yang sesuai akan membantu bisnis toko online kamu berkembang.

Sedangkan produk yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat akan menyebabkan toko online kamu ditinggalkan. kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Jadi, sebelum memutuskan apa yang akan dijual, pikirkan baik-baik dan lakukan riset yang mendalam.

Misalnya, kamu bisa menjual produk fisik, jasa dan digital secara online. Fashion, jam tangan, obat-obatan herbal, rumah dan aksesoris adalah contoh produk fisik.

E-book, pulsa, kursus online dan produk digital lainnya adalah contoh produk digital. Sementara itu, jasa seperti penyewaan mobil atau motor dan jasa pengembangan aplikasi juga tersedia.

Baca Juga:  9 Cara Menabung Gaji 1 Juta Perbulan dan Tips Agar Konsisten

Nah, pada langkah ini, karena kamu sedang belajar, kamu bisa langsung menjual barang orang lain terlebih dahulu. Dropshipping, reseller.

Kemitraan produsen dan metode lainnya adalah contohnya. Selain risikonya rendah, kamu juga bisa belajar dan mendapatkan keuntungan dari pengalaman kamu.

Buat Website Jualan atau Toko Online

3. Buat Website Jualan atau Toko Online

Langkah selanjutnya cara buka toko online untuk pemula yakni dalam membuat toko online kamu sukses adalah membangun situs web kamu sendiri. Di era digital ini, memiliki situs web e-commerce sendiri merupakan syarat jika kamu ingin bersaing dengan kompetitor.

Jika kamu ingin berjualan, kamu harus memiliki toko di mana produk kamu dapat ditampilkan. Ketika kamu berjualan secara online, website ini pada akhirnya bisa menjadi etalase utama di mana pelanggan bisa melihat produk yang kamu jual.

Namun, karena kamu adalah pengusaha baru, kamu dapat berjualan online melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Media sosial sangat kuat jika kamu tahu cara menggunakannya untuk mendapatkan produk kamu di depan sebanyak mungkin orang.

Selanjutnya, kamu bisa berjualan di marketplace ternama seperti Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Mengapa kedua hal ini disarankan? Karena kedua hal ini gratis, kamu bisa langsung mempromosikan dan menjualnya.

Jika perusahaan kamu sudah berkembang, kamu bisa membuat website sendiri. Website toko online ini nantinya bisa berfungsi sebagai toko online resmi kamu sekaligus sebagai referensi ketika kamu ingin menyebarkan promosi melalui media sosial dan channel lainnya.

Promosi Online

4. Promosi Online

Setelah kamu memiliki website usaha sendiri cara membuka online shop untuk selanjutnya adalah melakukan promosi online secara masif.

Maksudnya adalah kamu bisa mengisi website tersebut dengan konten yang bisa menarik pelanggan. Kamu bisa gunakan kata-kata yang bagus karena akan ditampilkan pada halaman muka website kamu karena hal ini juga bisa menjadi sarana promosi yang baik buat usaha kamu.

Sebisa mungkin dalam website tersebut kamu bisa menampilkan konten yang penting-penting saja terlebih dahulu. Contohnya saja tentang profil jualan yang kamu kelola.

Galeri produk yang kamu jual dan keterangannya, alamat usaha dan kontak dimana kamu bisa dihubingi, logo usaha dan cara-cara melakukan pemesanan.

5. Mentor dan Lingkungan yang Positif

Dan untuk selanjutnya jika kamu berniat menjadi pebisnis handal dengan membuka online shop maka kamu harus punya mentor dan menciptaptakan lingkungan yang positif.

Mentor ini bisa siapa saja contohnya seperti sahabat, guru, dosen dan siapa saja yang sudah terbukti sukses dalam usaha jualan onlinennya.

Tidak ada orang sukses secara cepat atau instan, pasti telah mengalami proses jatuh bangun sehingga ia bisa menjadi orang yang sekarang.

Makanya kamu harus bisa belajar mencari pengalaman dari mereka. Ini juga sekaligus sebagai sarana untuk mempercepat proses trial dan eror yang harus kamu alami dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Pahami Apa yang Kamu Jual

6. Paham Apa yang Kamu Jual

Memahami apa yang sedang kamu jual termasuk cara yang sangat penting jika ingin online shop kamu laris manis dan dikunjungi pembeli karena.

Tingkat kepahaman kamu dengan barang jualan kamu pastinya akan menentukan sukses tidaknya kamu dalam berjualan online lebih-lebih jika kamu memulai dari nol.

Setelah menentukan barang apa yang ingin kamu jual kamu juga harus mempelajari detail produk tersebut mulai dari kualitasnya, harga belinya dan berapa harga ketika menjual lagi.

Lalu jangan lupa juga untuk mempelajari pasar karena trend pasar cenderung berubah-ubah makanya jika kamu sudah bisa memahami pola pikir pasar atau konsumen maka kamu akan dengan mudah menyediakan barang yang diinginkan masyarakat.

Dan selain itu juga teknologi Google Keyword Planner ini juga bisa mencari tahu berapa kali barang yang kamu jual di cari dalam mesin pencarian Google.

Jika hasilnya banyak, maka bisa dipastikan pesaing kamu yang menjual barang yang sama juga banyak. Jadi kamu harus benar-benar bijak contohnya saja menjual varian yang lain. Ini jika kamu ingin bertahan dan sukses dalam bisnis online shop ini.

7. Riset Pesaing

Cara membuka online shop yang laris manis untuk berikutnya adalah sengan cara melakukan riset pesaing atau kompetitor. Hal ini tentu saja penting untuk mempelajari gerak-gerik kompetitor agar kamu tidak kalah saing.

Contohnya saja kamu bisa mencari tahu dimana mereka memasarkan produk mereka. Kamu juga bisa cari saja di marketplace terkenal di tanah air semisal Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan seterusnya.

Lalu kamu pelajari produk mereka, apa saja yang mereka tawarkan sehingga banyak menggaet pembeli. Dengan kamu mempelajari pesaing maka kamu bisa memaksimalkan keunggulan kamu yang tidak ada pada pesaing.

Contohnya saja respond penjual yang terlalu lambat maka kamu bisa meningkatkan pelayanan kamu kepada para pembeli dengan memberikan respon yang sangat cepat.

Kemudian misalnya saja packing yang seadanya maka kamu harus unggul dari mereka dengan melakukan packing barang yang layaknya dengan bubble wrap contohnya.

Dan masih banyak lagi pelajaran yang bisa kamu ambil jika kamu rajin melakukan riset pesaing untuk meningkatkan daya jual online shop kamu.

8. Mencari Supplier atau Distributor Terpercaya

Kamu tidak perlu membutuhkan modal yang sangat besar untuk memulai bisnis online, kamu bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper dari toko lain.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Beberapa supplier atau toko online biasanya menerapkan kedua sistem itu, akibatnya kamu hanya perlu memasarkan dan menerima pesanan, lalu diteruskan ke supplier.

Tidak harus repot-repot packing barang, supplier tersebut karena semuanya akan di urus kepentingannya dari mengemas barang sampai pengirimannya.

Tentu saja hal ini sebaiknya kamu cari supplier yang paling pertama agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang banyak tanpa harus menaikan barang yang terlalu tinggi, sehingga ini tetap akan bisa bersaing.

Selanjutnya ketika kamu memilih distributor kamu pastikan harus selektif dalam memilih barangnya agar tidak terjadi penipuan, karna ini sering terjadi.

9. Evaluasi

Saat memulai bisnis pastinya para pemula bisnis tentunya akan ada kesulitan dan kekurangan dari cara-cara yang telah dijalankan. Nah kamu bisa evaluasi atau catat apa yang menyebabkan produk kamu tidak sampai.

Dengan baik ke target pasar bagaimana kamu bisa menaikkan kinerja penjual dan lainnya. Dan jangan lupa juga evaluasi pengelolaan keuangan dari bisnis kamu.

10. Konsisten

Yang terakhir ini bagian yang sulit dilakukan adalah tetap berkomitmen dan konsisten. Intinya selalu konsisten untuk semua bisnis tidak terkecuali.

Seluruh bisnis pastinya awalnya memang tidaklah mudah, pasti semua bisnis mengalam pasang surut atau belum mendapatkan keuntungan sesuai yang sesuai apa yang diinginkannya.

Tetapi jika kamu menjalani bisnis bersama menggunakan hati dan cara yang paling benar, perlahan bisnis kamu akan berjalan terus menerus sampai berkembang dan memiliki banyak pelanggan.

Tanya Jawab Cara  Buka Toko Online untuk Pemula

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara buka toko online untuk pemula, yakni:

1. Apa Kekurangan dari Bisnis Online?

  • Pekerjaan membutuhkan koneksi internet.
  • Jumlah kasus penipuan semakin meningkat.
  • Biaya pengiriman.
  • Waktu pengiriman yang lama dan bahkan barang tidak terkirim
  • Persaingan pasar menjadi semakin sengit.
  • Sulit untuk menarik pelanggan.
  • Barang rusak selama ekspedisi.
  • Pesanan tidak sesuai.

2. Langkah Langkah untuk Menjadi Viral Iklan Online?

  • Mulailah dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas.
  • Buatlah lebih menarik dengan menyertakan gambar atau foto.
  • Gunakan hashtag dalam strategi penjualan dan pemasaran untuk bisnis online kamu.

3. Apa Keuntungan dari Bisnis Online?

Karena jangkauan pasarnya yang agak luas, bisnis online tampak potensial. Jika dibandingkan dengan bisnis tradisional.

Jenis bisnis ini memiliki jangkauan yang jauh lebih luas karena tidak terbatas pada lokasi tertentu. kamu dapat menjual produk kamu di mana saja dan menarik pelanggan dari seluruh dunia.

BACA JUGA:

Cara Mulai Berjualan di Tokopedia Dengan Cara Mudah
Cara Beli Tiket Ancol Online Secara Mudah dan Praktis
Cara Daftar Shopee Mall dan Persyaratannya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara buka toko online untuk pemula yakni bisa kamu coba membuat website untuk toko kamu sendiri.

Dengan begitu kamu semakin besar peluang bisnis kamu bisa lebih maju dan berkembang. Apalagi ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan memiliki website toko online.

Misalnya saja kamu dapat memegang kendali penuh pada toko online sehingga bisa menentukan besar keuntungan sampai biaya transaksi dan melakukan promosi.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.