Apa itu Dana Premium? Cara Upgrade dan Kelebihannya

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kalian sudah tahu apa itu Dana Premium? Dana merupakan pilihan aplikasi e-wallet atau dompet elektronik yang mana pengguna bisa menyimpan sejumlah dana di dalamnya.

Dana yang ada di aplikasi ini bisa digunakan untuk bertransaksi bermacam-macam pembayaran online mulai dari membeli pulsa Hp, membayar tagihan kartu seluler prabayar.

Membeli vocher game online, membeli token listrik, tagihan air, tagihan bulanan internet, tv berlanggan, BPJS kesehatan mandiri, membeli produk di Lazada sampai memesan tiket nonton di Tix ID.

Apa itu Dana Premium

Apa itu Dana Premium

Apa itu Dana Premium? Account Dana Premium ini merupakan tipe account yang mempunyai beraneka ragam keunggulan dibanding dengan memakai account Dana yang biasa, pengguna ini bisa menyimpan saldo maksimal Rp. 2 juta dan hanya bisa membuat transaksi bill atau transaksi online.

Namun kalo bisa melakukan upgrade account jadi premium, batas maksimum saldo akan meningkat menjadi Rp. 10 juta dan mempunyai beraneka ragam akses menu yang sebelumnya tidak bisa atau ada pada tipe account biasa.

Lebih Mengenal Aplikasi DANA

Bisa dikatakan sama saja dengan aplikasi Gopay ataupun Ovo. Ya kamu tahu pasti Ovo terhubung dengan aplikasi Grab namun Gopay juga bisa bergabung dalam aplikasi Gojek.

Jika kamu sedang jalan-jalan ke mall sering kali kamu menemukan booth yang telah mempersiapkan pilihan pembayaran melalui aplikasi Dana.

Dengan kelebihan sampai banyak orang yang menentukan aplikasi Dana yakni sering dilaksanakan program cashback saat berbelanja atau bertransaksi pembayaran online yang dimana besarannya banyak yang lebih gede dibanding yang dikasih aplikasi lainnya.

Cara Mudah Upgrade DANA premium

Cara Mudah Upgrade DANA premium

Untuk upgrade akun Dana menjadi Premium ini nantinya tidak akan bayar lagi yakni gratis, namun sebelum upgrade kamu harus menyiapkan beberapa data seperti KTP dan nomor Kartu Keluarga kamu, berikut ini adala cara uograde Dana Prenium yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Masuk Aplikasi DANA

Untuk yang pertama kamu harus mempunyai aplikasi Dana yang bisa kamu langsung download di play store secara gratis.

Setelah itu kamu bisa lanjutkan dengan musik aplikasi dan memlih menu “Me” yang berada pada bagian kanan bawah paling pojok aplikasinya.

2. Pilih Verify Your Account

Yang kedua jika sudah masuk kedalam menu “Me” Untuk itu kamu harus memilih yakni mengklik “Verify your account” dan kamu kembali masuk ke dalam menu baru.

Kamu bisa pilih kembali ke menu yang ada dalam aplikasi dengan klik bagian paling bawah pada aplikasi yang tulisannya “Unlock now”.

3. Masukkan Data e-KTP

Setelah itu kamu bisa melakukan verifikasi e-KTP kamu dengan melakukan pilihan pada bagian paling bawah “Yes, i’m ready”.

Kemudian nanti akan muncul menu baru agar kamu bisa menempatkan e-KTP kamu pada bingkai yang telah disiapkan. Lalu tekan tombol shutter agar data e-KTP kamu bisa dapat direkam dengan baik dan benar.

4. Ambil Selfie

Kamu bisa mengambil selfie juga yakni langkah yang harus dilakukan setelah perekaman data e-KTP untuk upgrade Dana Premium.

Lalu siapkan diri kamu agar bisa melakukan selfie dengan baik dan seumpama sungguh sudah sedia melanjutkan proses dengan tekan “Start” pada bagian yang paling bawah.

5. Kedipkan Mata

Kamu bisa kedipkan mata supaya selfie kamu bisa segera diambil jika tidak ada pilihan tombol shutter saat memasukan data e-KTP kamu. Selanjutnya kamu mengedipkan mata maka secara otomatis akan langsung diambil foto selfie ke akun Dana Premium.

6. Masukkan Nomor KK

Apabila selfie telah berhasil dilakukan maka untuk selanjutnya kamu harus memasukkan nomor KK dengan tekan “Ok” pada pilihan menu yang baru muncul. Kamu juga bisa mengetik nomor KK kamu pada kolom yang muncul setelah tekan “Ok”

7. Submit Nomor KK

Kamu bisa pilih “Submit” untuk langkah terakhir agar data yang kamu masukkan bisa diterima dan akan langsung di proses.

8. Proses Berhasil

Akun Dana Premium kamu sudah berhasil dan bisa kamu gunakan dengan berbagai kelebihan jika prosesnya sudah sukses. Kesuksesan ini sangat berpengaruh oleh data yang telah dimasukkan tersebut sebab data harus akurat dan benar.

Kerja Sama Aplikasi Dana

Kelebihan Akun Dana Premium

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan apabila memiliki akun Dana Premium, antara lain yakni:

1. Proses Top Up Mudah

Keunggulan yang pertama yang bisa kamu peroleh dengan akun Dana Premium adalah proses top up yang secara mudah dan cepat.

Kamu juga bisa melakukan pengisian saldo dengan biaya minimal sebesar Rp. 10.000 saja. Dan bukan hanya itu saja, kamu jugsa bisa dapat melakukan top up dengan secara mudah melalui beberapa pilihan, mulai dari atm, transfer bank, m-banking sampai minimarket.

2. Saldo Sampai Rp10.000.000

Keunggulan yang bisa membedakan akun Dana biasa dengan Premium ini yakni jumlah top up saldonya. Jika menggunakan akun biasa kamu hanya bisa melakukan top up dengan limit yang sebesar Rp. 2.000.000.

Namun dengan adanya akun Dana Premium ini limitnya bisa mencapai Rp. 10.000.000 Ini juga akan sangat berguna jika bagi kamu yang memiliki banyak tagihan setiap bulannya karena tidak perlu mengisi e-wallet berkali-kali.

3. Membayar Banyak Tagihan dan Transaksi

Dana juga bisa digunakan untuk berbagai pembayaran mulai dari tagihan listrik, air PDAM, BPJS, langganan tv atau internet dan masih banyak lagi.

Selain itu Dana juga bisa kamu gunakan untuk berbelanja secara online ataupun offline di beberapa gerai yang telah bekerjasama.

4. Banyak Cashback Menarik

Bagi kamu yang gemar belanja, pasti kamu akan sangat senang dengan keuntungan ini. Dana cukup sering menawarkan cashback ataupun promo menarik bagi kamu yang suka belanja di toko yang telah menjadu mitra Dana.

Dan Tidak tanggung-tanggung, kamu juga bisa memperoleh cashback sampai 50% jika bertransaksi menggunakan Dana.

5. Bekerjasama dengan Banyak Merchant

Untuk saat ini Dana juga sudah bekerja sama dengan ribuan merhat yang ada di seluruh Indonesia sampai kamu bisa berbelanja online ataupun offline lebih mudah dan praktis.

6. DANA Protection

Dana Protection ini sangat bermanfaat untuk transaksi digigtal yang melalui fitur ini juga, dengan menggunakan fitur ini pengguna nantinya akan mendapatkan kenyaerta keamanan selama menggunakan aplikasi Dana.

Dana akan menyerahkan jaminan uang bisa kembali jika terdapat penyalah gunaan akun atau kendala dalam transaksi.

Kamu bisa cara upgrade Dana Premium melalaui aplikasi Dana, customer service dan tidak menggunakan KTP. Tetapi bagi kamu yang belum memiliki akun, kamu bisa melakukan pendaftarannya terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cara Top Up Ovo Bca dari Hp Dengan Mudah

Fitur Upgrade Dana Premium

Fitur Upgrade Dana Premium

Kamu harus mengetahui apa saja fitur upgrade Dana premium dibandingkan akun Dana Biasa. Berikut ini adalah fitur yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Transaksi Kirim Uang

Untuk mudah transaksi dalam kirim uang atau transfer yang bisa terpercaya dan aman. Sebab adanya perlinfungan keamanan 100% yang terjamin setiap transaksinya oleh aplikasi Dana.

Dengan begitu fitur kirim uang ketemen yang sesama penggunaan aplikasi Dana yang bisa dihubungkan ke kontak Hp agar lebih praktis dan mudah.

Jika transfer melalui filture scan kode QR yang membuat simple dan cepat dalam proses transaksinya. Layanan transaksi ini secara gratis tanpa batasan untuk mengkirim uang ke sesama antar pengguna Dana. Selanjutnya bisa dipakai untuk transaksi di Merchant Dana yang sudah bekerjasama dengan scan barcode.

Juga bisa di manfaatkan untuk transfer uang ke nomer rekening bank, fitur ini sangat menarik dan bisa membuat hemat dalam finansial kamu.

Masalahnya tidak ada layanan jasa transfer atau fee yang sudah dikeluarkan secara gratis untuk transfer ke rekening bank. Kebijakannya bisa sampe 10 kali transaksi ke semua bank manapun yang sudah tersedia di pilihan menu kirim uang ke bank.

2. Keamanan Dana Terprotect

Pentingnya keamanan bagi pengguna e-wallet tentu saja Dana sendiri akan menjamin keamanan 100% dengan Dana Protection.

Kebijakan ini setiap transaksinya akan bergaransi uang kembali apabila terjadi penyalahgunaan pada saldo akun kamu.

Dana juga melayani bantuan 7 per 24 terhadap penggunanya bila mana butuh bantuan terkait maka kendala yang akan terjadi ataupun yang tidak di mengerti.

3. Bisa Tarik Saldo

Tidak mempunyai rekening bank sekarang dengan fitur akun Dana Premium bisa bertransaksi tarik tunai. Dengan mendatangi salah satu gerai Alfamidi, Alfamart, Lawson, Dan+Dan dan lainnya kamu bisa melakukan tarik tunai uang saldo yang ada di e-wallet Dana.

Prosesnya sangat mudah kamu hanya memberikan nomer Hp (Id Dana) dan token pada kasir. Ketentuannya penarikan uang tunai minimal Rp. 50.000 sampai kelipatan Rp. 50.000.

Nominal saldo maksimalnya hanya satu penarikan yaitu Rp. 1.000.000 dan ada biaya admin pertransaksi yaitu sampe Rp. 4.500.

Fitur yang lainnya kamu bisa tarik tunai melalui ATM BCA tanpa harus mempunyai nomer rekening dan kartu ATM. Maka begitu menarik kamu akan menikmati fitur akun Dana Premium yang praktis dan mudah dengan adanya ini akan terus menjadi inovasi yang maju.

Biaya admin ini dengan cara Dana tarik tunai melalui BCA yakni Rp. 4.500 dan limit akun harian tarik tunainnya bisa sampai 10 Juta.

Untuk penarikan pemula bisa jadi sebesar Rp. 250 ribu dan proses tarik tunai yang kedua hingga Rp. 1Juta dalam sekali transaksi.

Kerja Sama Aplikasi Dana

Kerja Sama Aplikasi Dana

Dana bekerjasama dengan siapa saja? Apk Dana ini adalah sebagai satu pemimpin pasar dompet digital yang ada di Indonesia yang telah melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai merchant.

Bank ataupun pihak lainnya guna memperluas jaringan transaksi. Tentu ada banyak kerjasama yang dilakukan aplikasi Dana dengan pihak lain, beberapa diantaranya sebagai berikut ini:

1. Produk Asuransi yang Tersedia di Dana

Aplikasi Dana ini juga menyediakan berbagai produk asuransi yang bekerjasama dengan Qoala ataupun tidak. Berikut ini adalah deretan produk asuransi di aplikasi Dana yang bekerja sama dengan Qoala:

1. Screen Protection dari Simas Insurtech

yang pertama ada produk asuransi smartphone berupa asuransi screen proction dari simas insurtech yang akan melindungi layar smartphone kamu dari berbagai potensi kerusakan.

Asuransi ini akan memberikan ganti rugi sehubung dengan kerusakan yang terjadi diatas layar telepon seluler sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam polis.

2. AXA Life Insurance

Aplikasi Dana ini juga bekerja sama dengan AXA Life Insurance dari Pt. AXA Financial Indonesia agar memasarkan produk asuransi jiwa, AXA sahabat jiwa. Pengguna ini juga bisa mendapatkan manfaat dari santunan meninggal dunia dengan premium mulai dari Rp. 25.000.

3. AXA Mandiri

Qoala Insurtech ini bekerja sama dengan Dana dan AXA Mandiri ( AXA Health Insurace dari Pt. Mandiri AXA General Insurance) Untuk menyediakan produk asuransi santunan tunai atau Hospital Cash Plan (HC) Melalui Dana Siaga.

Produk ini akan menjadi pilihan asuransi terbaik pertama di Dana. Asuransi ini juga memberi manfaat yang bisa kamu miliki dengan premium asuransi yang terjangkau, mulai dari Rp. 288.000 per6bulan.

4. Takaful Umum

Aplikasi Dana juga bekerja sama dengan Qoala dan Asuransi Takaful umum untuk menawarkan polis asuransi Kecelakaan Diri yang mencakup perlindungan COVID-19. Paket perlindungan asuransi COVID-19 ini merupakan bagian dari Dana Siaga dan dapat diakses di dalam aplikasi.

2. Kemudahan Membayar Parkir di Aplikasi Dana

Dana juga bekerja sama dengan PARKE yang guna menghadirkan pembayaran biaya parkir di berbagai lokasi di Indonesia.

Kerja sama ini membuat pengguna Dana yang bisa langsung membayar biaya parkir di berbagai lokasi di Indonesia tanpa perlu menginstal aplikasi PARKE ini terlebih saat pandemi dan seperti sekarang ini, penggunaan uang kertas sebaiknya diminimalisir.

3. Hadirkan Warung Pangan

Dana mengembangkan aplikasi Warung Pangan bekerja sama dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics. Tujuannya untuk mempercepat digitalisasi warung tradisional.

Dan rehabilitasi UMKM Indonesia yang dirugikan akibat wabah Covid-19. Aplikasi Warung Pangan memudahkan konsumen untuk menerima makanan yang mereka butuhkan dengan harga yang wajar.

4. Mitra Kartu Prakerja

Dana adalah penyedia e-wallet yang telah menjadi mitra Kartu Prakerja. Hal ini jelas memperluas pilihan peserta untuk menggunakan platform e-wallet sebagai saluran insentif.

Pengguna aplikasi ini dapat melakukan pembayaran untuk program pendidikan prakerja yang mereka pilih dengan lebih nyaman. Selama epidemi Covid-19, program Kartu Prakerja terlihat sangat berhasil dalam mengurangi pengangguran.

Peserta dalam program kartu pra-kerja dapat memilih industri tempat mereka ingin bekerja untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui berbagai peluang pelatihan.

Fakta-Fakta Tentang Aplikasi Dana

Fakta-Fakta Tentang Aplikasi Dana

Setelah tahu berbagai detail cara menggunakan aplikasi Dana, kamu juga harus tahu berbagai serba-serbi dompet digital ini. Berikut ini berbagai fakat tentang aplikasi Dana yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Produk Asli Buatan Anak Bangsa

Rumor yang beredar pada tahun 2018 bahwa aplikasi Dana adalah produk dompet digital Cina yang dapat membahayakan kedaulatan Indonesia.

Baca Juga:  Berikut Cara Mengganti Nomor Dana yang Hilang Dengan Mudah

Sebenarnya, software dompet digital ini diciptakan oleh programmer muda Indonesia, dan startup pengembangnya sebenarnya adalah.

Perusahaan legal Indonesia, dengan PT Elang Sejahtera Mandiri sebagai investor utamanya (dengan kepemilikan 99%).

Jika kamu bertanya-tanya, PT Elang Sejahtera Mandiri adalah anak perusahaan dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK). EMTEK bekerja sama dengan Ant Financial, perusahaan induk dari layanan pembayaran online Alipay.

Kolaborasi ini memungkinkan Dana untuk mendapatkan bantuan teknis dari Ant Financial, yang teknologinya juga digunakan oleh Alipay. Teknologi Alipay telah diakui keamanan dan ketergantungannya di ranah transaksi digital internasional.

2. Data Transaksi dan Pengguna Tetap Berada di Indonesia

Meskipun bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan internasional, dompet digital Indonesia Dana memastikan bahwa semua data transaksi dan pengguna tetap berada di Indonesia.

Hal yang sama juga berlaku untuk pertukaran informasi di antara para programmernya. Hal ini sesuai dengan PP 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE). Pusat data Dana dan pusat pemulihan bencana keduanya berada di Indonesia.

3. Izin dari BI, Kerja Sama dengan Bank-bank Ternama

Aplikasi Dana telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai salah satu lembaga teknologi finansial resmi di Indonesia (BI). Dana telah begitu memenuhi aturan dan batasan-batasan yang ditetapkan oleh BI.

Dompet digital Dana Indonesia juga bekerja sama dengan bank-bank nasional antara lain Bank BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, CIMB Niaga, dan lain-lain.

4. Terintegrasi dengan Sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri

Dana yang sudah terintegrasi dengan sistem kependudukan catatan sipil (Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri ini sehingga pengguna bisa melakukan pendaftaran.

Dan verifikasi akun Dana hanya dalam waktu beberapa detik. Bahkan Dana diklaim sebagai salah satu platform yang bisa melakukan approval dan registrasi secara real time.

5. Saldo Bisa Dipakai Investasi Reksadana Pasar Uang

Fitur terakhir aplikasi Dana adalah dapat digunakan untuk berinvestasi di reksadana pasar uang. Hanya saja, kamu harus mengunduh program Xsaver terlebih dahulu.

Setelah kamu mendaftar dan memverifikasi akun kamu, kamu dapat mengakses opsi Top Up di aplikasi Xsaver. Kemudian, pilih opsi Dana untuk menambahkan Dana ke akun Xsaver kamu.

Tenang saja, minimal top up hanya Rp50.000, jadi tidak akan membebani anggaran kamu. Setelah mendapat kabar bahwa top up selesai, kamu bisa langsung memulai transaksi investasi reksa Dana pasar uang di Xsaver.

Perbedaan Dana Bisnis dan Dana Premium

Perbedaan Dana Bisnis dan Dana Premium

Berikut ini adalah perbedaan Dana Bisnis dan Dana Premium yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Bisnis

Perkembangan dompet digital tidak hanya membantu individu, tetapi juga pelaku bisnis UMKM. Karena prosedurnya yang lebih sederhana dan cepat, banyak konsumen yang memilih untuk membayar menggunakan dompet digital.

Jika kamu adalah pemilik perusahaan yang ingin mempermudah akses pembayaran yang dilakukan, manfaatkan Dana Bisnis.

Produk ini dibuat khusus untuk para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan perusahaannya menjadi lebih canggih dari sebelumnya.

2. Premium

Dana membagi konsumen ke dalam dua kategori: premium dan basic. Akun Dana Premium adalah jenis akun yang menawarkan berbagai fasilitas menarik yang tidak dimiliki oleh akun Dana Basic.

Pengguna hanya bisa melakukan top up maksimal Rp.2 juta di akun Dana biasa, yang hanya bisa digunakan untuk pembayaran transaksi online. Tentu saja, masih ada banyak keuntungan memiliki akun Dana Premium, terutama dalam layanan transaksi.

Ketika konsumen membaca syarat dan ketentuan yang ada di aplikasi Dana , mereka akan melihat bahwa setiap penawaran promo Dana berbeda antara cashback maksimal yang didapatkan dari akun Dana Premium dengan akun Dana biasa.

Inilah salah satu alasan mengapa konsumen harus beralih ke akun Dana Premium ketika ada penawaran cashback, karena selisih cashback maksimal bisa melebihi 50%. Itu adalah kesepakatan fantastis untuk cashback.

Sebagai contoh, aplikasi Dana merekomendasikan promo Pizza Party dari Pizza Hut, dan cashback yang terkumpul bisa melebihi Rp.50.000 untuk pengguna akun Dana Premium, sedangkan akun Dana standar hanya menerima Rp.25.000. Jadi Bukankah ini menarik?

Tanya Jawab Apa Itu Dana Premium

Berikut ini adalah tanya jawab seputar apa itu Dana Premium, yakni:

1. Bagaimana Cara Mendapatkan Dana Premium?

  • Pada halaman beranda atau halaman profil, klik tombol “Verifikasi Akun kamu”.
  • Foto kartu identitas kamu.
  • Lakukan prosedur verifikasi wajah.
  • Masukkan nomor dari kartu ID kamu.
  • Biarkan prosedur verifikasi selesai.

2. Apakah Dana Belum Premium Bisa Tarik Tunai?

Jika kamu ingin menarik saldo Dana tanpa membeli upgrade premium, kamu dapat membuka akun bisnis dana dan mentransfer jumlah saldo menggunakan kode QR.

Kemudian kamu dapat menyelesaikan proses registrasi nama perusahaan. Kemudian, dalam aplikasi, tentukan lokasi.

3. Apakah Dana Ada Potongan Bulanan?

Jawaban singkatnya adalah GRATIS. Namun, kamu dibatasi hingga 10 transaksi setiap bulannya. Bagi yang melebihi batas transaksi akan dikenakan biaya Rp 4.500 per transaksi. Jadi, untuk menarik saldo Dana Rp 50 ribu, kamu harus terlebih dahulu membuat saldo Rp 54.400.

BACA JUGA:

Cara Daftar dan Upgrade Dana Premium Secara Mudah
Cara Aktivasi Debit Online BCA Melalui Hp
Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita sampaikan bahwa apa itu Dana Premium ini mempunya beraneka keunggulan dibanding pada account biasa. Limit saldo Dana Premium juga bisa sebesar Rp. 10Juta.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.