Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Orang tua sejak dini telah mengajarkan anak-anaknya ilmu agama. Termasuk di dalamnya mengajarkan tentang doa-doa. Doa sebelum dan sesudah makan mungkin  menjadi doa yang paling dihapal oleh anak-anak hingga Ia dewasa.

Namun tidak jarang diantara kita banyak yang sudah melupakannya. Bahkan kata Bismillah pun terkadang lupa melafadzkannya. Padahal banyak keberkahan ketika doa terucap ketika akan makan dan sesudahnya.

Ternyata ada banyak manfaat yang didapkan ketika mengawali makan dan mengakhiri minum dengan berdoa. Diantaranya makanan menjadi lebih sehat, mencegah setan dari ikut serta menikmati makanan tersebut, hingga mendapatkan keberkahan. Lantas bagaimana doanya? Berikut ulasannya.
Sesuatu yang baik akan selalu dimulai dengan berdoa. Termasuk juga aktivitas seperti makan dan minum. Adapun doa sebelum makan adalah sebagai berikut.

Doa Sebelum Makan



Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam"

Mengakhiri sesuatu juga sangat banyak manfaatnya secara spiritual. Salah satunya adalah menambahkan rasa syukur dalam diri sehingga Illahi akan menambahkannya lebih.

Doa Sesudah Makan


Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqoonaa wa ja'alnaa muslimiin

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam"

Sangat pendek dan mudah diingat bukan? Semoga setiap kali makan atau minum kita selalu ingat untuk memulai dan mengakhirnya dengan berdoa. Seperti yang telah diriwayatkan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pernah bersabda yang artinya: “Jikalau salah satu diantara kalian akan makan atau minum, maka sebut nama Allah saat sebelum memulai makan tersebut. namun jika kalian lupa, maka kalian dapat mengucap basmalah saat awal ataupun akhir makan dan minum”
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa
0 Komentar untuk "Doa Sebelum dan Sesudah Makan"

Back To Top