Doa Ketika Pagi, Mengharap Keberkahan Sepanjang Hari

Waktu pagi adalah awal mula kehidupan sepanjang hari berjalan. Tentu, memulainya harus dengan hal baik agar seluruh waktu  berjalan sesuai dengan harapan. Yang terpenting, adalah bagaimana sepanjang hari ini mendapat keberkahan.

Doa menjadi awal pembuka yang seharusnya diucapkan tatkala mentari mulai menampakkan sinarnya. Namun kebanyakan dari kita justru memulai pagi dengan lebih banyak memikirkan tentang dunia.

Kini, sudah saatnya mengawali hari dengan doa. Karena, doa menjadi penolong dari Allah SWT kepada setiap hamba. Adapun bacaan doa ketika pagi untuk memulai hari adalah sebagai berikut ini.

Doa merupakan kekuata seorang mukmin baik diri sedang dalam kondisi senang ataupun susah. Pasalnya, meski tidak terkabul dalam waktu dekat doa tetap saja bernilai pahala karena merupakan ibadah.

Sama halnya memanjatkan doa ketika pagi berikut ini. Rasulullah SAW semasa hidupnya tidak pernah melewatkan doa setiap pagi. Banyak doa yang Ia munajatkan diantaranya keselamatan dunia akhirat, ilmu yang berguna serta berdoa atas rezeki yang halal.

Berikut ini beberapa doa yang diajarkan Rasululah SAW saat pagi hari.

“Alloohummaj’al awwala haadzan nahaari sholaahan wa ausathohu najaahan, wa aakhirohu falaahan, yaa arhamar roohimiin”

(Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan, dan pertengahannya suatu kemenangan, dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang).

Ada pula doa yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi:

“Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbala”.

(Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezeki yang baik dan amal yang baik diterima”). (HR. Ibnu Majah).

Dari Abu Hurairah, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bila berada di pagi hari berdoa, ‘Ya Allah, kami berada di pagi hari dengan (rahmat)-Mu, di sore hari dengan (Rahmat)-Mu, kami hidup dengan (rahmat)-Mu, kami mati dengan (rahmat)-Mu, dan kepada-Mulah kami dibangkitkan.”‘ (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Dari Ibnu Umar, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggal-kan doa-doa berikut ini di pagi dan di sore hari, ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu ampunan keselamatan dalam agama dan duniaku, keluarga, dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah kejelekanku dan tentramkanlah hatiku. Ya Allah, lindungilah dari depan dan dari belakangku, sebelah kanan dan kiriku dari atas kepalaku, serta dengan keagungan-Mu aku berlindung dari upaya makar atasku dari bawahku.’” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Semoga kita menjadi golongan hamba Allah yang senantiasa berdoa ketika pagi hari. Agar sepanjang hari Allah SWt menganugerahkan hidup yang selalu diberkahi. Terimakasih sudah membaca.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa
0 Komentar untuk "Doa Ketika Pagi, Mengharap Keberkahan Sepanjang Hari"

Back To Top