Artis Terkenal yang Menderita di Akhir Hidupnya

Roda kehidupan selalu berputar, terkadang berada di atas kadang juga berada dibawah. Seperti yang dialami deretan artis-artis berikut ini. Saat masa keemasannya membintangi sebuah film atau sinetron, mereka begitu terkenal dan dipuja. Akan tetapi ketika aura kebintangan itu redup, para fans mulai meninggalkan dan menggantinya dengan tokoh-tokoh baru.

Bahkan beberapa diantara artis-artis ini mengalami nasib yang miris dihari tua. Mereka terdegradasi oleh bintang-bintang baru dengan cerita yang berbeda dari zamannya. Akan tetapi siapa saja tetap akan mengingat bahwa dimasa keemasannya, mantan bintang terkenal ini memberikan hiburan untuk keluarga. Siapa saja mereka, berikut ulasannya.

1. Bambang Triyono, Pemeran Kentung dalam Film Tuyul dan Mbak Yul

Anak-anak yang tumbuh pada era 90-an pastinya mengenal sinetron Tuyul dan Mbak Yul. Selain ucil yang diperankan oleh Ony Syahrial, ada satu tokoh tuyul yang karakternya melekat dalam film tersebut. Adalah Bambang Triyono yang berperan sebagai kentung dalam film tersebut. Akan tetapi semua hal itu sirna ketika Ia tidak lagi menjadi aktor atau seorang pelawak.

Kehidupan Bambang berubah drastis dan sangat mengenaskan. Ia hanya mampu hidup dalam sebuah rumah kos yang sempit dengan peralatan seadanya. Kondisinya pun semakin memprihatinkan setelah diserang stroke sejak 2010 lalu.

Ia ditemukan oleh seorang petugas dari Dinas Sosial di Yogyakarta. Saat ditemukan kondisinya sangat mengenaskan tanpa adanya perhatian dari sanak saudara. Sebenarnya banyak warga yang mengusulkan agar Bambang dirawat di Panti Jompo, namun Ia terbentur usia karena masih 58 tahun. Sedangkan untuk bisa masuk ke panti, harus berusia 60 tahun.

Petugas Dinsos tersebut akhirnya berinisiatif untuk memberikan santunan dengan mengumpulkan sumbangan untuk Bambang.  Namun kondisi Bambang semakin memburuk dan akhirnya meninggal pada Februari 2015 lalu.

2. M Amin, Pemeran Om Jin dalam Film Jin dan Jun

Om Jin juga menjadi salah satu tokoh yang tidak akan dilupakan oleh anak-anak yang tumbuh pada era 90-an. Dengan karpet ajaibnya, Om jin bisa membawa Jun terbang kemana pun Ia mau. Sayang, lama tidak terdengar, ternyata M Amin yang memerkankan tokoh Om Jin ini sudah meninggal dunia sejak 2013 lalu. Tidak jauh berbeda dengan Bambang, kisah hidupnya juga berakhir tragis dan sangat menyayat hati.

Om Jin yang merupakan pria keturanan Pakistan ini menghabiskan masa tuanya di sebuah perumahan padat penduduk, Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Menurut penuturan tetangga, hidupnya sangat pas-pasan sehingga untuk makan saja sangat susah. Biasanya Ia akan meminta makan di warung tetangga dan tidak mampu membayarnya.  Di penghujung karirnya, nama pria keturunan Pakistan ini dilupakan begitu saja. Bahkan kabar kematiannya, pada 2013 silam luput dari pemberitaan media massa.

3. Pak Tile, Pemeran Engkong di Sinetron Dul Anak Sekolahan

Satu lagi nama artis terkenal yang mengalami kesulitan ekonomi dimasa tuanya. Haji Tile atau lebih dikenal dengan Pak Tile pemeran engkong dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Pada awal karir Pak Tile di lenong Betawi ia memang dikenal sederhana dan tak pernah mempermasalahkan  pembayarannya. Ia  meninggal dunia pada tanggal 2 November 1998 karena menderita penyakit kronis.

Ia meninggal saat menghadapi gugatan cerai istri kedua, namun sebelum hal tersebut tuntas, maut sudah menjemput kakek yang tidak bisa baca tulis ini.  Kehidupan Pak Tile memang cukup mengenaskan di akhir usianya. Ia tinggal disebuah rumah kayu lusuh berbatasan langsung dengan bibir sungai dan harus menyewa Rp.50 perbulan. Di akhir hidupnya,  Ia juga harus menghidupi satu istri dan delapan anak sehingga tak banyak harta yang tersisa.

4. Eddi Gombloh

Nama Eddi Gombloh juga masuk dalam deretan artis yang masa tuanya berakhir memprihatinkan. Padahal saat masih jaya, Ia sukses membintangi 30 rekor film komedi sebelum akhirnya meninggal dunia. Ia kerap memerankan tokoh bodoh yang lucu. Eddy awalnya adalah pelawak ketoprak. Ia muncul di layar kaca TVRI sebelum turun ke film layar lebar. Tentu saja dengan rekor demikian tidak banyak yang menyangka hidupnya akan berakhir tragis. Setelah meinggal dunia, Eddy malah dikenal sebagai artis termiskin.

5. Aminah Cendrakasih, Pemeran Emak dalam Film Si Doel Anak Sekolahan

Artis yang satu ini dulu juga sering wara-wiri di layar kaca. Tokohnya sebagai emak dalam film Si Doel Anak Sekolahan ini begitu lekat pada bintang lawas tersebut. Bintang yang berjaya di era 1950-an hingga 1980-an itu rekor dengan membintangi sekitar 70 film dalam perjalanan karirnya. Namun siapa sangka, diusia senjanya Ia justru kesulitan ekonomi dan kesulitan membayar biaya rumah sakit.

Demikianlah Artis Terkenal yang Menderita di Akhir. Hidupnya. Semoga informasi ini menjadi pelajaran bagi kita. Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *