Benarkah Ilmu Nabi Adam AS Melebihi Malaikat?

Nabi Adam alaihissalam merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Saat beliah hadir, setan dan malaikat diperintahkan untuk sujud kepadanya sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak umat manusia tersebut.

Pada awalnya, penciptaan Nabi Adam sempat dipertanyakan oleh malaikat. Dalam hadist dijelasakan jika malaikat pernah berkata, tidaklah Tuhan Kami menciptakan suatu makhluk, kecuali kami lebih berilmu darinya.

Terlebih lagi malaikat mengetahui jika nantinya anak cucu Adam hanya akan membuat kerusakan di muka bumi. Pernyataan malaikat terkait ilmu ini pun kemudian diuji oleh Allah SWT. Lantas benarkan ilmu yang diajarkan Allah SWT kepada Nabi Adam AS melebihi ilmunya para malaikat?

Selain menjelaskan jika nantinya keturunan Nabi Adam hanya akan membuat kerusakan, Allah SWT juga menjelaskan kepada malaikat tentang kelebihan Adam diatas mereka dalam hal ilmu pengetahuan. Allah SWT berfirman:

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam semua nama-nama(benda)” (Q.S Al-Baqarah:31).

Ibnu Abbas r.a. berkata “Allah mengajarkan Adam nama-nama semua dzat dan gerakannya, baik kecil maupun besar. Nama-nama ini yang dikenal oleh manusia, seperti nama orang, hewan, bumi, dataran rendah, laut, gunung unta, keledai dan nama-nama lainnya”.

Berkaitan dengan hal ini, Imam Bukhari menyebutkan  dari Anas Ibn Malik Rasulullah SAW pernah bersada, “Orang-orang mukmin akan berkumpul pada hari kiamat seraya berkata : Andai saja ada yang memohonkan syafaat untuk kita kepada Tuhan kita. Selanjutnya mereka menemui Nabi Adam seraya berkata, “Engkau adalah bapak moyang manusia. Allah telah menciptakanmu dengan tanganNya. Dia juga telah memerintahkan para malaikat bersujud kepadamu dan mengajarkanmu nama-nama segala sesuatu...(HR. Imam Bukhari)

Hasan Al-Bashri berkata,” Ketika hendak menciptakan Adam, para malaikat berkata: “Tidaklah Tuhan kami menciptakan suatu makhluk, kecuali kami lebih mengetahui (berilmu) darinya”. Pernyataan mereka itupun diuji. Hal ini dapat diketahui dalam firman-Nya. “Jika kamu sekalian memang orang-orang yang benar”

Allah SWT kemudian berfirman, “Kemudian mengemukakannya kepada para malaikat lalu Dia berfirman; “Sebutkan kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu sekalian memang orang-orang yang benar.”

Akan tetapi malaikat tidak memiliki pengetahuan atas apa yang dipertanyakan Allah SWT tersebut. Lalu, para malaikat pun menjawab:

“Maha Suci Engkau. Tidak ada yang kami ketahui selain dari yang Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya, Engkaulah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (Q.S Al-Baqarah:32)”

Allah SWT kemudian memerintahkan Nabi Adam untuk menyebutkan apa saja yang ditanyakan kepadanya. Dan Nabi Adam AS pun mampu menjelaskan apa saja yang dipertanyakan Allah SWT kepadanya. Hal inilah yang kemudian membuat malaikat takjub kepada Nabi Adam AS.

Allah SWT berfirman,”Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama-nama benda ini. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu Allah berfirman: “ Bukankah sudah Kukatakan kepada kalian bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kalian tampakkan dan apa yang kalian sembunyikan” (Q.S Al-Baqarah:33).

Wallahu a'lam bishawab.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

0 Komentar untuk "Benarkah Ilmu Nabi Adam AS Melebihi Malaikat?"

Back To Top