Tiga Doa Nabi Musa Untuk Jalani Kehidupan

Nabi Musa As merupakan salah seorang nabi pilihan Allah SWT yang namanya banyak terdapat dalam Al-Qur’an. Perjalanan hidup beliau terekam jelas di dalam beberapa ayat Al-Qur’an. Kisah beliau melawan Raja Fir’aun dan memiliki mukjizat yakni bisa membelah lautan menjadi yang paling fenomenal.

Kisah tersebut mungkin sudah kita dengar ketika duduk di bangku sekolahan. Namun ternyata tidak hanya kisah itu saja yang bisa kita ketahui dari beliau. Nabi Musa adalah salah satu utusan Allah yang senantiasa menjalankan dakwah untuk menyebarkan agama Islam.

Di dalam perjalanan hidupnya beliau tidak pernah lupa untuk selalu berdoa kepada Allah. Bahkan di antara doa yang pernah dipanjatkannya, ada yang bisa kita amalkan untuk jalani kehidupan sekarang ini. Doa apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

1. Doa Nabi Musa untuk Kebaikan Jodoh dan Pekerjaan
Doa pertama yang bisa kita amalkan dari nabi Musa ialah doa untuk meminta kebaikan jodoh dan juga pekerjaan. Doa tersebut tercantum di dalam Q.S: Al-Qashash: 24 yang berbunyi:

“Rabbi Inniy lima anzalta ilayya min khairin faqir”

Artinya: “ Wahai Tuhanku, sungguh aku sangat faqir atas segala macam kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”

Doa ini cocok dibaca untuk mereka yang berharap bisa segera menikah. Tidak hanya itu saja, doa ini juga bisa dibaca ketika seseorang hendak mencari pekerjaan supaya dimudahkan. Bacalah doa tersebut ketika selesai melaksanakan shalat hajat. Jangan lupa untuk bertawakal dan ikhlas ketika memohon kepada Allah.

2. Doa Nabi Musa Untuk Dimudahkan Segala Urusan
Setiap orang tentu pernah merasakan kesulitan di dalam hidupnya. Tidak hanya itu saja, tentu kita juga pernah merasa putus asa dengan urusan yang ada di dunia. Agar tidak merasa demikian, seringlah berdoa kepada Allah agar dimudahkan segala urusannya. Kita bisa membaca doa yang terdapat dalam Q.S Thoha ayat 25-28 yang berbunyi:

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qouli”

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”

3. Doa Nabi Musa untuk Meminta Pertolongan
Nabi Musa jelas tidak terlepas dari segala masalah ketika menjalani kehidupan di dunia. Salah satunya adalah ketika menghadapi Raja Fir’aun dan para pengikutnya. Untuk itu, beliau senantiasa berdoa dan bermohon kepada Allah SWT agar menolongnya ketika berada dalam keadaan tertentu. Adapun bacaan doa yang sering dilafadz kan tersebut adalah:

“Allahumma lakal hamdu, wa ilaikal musytakaa, wa antal musta’an, wa la haula, wa laa quwata, illa billahil aliyil adhiim”

Artinya: “Ya Allah, segala puji bagi-Mu. Hanya kepadamu, Ya Allah, kami berkeluh kesah. Engkaulah tempat meminta pertolongan. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha tinggi dan Maha Agung”

Demikianlah informasi mengenai doa Nabi Musa untuk jalani kehidupan. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan segala sesuatu yang kita kerjakan selama di dunia. Bermohonlah dengan ikhlas dan sungguh-sungguh, agar Allah mengabulkan segala keinginan kita.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa, Islam
0 Komentar untuk "Tiga Doa Nabi Musa Untuk Jalani Kehidupan"

Back To Top