Lima Orang yang Miliki Kemiripan dengan Rasulullah

Rasulullah SAW merupakan sosok manusia yang miliki kesempurnaan dari Allah SWT. Mulai dari sifat, akhlak hingga seluruh perbuatannya menjadi teladan yang bisa ditiru oleh seluruh umat manusia di muka bumi, terutama untuk kaum muslimin.

Jelas dikatakan bahwa tidak ada yang menyamai akhlak yang beliau perlihatkan semasa hidup di dunia ini karena begitu sempurnanya. Namun apabila dalam hal wajah dan juga fisik, ternyata ada manusia yang memiliki kemiripan dengan beliau.

Orang tersebut berasal dari satu kalangan yaitu Bani Abdi Manaf. Menurut Syaikh Mahmud Al Mishri, ada lima orang yang memiliki kemiripan dengan Rasulullah. Siapa sajakah lima orang tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Lima orang yang dimaksud oleh Syaikh Mahmud Al Mishri memiliki kemiripan dengan Rasulullah tersebut di antaranya:

1. Abu Sufyan bin Harits bin Abdul Muthalib
Abu Sufyan bin Harits bin Abdul Muthalib merupakan sepupu Rasulullah dan saudara sepersusuan beliau. Keduanya sama-sama disusui oleh Halimah Sa’diyah secara bersamaa. Kemudian keduanya menjadi sahabat yang kerap bermain bersama.

2. Qutsam bin Abbas bin Abdul Muthalib
Qutsam bin Abbas bin Abdul Muthalib  juga merupakan sepupu Rasulullah. Ia merupakan anak ke-4 dari Abbas bin Abdul-Muththalib (paman dan sahabat Rasulullah. Dirinya juga pernah menjabat sebagai gubernur di Bahrain pada masa kekhalifahan Ali bin Abi Tholib. Beliau wafat dan dikuburkan di Samarkand.

3. Sa’id bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hisyam
Orang selanjutnya yang juga memiliki kemiripan dengan Rasulullah adalah Sa’id bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hisyam,  dia merupakan kakek dari Imam Syafi’i

4. Hasan bin Ali
Orang selanjutnya ialah Hasan bin Ali. Ia adalah cucu dari Rasulullah SAW dan merupakan anak dari Ali bin Abu Thalib bersama Fatimah Az-Zahra. Dia adalah saudara Husain bin Ali. Hasan dilahirkan dua tahun setelah Hijrah ke Madinah (622 M).

5. Ja’far bin Abu Thalib
Orang terakhir yang dikatakan mirip dengan Rasulullah ialah Ja’far bin Abu Thalib. Dia adalah saudara Amirul Mukminin Ali bin Abu Thalib.Mengenai Ja’far bin Abu Thalib, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda kepadanya,

“Engkau wahai Ja’far, wajahmu mirip dengan wajahku dan akhlakmu mirip dengan akhlakku.”

Tidak hanya itu, Ja’far juga memiliki kemiripan lainnya dengan Rasulullah seperti riwayat Abu Hurairah: “Tidak ada seorangpun memakai sepatu dan sandal, menaiki kendaraan serta mengendarai unta dengan cara yang lebih baik setelah Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam selain Ja’far bin Abu Tholib.”

Demikianlan informasi menngenai lima orang yang memiliki kemiripan dengan Rasulullah SAW. Meskipun kita tidak pernah bertemu dengan Rasulullah, namun semoga suri tauladan beliau dapat kita tiru sepanjang menjalankan kehidupan di dunia.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Info Unik, Islam
0 Komentar untuk "Lima Orang yang Miliki Kemiripan dengan Rasulullah"

Back To Top