Bacalah Doa ini Agar Urusan Dipermudah

Setiap orang tentu memiliki kesibukan dan urusannya masing-masing. Tidak jarang ada di antara mereka merasa kesulitan dengan menumpuknya urusan di dunia. Bahkan ada di antaranya yang merasa terlalu lelah dan akhirnya menyerah.

Padahal sebenarnya, sebagai orang yang beriman kita tidak seharusnya mudah berputus asa. Hal ini dikarenakan, Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan apabila kita berkomunikasi kepada-Nya. Salah satu caranya adalah lewat memohon doa kepada-Nya

Ternyata, ada begitu banyak doa yang bisa dibaca agar urusan dipermudah oleh Allah SWT. Bahkan di antaranya sudah tertera di dalam Al-Qu’ran namun banyak yang belum mengetahuinya. Lantas doa apa sajakah yang bisa dibaca untuk memohon pertolongan Allah? Berikut informasi selengkapnya.

1. Doa Ashabul Kahfi (Al Kahfi:10)
Kisah Ashabul Kahfi merupakan kisah yang tidak asing bagi umat Islam. Cerita 7 pemuda menjadi salah satu bukti kebenaran yang diabadikan di dalam Al-Qur’an tepatnya  Q.S Al-Kahfi ayat 9-26. Di dalam Surat ini diceritakan bahwa ada 7 pemuda beriman yang melarikan diri ke dalam gua dan ditidurkan oleh Allah SWT selama 309 tahun lamanya. Ternyata ketika berada di dalam gua tersebut, pemuda ini berdoa kepada Allah agar dimudahkan urusannya. Berikut adalah bacaan doanya yang terdapat dalam Q.S Al-Kahfi ayat 10.

“Allahumma robbana hablanaa min ladunka rahmatan wa hayyi` lanaa min amrinaa rosyadaa. Yassir umuuronaa Yaa Allah, Robbi yassir wa la tu’assir fa inna taysiiro kulla ‘asiirin, ‘alaika yasiirun. Allohumma tammim bilkhoiri, birohmatika Yaa arhamarrohimiina.”

Artinya: “Yaa Allah Pembimbing hidup kami, karuniakan kepada kami rahmat dari sisi Mu, dan berilah petunjuk kepada kami dalam urusan kami, dengan segala petunjuk. Mudahkanlah urusan kami, Yaa Allah. Permudahkanlah jangan disulitkan karena Engkaulah yang Maha memudahkan, segala yang susah adalah mudah bagi Mu. Yaa Allah, sempurnakanlah dengan segala kebaikan, dengan rahmat Mu. Yaa Allah, wahai yang paling mengasihani daripada segala yang mengasihani.”

2. Surat Thaha ayat 25-28:

Selain  surat Al-Kahfi, ternyata ada juga surat Thaha ayat 25-28 yang bisa dibaca oleh kaum muslimin ketika sedang melakukan sebuah urusan dan ingin dimudahkan jalannya. Adapun bacaan ayatnya adalah:

“Robbisy rohlii shodrii, Wa yassirlii amrii, Wahlul ‘uqdatan min lisaani, Yafqohuu qoulii”

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkan untukku dadaku, Dan mudahkanlah untuk urusanku, dan lepaskan kekakuan dari lidahku, agar mereka dapat dengan mudah mengerti perkataanku.”

3. Surat Al Baqarah ayat 286
Surat Al-Baqarah ayat 286 juga bisa menjadi salah satu ayat yang patut dibaca ketika kita memiliki banyak urusan dan ingin Allah memudahkan segala urusan tersebut. Namun hal yang harus diperhatikan adalah, berdoalah dengan khusyuk dan benar-benar tulus.

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa’ fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘ala al qaumilkaafiriin.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

4. Surat Al Baqarah ayat 255
Tidak hanya Al-Baqarah ayat 286 ternyata pada ayat 255 kita juga bisa membacanya untuk memohon agar segala urusan dapat dipermudah. Berikut ini adalah bacaan ayatnya:

“Allahulaa ilaa ha illa huwa al hayyu al qayyum. Laa ta’khudzuhu sinatun walaa anuum. Lahuu maa fii as samaawaatii wa maa fi al ardh. Man dza al ladzi yasyfa’u ‘indahuu illa biidznih. Ya’lamu maa baina aidihim wa maa kholfahum. Wa laa yuhiithuuna bisyaiin min ‘ilmihi illa bimaa syaa. Wa si’a kursi yuhu as samaawaati wa al ardh. Wa laa yauuduhuu hifdzuhumaa wa hu wa al ‘aliyyu al adzhiim.”

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

5. Surat Al A’raf ayat 89
Surat selanjutnya yang juga bisa dibaca untuk mempermudah urusan adalah Surat Al-A’raf ayat 89.

”Robbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bi al haqqi wa anta khairu al faatihiin.”

Artinya: “Ya Tuhan, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.”

6. Surat Al Insyirah ayat 5-6
Banyak orang yang percaya bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan di atas kemampuan hamba-Nya. Hal inilah yang harusnya membuat kita merasa yakin dan percaya bahwa selalu ada jalan untuk menyelesaikan sebuah urusan. Ada baiknya, untuk membaca Surat Al-Insyirah ayat 5-6 yang berbunyi:

“Fainnama’a al ‘usriyusroo. Inna ma’a al ‘usriyusraa.”

Artinya: “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Demikianlah informasi mengenai surat dalam Al-Qur’an yang bisa dibaca agar dimudahkan segala urusan oleh Allah SWT. Minta dan mohonlah kepada Allah dengan hati dan niat yang tulus ikhlas, agar keinginan tersebut dapat terkabul.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa, Islam
1 Komentar untuk "Bacalah Doa ini Agar Urusan Dipermudah"

makasih banyak sharingnya, semoga Allah SWT selalu memberi kemudahan dan pertolongan

Back To Top