Inilah Doa Agar Terhindar dari Musibah

Rasa aman menjadi hal yang sangat penting bagi seseorang dalam menjalani kehidupan. Namun siapa yang bisa menjamin setiap detik kita diberi keselamatan? Meski dengan beragam penjagaan, tidak tertutup kemungkinan seseorang tertimpa musibah yang sudah ditakdirkan.

Itulah mengapa, setiap orang selalu waspada dan berusaha untuk menciptakan keadaan yang membuat dirinya merasa aman dan nyaman.  Tidak jarang, beberapa diantaranya sampai menyiapkan bodyguard untuk melakukan pengawalan.

Ternyata doa menjadi salah satu pengubah takdir manusia. Nabi Muhammad SAW menjelaskan, tidak ada yang dapat menolak ketentuan Allah SWT selain doa. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui doa agar terhindar dari musibah yang ditakdirkan. Seperti apa doanya? 

Sebenarnya takdir manusia sudah ditetapkan sejak zaman Azali yakni 50 juta tahun sebelum penciptaan Alam semesta. Tidak ada yang mengetahui bagaimana kelanjutan nasibnya esok hari. Akan tetapi, manusia diperintahkan agar tetap berdoa memohon pertolongan agar terhindar dari musibah. Pasalnya, hanya doa lah yang dapat merubah takdir seseorang.

Seperti dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Tidaklah merubah suatu takdir melainkan doa.” (HR. Al Hakim, dihasankan Syaikh Al Albani)

 Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadist lainnya yang artinya:  “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari: 6616).

Sudah jelas bukan, kita tetap dianjurkan berdoa terhindar dari musibah meski takdir kita sesungguhnya sudah digariskan. Lantas bagaimana lafadz doa tersebut?

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan:

(Segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya), niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah tersebut sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya” (HR. Tirmidzi: 3431 dan Ibnu Majah: 3898)

Dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu mengatakan, ‘Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Barang siapa yang mengatakan


“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR. Abu Daud: 5088, dan Tirmidzi: 3388)

Dari Khaulah binti Hakim, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang singgah di sebuah tempat kemudian ia mengatakan,

(Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya) niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya” (HR. Tirmidzi: 3437, dan An Nasai: 5433)

Dari Sa’ad bin Abi Waqash mengatakan, “Rasulullah SAW bersabda, “Doa yang dipanjatkan oleh Dzun Nun (Nabi Yunus) ‘alaihissalaam tatkala berada di dalam perut ikan besar adalah:

(Ya Allah,Tiada yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya saya adalah termasuk orang-orang yang zhalim). Tidaklah seorang muslim terkena musibah kemudian berdoa dengannya, melainkan Allah akan akan mengabulkan keinginannya” (HR. Tirmidzi: 3505)

Demikian informasi tentang doa agar terhindar dari musibah. Semoga kita menjadi manusia-manusia yang selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT atas doa-doa yang kita panjatkan kepada-Nya.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa, Islam
0 Komentar untuk "Inilah Doa Agar Terhindar dari Musibah"

Back To Top