Inilah Doa Agar Hati Tenang

Kehidupan tidak melulu berlalu dengan kebahagiaan. Ada kalanya, hari-hari juga dihiasi dengan kesedihan. Berbagai permasalahan muncul dan menimbulkan kegelisahan. Mulai dari masalah keluarga, ekonomi, pertemanan, hingga yang ada hubungannya dengan pekerjaan. 

Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi jika hati merasa tidak tenang dan dirundung kegelisahan. Pertama perasaan ini bisa menjauhkan diri dari Tuhan. Kedua, rasa tersebut justru semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Sebagai insan yang beriman, sudah seharusnya ujian  datangnya ketidak tenangan hati disikapi dengan tenang dan lapang dada. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan berdoa. Lantas bagaimana lafadz doa agar hati tenang dan tidak gelisah? Berikut ulasannya.

Kegelisahan kerap tidak muncul ke permukaan. Namun imbasnya, ada orang yang tiba-tiba sakit mendadak, melakukan tindakan melawan hukum bahkan ada yang nekat mengakhiri hidup karena tidak mendapatkan ketenangan dalam hidup.

Jika sudah begini, sebaiknya kita kembali untuk mengingat Allah SWT. Dia lah yang Maha Membolak-balikan hati dan perasaan. Sudah seharusnya kita meminta kepada-Nya dalam doa untuk memohon ketenangan.

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma-innah, tu’minu biliqoo-ika’ watardhoo bi qodhooika wataqna’u bi’athooika

Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Selain itu, ada pula doa lainnya yang bisa mendatangkan ketenangan dari berbagai persoalan lain seperti sifat malas, lemas, penakut, serta lilitan hutang.

Allahumma innii au’dzuubika minalhammi walkhazani, wal a’jzi, walkasali, walbukhli waljubni, wadola’iddaini, wagholabatirrijaali

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Selain membaca doa di atas, jika mengalami kegelisahan dan kegundahan hati sebaiknya mengkaji ulang diri. Mungkin, selama ini kita jauh dari Allah. Sehingga tidak lagi butuh refreshing atau shopping, namun dengan sholat tepat waktu, tahajud, memperbanyak istighfar, membaca surat Yasin atau mengambil air wudhu.

Semoga artikel tentang Doa Agar hati tenang ini bisa menambah pengetahuan kita dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih sudah membaca.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa, Islam
0 Komentar untuk "Inilah Doa Agar Hati Tenang"

Back To Top