Beginilah Bacaan Doa Menuju Masjid

Setiap langkah menuju shalat adalah sedekah. Terlebih jika shalat tersebut dilaksanakan di dalam masjid dengan berjamaah. Pahalanya bisa mencapai 27 kali lipat dibandingkan shalat sendirian di dalam rumah.

Dalam sehari semalan, umat islam terkhusus pria bisa memiliki kesempatan hingga lima kali shalat di masjid. Pahalanya semakin berlipat ketika sebanyak jejak telapak kaki yang mereka langkahkan hingga menuju ke rumah Allah tersebut.

Pahalanya semakin berlipat, tatkala mengawali langkah tersebut dengan berdoa terlebih dahulu. Namun, kebanyakan dari kita lupa dan bergegas saja ketika adzan tiba. Sebagian ada pula yang tidak hapal lafadznya. Sebenarnya, seperti apa doanya? Berikut ulasannya. 

Ada begitu banyak keutamaan ketika seseorang melaksanakan shalat di masjid. Yang pasti, pahalanya akan dilipatgandakan hingga 27 derajat dibanding shalat sendirian. Selain itu, Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa Allah SWT menjanjikan akan meninggikan derajat orang yang memilih shalat di masjid serta setiap langkahnya dapat menghapus dosa-dosanya.

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666)

Ibadah ini akan semakin afdhal lagi jika mengawali langkah kaki dari rumah menuju masjid dengan bacaan doa. Berikut ini doa yang bisa dihapalkan agar perjalanan ke masjid diawali denga doa.

Allahummaj'al fi qolbi nuron, wa fi lisani nuron, waj'al fi sam'i nuron, waj'al fi bashori nuron, waj'al min kholfi nuron, wa min amami nuron, waj'al min fawki nuron, wa min tahti nuron, Allahumma a'tini nuron.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku dan pada lisanku, jadikanlah cahaya dalam pendengaranku, jadikanlah cahaya pada penglihatanku, jadikanlah cahaya dari arah belakangku dan dari arah depanku, jadikanlah cahaya dari arah atasku dan dari arah bawahku. Ya Allah, berilah aku cahaya!” (HR. Bukhari no. 6316 dan HR. Muslim no. 763. Lafal tersebut berdasarkan lafal Muslim)

Demikain artikel tentang doa menuju masjid. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diamalkan ketika akan melangkahkan kaki ke masjid.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa, Islam
0 Komentar untuk "Beginilah Bacaan Doa Menuju Masjid"

Back To Top