Inilah Doa Setelah Sholat Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Doa setelah sholat sering dipanjatkan ketika usai melakukan ibadah shalat baik fardu maupun sunnah. Ini adalah saat harapan dan asa diungkapkan oleh seorang hamba kepada  Penciptanya. Berharap jika setelah sholat menjadi waktu yang tepat untuk bermunjat.

Banyak doa-doa yang diucapkan ketika seseorang selesai melakukan salam. Namun tahukah Anda bahwa ternyata Rasulullah SAW tidak pernah melakukan hal itu? Doa yang beliau munjatkan adalah pada rakaat terakhir sebelum salam.

Namun jangan kuatir, karena ada satu doa yang selalu dilakukan oleh manusia pilihan Allah ini usai beribadah sholat. Seperti apa doanya?

Ternyata doa setelah sholat yang diucapkan Rasulullah SAW adalah istigfar sebanyak tiga kali. astagfirullah, astagfirullah, astagfirullah (maknanya adalah ‘aku memohon ampun pada Allah’)

Hal ini berdasarkan hadist nabi yang diriwayatkan dari  Tsauban berkata bahwa , Rasulullah SAW jika berpaling (selesai) menunaikan shalatnya, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan ‘astagfirullah’ sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengucapkan ‘Allahumma antas salam wa minkas salam tabarokta yaa dzal jalali wal ikrom’. (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shohih, termasuk periwayat kitab shohih. Syaikh Al Albani dalam Al Kalamu Ath Thoyib mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Tujuan dari istigfar ini pun hanya untuk menutup kekurangan yang terjadi dalam shalat. Jika niatnya tidak untuk itu, maka doa tersebut tidak mengikuti petunjuk Rasul. 

Ternyata setelah sholat, Allah SWT menganjurkan Hamba-Nya untuk berdzikir atau mengingat Rabb-nya, dan bukan berdoa. Hal ini berdasarkan banyak firman-Nya, diantaranya Surat An Nisa:103 dan Al Jumu’ah : 10.

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), berdzikirlah pada Allah.” (QS. An Nisa’ [4] : 103)

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan berdzikirlah pada Allah sebanyak-banyaknya.” (QS. Al Jumu’ah : 10)

Waktu yang utama untuk bermunjat ternyata ketika dalam sholat atau sebelum sholat itu berakhir. Karena pada hakikatnya, sholat adalah waktu bermunjat, jika telah selesai mengucapkan salam, maka berakhir pula munajat tersebut. Sehingga akan lebih utama seseorang yang berdoa ketika sedang sholat tersebut. 

Namun, hal ini merupakan perkara  ijtihadiyah, yang masih terdapat perselisihan ulama di dalamnya. Sehingga pendapat lainnya juga  sangat dihormati. Namun, semoga informasi tentang Doa setelah sholat ini bisa bermanfaat untuk bagi pembaca.
Tag : Doa, Islam
0 Komentar untuk "Inilah Doa Setelah Sholat Sesuai Ajaran Rasulullah SAW"

Back To Top