Baca Doa Ini Agar Mudah Mendapat Jodoh

Jodoh memang menjadi salah satu rahasia Ilahi. Meski sudah dijaga sekuat hati, bila bukan jodoh maka dia akan tetap pergi. Ada pula yang tidak pernah hadir, tiba-tiba datang untuk melengkapi kehidupan ini. 

Bagi yang sudah menikah dan menemukan jodohnya, maka mereka bisa sedikit bernafas lega. Setidaknya, separuh agama sudah disempurnakannya. Komitmen dan rasa berkasih sayang lah yang akan menyatukan hingga usia menua.

Namun tidak usah kuatir jika hingga saat ini belum dipertemukan dengan belahan jiwa. Cukup berikhtiar sembari memanjatkan doa. Lantas bagaimana bacaan doa agar mudah dpertemukan dengan jodohnya? Berikut ulasannya.

Sebenarnya, tidak ditemukan dalil tentang doa khusus agar mudah mendapatkan jodoh. Nabi Muhammad SAW hanya mengajarkan jika ingin berdoa maka bacalah doa yang padat namun luas maknanya. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai jawami’ ad-dua (doa yang kalimatnya padat namun luas maknanya). Dan beliau tinggalkan yang lainnya. (HR. Ahmad, Abu Daud, dan dishahihkan al-Albani).

Salah satu doa yang dianggap padat namun memiliki makna yang luas adalah doa sapu jagad. Doa sapu jagad termasuk dari surah Al-baqarah ayat 200 dan ayat 201. Adapun bunyinya adalah “Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil-akhirati hasanah,wa qina 'adzabannar”.

Dari Anas bin Malik, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW berkata “Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah SAW adalah doa sapu jagad yang artinya “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka”.” (HR. Bukhari).

Ini adalah doa untuk kebahagiaan dunia akhirat termasuk juga di dalamnya agar didekatkan dengan jodoh. Meski banyak dipanjatkan dalam majelis, namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya manfaat dari bacaan doa ini. Doa sapu jagad juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh yang soleh dan soleha.

Hal ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Abbas Abbas rodhiyallohu ‘anhuma, yang mengatakan bahwa makna hasanah atau kebahagian dunia salah satunya adalah menikahi orang yang shaleh dan soleha. Maka dari itu, sering membaca doa ini setelah shalat bisa mendekatkan jodoh.

Namun bagi anda yang belum dipertemukan jodoh, tidak perlu menggebu dan melakukan segala cara. Karena pada kodratnya, manusia diciptakan berpasang-pasangan dan saling melengkapi. Cukup memantaskan diri dalam penantian sebelum dipertemukan dengan orang yang tepat.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa, Islam
1 Komentar untuk "Baca Doa Ini Agar Mudah Mendapat Jodoh"

doa buat ngilangin pikiran dari mantan gimana ya kak,

sebenarya lama tidak jumpa, dan sudah lama juga putus tpi masih membekas di fikiran saya, jika di telusuri lebih jauh kenangan juga tidak terlalu begitu manis,

doa yang cocok apa ya kak ? :'(
maaf kak sedikit curhat

www yukgas id

Back To Top