Begini Doa Saat Menempati Rumah Baru - Kumpulan Info Unik

Begini Doa Saat Menempati Rumah Baru

Menempati rumah baru tentu menjadi momen yang membahagiakan bagi setiap orang. Ada banyak harapan bahwa rumah tersebut akan membuat betah penghuninya dan membawa keberkahan tersendiri.

Untuk mendapatkan hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Ada baiknya untuk memulainya dengan terlebih dahulu membaca doa dan berzikir kepada Allah. Dengan demikian rumah yang ditempati akan mendatangkan kebaikan bagi para penghuninya.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui doa apa yang harus dibaca ketika memasuki rumah baru agar mendapat keberkahan yang diinginkan itu. Lantas doa seperti apa sebenarnya yang harus kita baca saat memasuki rumah baru? Berikut informasi selengkapnya.

Membaca doa ketika memasuki rumah baru akan membuat hati kita menjadi lebih tentram karena merasa Allah akan senantiasa menjaga dan melindungi kita yang tinggal di dalamnya. Adapun bacaan dari doa tersebut ialah:

“Masyaa-Allah, Laa Quwwata Illaa Billaah”

Bacaan doa ini terdapat dalam firman Allah di surat Al-Kahfi,

“Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.” (QS. Al-Kahfi: 39)

Ketika membahas ayat ini, Ibnul Qayim mengatakan bahwa:

“Selayaknya bagi orang yang memasuki kebunnya, atau rumahnya, atau terheran terhadap harta dan keluarganya, hendaknya dia segera membaca kalimat ini. Karena dia tidak akan melihat sesuatu yang buruk terhadap nikmat itu.” (Al-Wabilus Shayyib, hlm. 165)

Kemudian Ibnul Qayim membawakan riwayat dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Jika Allah memberi kepada seorang hamba nikmat kebaikan terhadap keluarga, harta, atau anak, kemudian dia membaca: “masyaa-allah, laa quwwata illaa billaah” maka dia tidak akan melihat adanya cacat dalam nikmat selain kematian. (HR. At-Thabrani dalam Al-Ausath 6/126, dishahihkan Ibnul Qoyim dalam Syifa Al-Alil 1/182, dan didhaifkan Al-Albani dalam Ad-Dhaifah)

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

Dengan membaca doa ketika memasuki rumah baru itu berarti kita sudah menutup sebagian kemungkinan masuknya setan ke dalam rumah tersebut. Untuk menutup semua kesempatan itu, maka ada lagi amalan yang harus dilakukan.

Amalan tersebut adalah dengan rajin membaca Al-Qur’an dan ibadah kepada Allah SWT di dalam rumah yang baru ditempati. Terutama sekali membaca surat Al-Baqarah, Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Rumah yang ditinggali namun tidak pernah dihiasi dengan bacaan Al-Qur’an ibarat kuburan. Oleh karena itu, agar rumah tersebut tidak seperti kuburan yang banyak setan pengganggunya.

Selain membaca Al-Qur’an, kita juga harus membaca basmalah ketika menutup pintu rumah. Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan banyak saran agar kita tidak terganggu setan. Salah satunya:

“Tutuplah pintu, dan sebutlah nama Allah. Karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang disebut nama Allah).” (HR. Bukhari 3304, Muslim 2012 dan yang lainnya)

Tidak hanya saat memasuki rumah, ketika hendak keluar pun ada baiknya kita berdoa. Adapun bacaan do’anya ialah:

Bismillahi Tawakkaltu ‘Alallaah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Artinya: “Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Dalam hadits dinyatakan, siapa yang keluar rumah kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: Kamu diberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi. Maka setan kemudian berteriak:

“Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang sudah diberi hidayah, dicukupi, dan dilindungi.” (HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426 dan dishahihkan al-Albani)

Demikianlah informasi mengenai doa yang dibaca ketika memasuki rumah baru. Dengan mengamalkan doa di atas dan beberapa amalan lainnya, maka niscaya Allah SWT akan senantiasa menjaga rumah kita dari ganguan setan dan pengikutnya.
Tag : Amalan, Doa, Islam
0 Komentar untuk "Begini Doa Saat Menempati Rumah Baru"

Back To Top