Lima Cara Undang Malaikat Datang ke Rumah - Kumpulan Info Unik

Lima Cara Undang Malaikat Datang ke Rumah

Mengundang sanak saudara datang ke rumah memang menjadi kebiasaan yang lumrah. Caranya pun tidak susah, cukup menghubungi via telepon dan alat komunikasi lainnya. Jika tidak ada halangan, maka mereka akan dengan senang hati untuk mengunjungi.

Namun bagaimana ceritanya jika ingin mengundang Malaikat untuk datang? Sebuah rumah akan sangat diberkahi jika kedatangan tamu istimewa ini. Selain itu, keberadaannya di dalam rumah akan menentramkan hati para penghuni. 

Namun mengundang Malaikat Allah tidak semudah mengundang sahabat dan kerabat. Ada hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu agar mereka mau mampir. Lima hal berikut menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan.  Seperti apa? Berikut ulasannya.

1. Pastikan Rumah Selalu Bersih dan Rapi
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan rumah kita dalam kondisi bersih dari najis-najis. Hal ini sangat penting, karena pada dasarnya Allah sangat mencintai kebersihan, sehingga malaikat sebagai pengikut yang paling taat juga memiliki sifat serupa.

Tidak hanya pada rumah. Kebersihan juga harus dilakukan oleh para penghuninya. Malaikat merupakan makluk yang suci dan mulia, sehingga mereka menyukai manusia yang menjaga kesucian dirinya.

Diriwayatkan dari Mujahid ra, ia berkata “Rasul (Jibril as) terlambat menemui Rasulullah, kemudian Jibril mendatanginya dan Rasulullah bertanya “Apa yang menahanmu untuk menemuiku?” Jibril as menjawab, “Bagaimana aku mendatangi kalian sedang kalian tidak memotong kuku-kuku kalian, tidak membersihkan ruas-ruas jari””

Jika sudah tahu begini, maka mulailah untuk merapikan rumah, membersihkan diri dari kotoran. Agar malaikat senantiasa mau datang ke rumah kita.

2. Banyak Berdzikir dan Bersujud
Cara kedua untuk mengundang makhluk suci ini adalah dengan banyak berdzikir dan bersujud kepada Allah. Makluk yang tercipta dari nur (cahaya) ini sangat taat dan tunduk kepada Allah. Mereka senantiasa berdzikir untuk Penciptanya, sehingga ketika mendengar dzikir dalam sebuah rumah, maka mereka akan datang untuk mampir. Tidak hanya melihat, malaikat juga akan mengelilinga penghuninya dengan rahmat dan ketenangan.

“Tidaklah sekali-kali sebuah kaum duduk dengan berdzikir kepada Allah kecuali mereka akan dikelilingi malaikat dan akan disirami rahmat dan akan turun kepada mereka ketenangan. Allah akan menyebutkan tentang mereka pada malaikat yang ada di sisi-Nya” (HR. Muslim)

Jika anda menginginkan kehadiran malaikat Allah, maka penuhi lah rumah dengan bacaan dzikir serta sujud anda untuk Allah SWT.

3. Membaca Alquran
Isilah rumah dengan bacaan Alquaran anda dan keluarga. Karena dengan cara ini malaikat akan mampir mengunjungi rumah kita. Mereka akan bahagia mendengarkan ayat-ayat suci yang diturunkan Allah untuk umat manusia. Sebagaimana yang disebutkan Rasulullah:

“Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan datangi malaikat, dijauhi syetan dan akan membanjir pula kebaikan ke dalamnya, jika dibacakan Al-Quran di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat dan akan didatangi syetan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan Al-Quran” (HR. Ad-Darimi).

4. Suka Menuntut Ilmu
Jangan menyepelakan untuk menuntut ilmu. Karena malaikat sangat menyukai hal ini. Mereka bahkan akan mengunjungi orang-orang yang giat menuntut ilmu dalam hidupnya.  Sebagaimana dalam hadits :

“Sesungguhnya malaikat membentangkan sayapnya untuk para penuntut ilmu karena suka dengan apa yang sedang dia tuntut” (HR. Tirmidzi).

Bagaimana, masih mengatakan pendidikan tidak penting? Sementara ketika sakit, kita hanya percaya pada dokter karena memiliki pendidikan tinggi. Sudahlah, jangan menyepelekan ilmu, karena bahkan malaikat pun sangat menyukainya.

5. Suka Bersedekah
Malaikat tidak hanya masuk kedalam rumah orang yang suka bersedekah, tapi juga mendoakan kebaikannya. Sebagaimana hadits berikut : Rasulullah Saw bersabda, “Tiap-tiap pagi malaikat turun, yang satu mendo’akan, “Ya Allah beri gantilah untuk yang menderma, dan yang lain berdo’a, Ya Allah Musnahkan harta si bakhil.”

Bagaimana, masih mau pelit? Padahal dengan bersedekah kita akan dikunjungi malakat plus didoakan supaya mendapat ganti.

Layaknya menunggu sang pujaan hati, menunggu malaikat pun kita harus bersiap sedemikian rupa. Semoga setelah ini, rumah kita akan kedatangan tamu yang begitu agung ini. Mereka menghiasi rumah kita dengan ketentraman hati, rasa bersyukur dan selalui dikaruniai rahmat. Aamiin ya Allah.
Tag : Amalan, Islam
0 Komentar untuk "Lima Cara Undang Malaikat Datang ke Rumah"

Back To Top