Inilah Empat Golongan Penghuni Surga ‘Adn - Kumpulan Info Unik

Inilah Empat Golongan Penghuni Surga ‘Adn

Surga merupakan hadiah yang diberikan oleh Allah SWT bagi hamba yang senantiasa melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Untuk itulah, umat muslim kemudian berlomba-lomba untuk mengerjakan amalan kebaikan.

Ada beberapa tingkatan surga yang disediakan oleh Allah SWT, salah satunya adalah surga ‘Adn. Surga yang satu ini diciptakan oleh Allah dari intan putih. Para penghuninya kelak akan diberikan kenikmatan tiada terkira.

Namun ternyata tidak sembarangan orang yang bisa menjadi penghuni dari surga ‘Adn ini. Allah SWT memberikan beberapa syarat untuk menjadi golongan penghuninya. Lantas siapa sajakah golongan yang akan masuk ke dalam tingkatan surga ini? Berikut informasi selengkapnya.

1. Orang yang Bertakwa Kepada Allah SWT
Orang pertama yang akan menjadi calon penghuni surga ‘Adn adalah mereka yang senantiasa bertakwa kepada Allah SWT. Orang yang demikian ini akan meninggal dalam keadaan baik dan akan langsung masuk ke dalam surga. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT:

“(Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka), ‘Salaamun`alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan.’” (Q.S. An-Nahl [16]: 31-32)

2. Orang yang Benar-Benar Beriman dan Beramal Saleh
Tidak hanya untuk orang-orang yang bertakwa, ternyata surga ‘Adn juga diperuntukkan bagi orang-orang yang benar-benar beriman dan senantiasa melakukan amal shaleh. Beriman di sini maksudnya adalah mempercayai keberadaan Allah SWT dengan hati, lisan dan perbuatannya. Orang-orang yang seperti ini akan kekal berada dalam surga sebab mereka terhindari dari kemaksiatan dan kekafiran.

“Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia). (Yaitu) surga Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (Q.S. Thaahaa [2]: 75-76)

3. Orang yang Banyak Berbuat Baik
Menjadi orang baik merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh kaum muslimin. Sebab kebaikan akan membawa kebahagiaan baik di dunia ataupun di akhirat kelak. Bahkan orang yang senantiasa berbuat baik kepada sesama akan dibalas oleh Allah SWT dengan dimasukkannya ke dalam surga. Di sini, para penghuninya akan diberi perhiasan berupa gelang-gelang dari emas dan mutiara. Bahkan mereka akan dikenakan pakaian dari sutera, hal tersebut sesuai dengan firman Allah Ta’ala yang artinya:

“Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih cepat berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. (Bagi mereka) surga Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (Q.S. Fathir [35]:32-33)

4. Orang yang Sabar, Menginfakkan Hartanya Dan Membalas Kejahatan Dengan Kebaikan
Golongan terakhir yang akan menjadi penghuni surga ‘Adn yaitu orang yang sabar dan menginfakkan harta serta membalas kejahatan dengan baikan. Tentu saja agak sulit untuk menjadi orang yang demikian, akan tetapi bagi mereka yang beriman dan bertakwa itu merupakan suatu hal yang mudah. Hal ini dikarenakan mereka mengetahui balasan luar biasa dari Allah apabila mereka bisa melaksanakan perintah tersebut.

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik). (Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.” (Q.S. Ar Ra’d [13]: 22-23)

Demikianlah informasi mengenai golongan orang-orang yang akan menjadi penghuni surga ‘Adn. Tentu saja hal ini menjadi berita menggembirakan bagi orang-orang yang mendengarnya. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan tempat mulia tersebut.
Tag : Islam, Surga
0 Komentar untuk "Inilah Empat Golongan Penghuni Surga ‘Adn"

Back To Top