Ternyata Inilah Fungsi Bagian Termos - Kumpulan Info Unik

Ternyata Inilah Fungsi Bagian Termos

Termos merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang saat ini digandrungi kaum ibu-ibu di Indonesia. Bagaimana tidak, selain manfaatnya sebagai penyimpanan air panas dan kemasannya yang sekarang lebih praktis serta bisa dibawa kemana saja.

Biasanya para ibu membawa termos ukuran kecil atau sedang guna menyimpan air panas untuk membuat susu anaknya ketika mereka dalam perjalanan. Desain termos yang kita gunakan selama ini ternyata memiliki fungsi masing-masing.

Namun, tidak semua orang mengetahui apa saja fungsi tersebut. Pada dasarnya kita harus mengetahui apa saja fungsi per bagian dari produk yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu,  untuk menambah pengetahuan kita semua, berikut ini informasi mengenai fungsi bagian termos

1. Tutup Sumbat Termos
Bagian pertama dari termos adalah tutup sumbat termos. Biasanya terletak di bagian paling atas selain berfungsi untuk menutup termos setelah isi dengan air panas. Ternyata tutup sumbat tersebut juga berfungsi untuk mencegah perpindahan kalor secara konduksi.

2. Dinding Dalam Kaca
Mungkin banyak di antara kita yang tidak memperhatikan bahwa di dalam termos terdapat dinding kaca. Adapun fungsi dari bagian ini adalah untuk mencegah perpindahan kalor dari air panas agar tidak diserap oleh dinding.

3. Dinding Luar Kaca
Selain dinding dalam kaca, ternyata ada juga bagian dinding luar kaca yang berfungsi untuk mencegah perpindahan kalor secara radiasi.

4. Ruang Hampa Udara (Vakum)
Bagian selanjutnya yaitu ruang hampa udara (Vakum). Bagian ini terletak di tengah dalam termos. Fungsi dari bagian ini adalah untuk membatasi kemungkinan panas hilang dari dalam atau masuk ke dalam termos dengan konveksi.

5. Dinding Pelingdung Kaca
Bagian selanjutnya yaitu dinding pelindung kaca. Terletak di bagian luar termos dan berfungsi sebagai isolator antara tabung kaca dengan udara sekitar termos tersebut.

6. Karet Penahan Kaca
Bagian terakhir dari termos yaitu karet penahan kaca, bagian ini terdapat paling bawah dari desain termos. Bagian tersebut berfungsi untuk menjaga posisi botol (kaca) agar tetap berada di tempatnya (tidak berubah).

Seperti yang diketahu bahwa termos itu terbuat dari kaca yang berdinding rangkap, di antara dinding tersebutlah dibuat hampa udara. Selain itu, salah satu dindingnya dilapisi oleh lapisan perak yang berfungsi untuk menahan kalor dari air panas tersebut agar tidak diserap oleh dinding dan agar tidak terjadi perpindahan kalor secara radiasi.

Demikianlah informasi mengenai fungsi dari bagian yang terdapat dalam kemasan termos. Semoga informasi ini bermanfaat.
0 Komentar untuk "Ternyata Inilah Fungsi Bagian Termos"

Back To Top