Tujuh Amalan yang Dianjurkan Sebelum Tidur - Kumpulan Info Unik

Tujuh Amalan yang Dianjurkan Sebelum Tidur

Tidur menjadi salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan oleh manusia. Hal ini dikarenakan dengan tidur akan mengistirahatkan tubuh dari segala kegiatan. Dengan demikian, maka akan membuat tubuh menjadi sehat keesokan harinya.

Ada banyak kebiasaan yang dilakukan orang ketika mereka hendak tidur. Mulai dari sikat gigi, mencuci kaki dan lain sebagainya. Akan tetapi, tenyata kita juga bisa mendapatkan pahala ketika hendak tidur dengan melakukan beberapa amalan yang sesuai dengan syariat Islam.

Amalan-amalan tersebut telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tentu saja apabila kita mengikuti anjuran beliau akan membuat tidur kita menjadi lebih berkah. Lantas apa sajakah amalan yang dianjurkan sebelum kita tidur? Berikut ulasannya.

1. Melaksanakan Wudhu Terlebih Dulu
Amalan pertama yang dianjurkan untuk dilakukan ketika sebelum tidur adalah dengan melaksanakan wudhu terlebih dahulu. Wudhu yang dilaksanakan sebelum tidur ini sama dengan wudhu ketika hendak melakukan shalat. Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila Engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR Bukhari Muslim).

2. Membaringkan Tubuh Ke Sebelah Kanan
selain menganjurkan kita untuk berwudhu sebelum tidur, Rasulullah juga mengajarkan kita untuk membaringkan tubuh ke sebelah kanan. Mungkin banyak orang yang sudah terbiasa tidur dengan berbagai posisi. Namun, posisi tidur ke sebelah kanan adalah posisi yang tepat. Rasulullah SAW bersabda:

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Sementara dalam riwayat yang lain disebutkan, “Rasulullah apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Adapun posisi tidur yang harus dihindari adalah posisi tengkurap. Hal ini dikarenakan posisi tersebut sangat dimurkai oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

 “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR Abu Dawud)

3. Membersihkan Tempat Pembaringan
Kebersihan menjadi salah satu hal diperhatikan oleh Rasulullah SAW. Bahkan ketika hendak tidur Rasulullah tidak pernah lupa untuk membersihkan tempat pembaringannya. Oleh sebab itu kita harus mengikuti ajaran tersebut.

Ketika hendak tidur, bersihkanlah bagian permukaan kasur dengan cara mengibas-ngibaskan kain di atas permukaan kasur tersebut. Tujuannya adalah agar pasir, kotoran atau lainnya dapat hilang dan membuat tempat tidur menjadi terasa nyaman.

Rasulullah telah bersabda, “Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibas-ngibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya..” Pada hadist lain disebutkan kibasannya tiga kali.” (HR Bukhari Muslim)

4. Tidur Segera Setelah Isya
Banyak kita temui orang yang suka begadang ketika malam hari. Bahkan ada yang tidak tidur hingga pagi menjelang. Padahal menurut ajaran agama Islam kita tidak dianjurkan untuk tidur terlalu larut malam. Hal ini dikarenakan selain dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan, tidur terlalu larut juga akan membuat kita sulit terbangun untuk melaksanakan shalat tahajud. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk tidur segera setelah melaksanakan shalat Isya.

5. Membaca Dzikir Sebelum Tidur
Amalan selanjutnya yang juga dianjurkan oleh Rasululah sebelum tidur adalah membaca kalimat dzikir. Salah datu dzikir yang disarankan oleh Rasulullah sebelum tidur telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

“Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu karena senang (mendapatkan rahmat-Mu) dan takut pada (siksaanmu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari ancaman-Mu kecuali kepada-Mu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) Nabi-Mu yang telah Engkau utus.”

Ada banyak hikmah yang akan kita peroleh apabila mengamalkan anjuran Rasulullah ini. Salah satunya adalah ketika kita berdzikir sebelum tidur, maka kita mati dalam tidur maka matikanya di atas fitrah (mati dalam Islam)

Tidak hanya berdzikir kepada Allah, kita juga dianjurkan untuk membaca Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebanyak 3 kali sambil meniupkan ke telapak tangan. Setelah membaca ketiga ayat tersebut, kemudia usapkan ke seluruh tubuh.

Kita juga dianjurkan untuk membaca ayat Kursi, surat Al Kafirun, al Mulk dan dua ayat terakhir surat Al Baqarah sebelum tidur di malam hari. Amalan yang diriwayatkan oleh Ummul Mukminin Aisyah diatas bisa kita aplikasikan bersama dengan dzikir lainnya sehingga semakin lengkaplah dzikir yang kita lakukan setiap malam.

6. Melaksanakan Shalat Witir Jika Khawatir Tidak Mampu Shalat Malam
Melaksanakan shalat witir sebelum tidur juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Shalat witir ini dianjurkan untuk dilaksanakan apabila kita khawatir tidak mampu terbangun pada sepertiga malam untuk melakukan shalat tahajud.

 Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Kekasihku yaitu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: Berpuasa tiap hari setiap bulannya, mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha dan mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR Bukhari)

7. Membaca Doa Tidur

Amalan terakhir yang dianjurkan ketika hendak tidur adalah membaca doa tidur. “Apabila Nabi hendak tidur, beliau mengucapkan: Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup). Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’da maa amaatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepadaNyalah tempat kembali).” (HR Bukhari)

Demikianlah informasi mengenai tujuh amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilaksanakan umatnya ketika hendak tidur. Sebagai kaum muslimin, kita harus mengikuti anjuran Rasulullah agar aktivitas tidur yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dan membuahkan berkah dari Allah SWT.
Tag : Amalan, Islam
0 Komentar untuk "Tujuh Amalan yang Dianjurkan Sebelum Tidur"

Back To Top