Ternyata Inilah Malaikat yang Mengamati Manusia Ahli Ibadah - Kumpulan Info Unik

Ternyata Inilah Malaikat yang Mengamati Manusia Ahli Ibadah

Malaikat merupakan ciptaan Allah SWT yang senantiasa patuh dan tunduk akan perintah-Nya. Makhluk yang tercipta dari cahaya ini memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing yang pasti akan dijalankan dan tanpa mengeluh sedikitpun.

Selama ini, diantara kita mungkin hanya mengetahui 10 nama dan tugas malaikat. Padahal ada begitu banyak malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT. Diantara jumlah yang banyak tersebut, ternyata ada yang bertugas mengamati manusia yang ahli ibadah.

Hal ini menjadi bentuk apresiasi kepada kaum muslimin yang banyak menghabiskan waktu untuk mengingat Allah. Malaikat ini mencatat amal bahkan sampai mengayomi manusia tersebut. Lantas siapakah malaikat yang dikirimkan Allah itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Malaikat yang Menaungi Pembaca Al-Qur’an
Malaikat yang mengamati ahli ibadah pertama yakni malaikat yang menaungi pembaca Al-Qur’an. Keterangan mengenai para malaikat yang menaungi para pembaca Al-Qur’an ini merujuk pada sabda Rasulullah SAW.

“Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia maupun di akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa meolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, pasti Allah memudahkan baginya jalan ke surga. Apabila berkumpul suatu kaum di salah satu masjid untuk membaca al-Qur’an secara bergantian dan mempelajarinya, niscaya mereka akan diliputi sakinah (ketenangan), diliputi rahmat, dan dinaungi malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka dihadapan makhluk-makhluk lain di sisi-Nya. Barangsiapa yang lambat amalannya, maka tidak akan dipercepat kenaikan derjatnya.” (HR. Muslim)

Naungan malaikat tersebut berlaku bagi siapapun, kaum apapun sesuai dengan ketentuan Allah SWT ketika mereka berkumpul dalam rangka membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Bahkan kedatangan malaikat untuk menaungi kaum yang berkumpul untuk membaca Al-Qur’an juga berlaku pada kurun waktu sekarang ini.

Maka beruntunglah orang yang dalam kesehariaannya gemar membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Dengan demikian, maka dunia mereka akan dihiasi oleh ketenangan dan rahmat serta naungan yang berasal dari para malaikat. Selain itu, di akhirat kelak orang yang rajin membaca Al-Qur’an akan diberikan syafa’at dari Al-Qur’an itu sendiri.

2. Malaikat yang Mencari Majelis Zikir
Berdzikir merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ternyata orang yang senantiasa melakukan dzikir kepada Allah akan diberikan banyak keutamaan. Di antaranya mereka akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT serta majelis yang mereka datangi juga dihadari oleh para malaikat.

Malaikat Allah senantiasa mencari forum hamba Allah yang senantiasa melakukan dzikir. Dengan demikian, maka semakin dekatlah manusia yang gemar beribadah tersebut dengan malaikat yang mengamati amalan ibadah yang manusia itu lakukan.

3. Malaikat yang Berkunjung Pada Malam Qadr
Malaikat terakhir yang mengamati ahli ibadah akan datang berkunjung ketika malam Qadr. Malam Qadr merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat Islam khususnya umat Rasulullah SAW. Ada banyak hadist yang menyinggung mengenai keutamaannya, serta anjuran untuk melaksanakan ibadah pada malam itu.

Keberadaan malam tersebut menjadi suatu berkah bagi umat Nabi Muhammad. Apabila kita menghabiskan malam tersebut dengan melaksanakan amalan kebaikan yang maka kita akan diberikan keistimewaan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah pada malam Qadr tersebut akan adanya kunjungan para malaikat yang langsung dipimpin oleh Jibril.

Namun, tidak diketahui malaikat yang mendampingi jibril dalam kunjungan Malam Qadr tersebut. Allah dan Rasulullah tiadak memberi informasi siapa mereka. Yang jelas ada malaikat selain jibri, dan jumlahnya sangat banyak, turun pada moment yang penuh berkah itu. Allah Ta’ala berfirman:

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (al-Qadr: 4)

Demikianlah informasi terkait malaikat yang mengamati ahli ibadah. Sebagai kaum muslimin, sudah seharusnya kita senantiasa mengerjakan amalan dan ibadah sesuai dengan perintah Allah SWT. Selain akan mendapat keistimewaan berupa pahala, kita juga bisa dikunjungi oleh para malaikat Allah SWT.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Ternyata Inilah Malaikat yang Mengamati Manusia Ahli Ibadah"

Back To Top