Pesan Rasulullah Agar Ibadah Salat Diterima Allah - Kumpulan Info Unik

Pesan Rasulullah Agar Ibadah Salat Diterima Allah

Urusan diterima atau tidaknya salat seseorang tentu menjadi hak Prerogatif Allah SWT. Manusia tidak dapat mengetahui dengan pasti apakah ibadah salat yang sudah dilakukan mendapat pahala atau tidak.

Namun begitulah iman, meski dengan ketidaktahuan diterima atau ditolak, umat Islam tetap rutin menjalankan ibadah wajib ini. Akan tetapi Nabi Muhammad SAW tidak membiarkan salat umatnya sia-sia.

Beliau memberikan tuntunan bagaimana menjalankan salat agar diterima Allah SWT. Ternyata ada tiga hal yang harus benar-benar dijaga umat Islam agar salat tidak sia-sia. Apa saja? Berikut ringkasannya.

“Shalat itu dibagi menjadi tiga pertiga, bersuci sepertiganya, rukuk itu sepertiganya, dan sujud itu sepertiganya. Barang siapa menunaikan shalatnya dengan sepenuhnya haknya maka diterimalah shalatnya dan diterima pula segala amalan-amalannya dan barangsiapa yang ditolak shalatnya, maka ditolak pula seluruh amalan-amalan lain” (HR Bazzaar dari Abu Hurairah ra.)

Berdasarkan  Buku Mengungkap Rahasia Shalat Para Nabi, Hadist di atas menjelaskan bahwa salat itu terdiri dari tiga amalan pokok. Tiga amalan tersebut adalah Thaharah (bersuci), rukuk dan sujud.

Orang yang memperoleh kemenangan adalah mereka yang mampu menjalankan ibadah ini dengan khusuk. Khusuk dalam salat adalah dengan menyempurnakan ketiga amalan pokok tersebut. Bagaimana bisa menjalankan ketiga amalan pokok ini?
  1. Pertama adalah menyempurnakan gerakan rukun-rukunnya, seperti berdiri, rukuk dan sujud. Seluruh hatinya terfokus untuk menjaga hak-hak salat dan menyadari bahwa diri memang tengah melaksanakan salat.
  2. Memelihaa diri dari perbuatan yang tidak disukai diantaranya terburu-buru, sujud dan rukuk sekilas-sekilas saja, serta memain-mainkan tangan.
  3. Ketiga adalah melaksanakan salat dengan penuh kekhusukan, yakni memiliki rasa takut kepada Allah, menghadirkan keikhalasan hati, dan melakukannya hanya niat karena Allah semata. 
Semoga informasi ini menambah keimanan dan ketaqwaan anda semua. Terimakasih sudah membaca.
0 Komentar untuk "Pesan Rasulullah Agar Ibadah Salat Diterima Allah "

Back To Top