Menikmati Fenomena Pasir Berbisik di Pulau Beting Aceh Provinsi Riau - Kumpulan Info Unik

Menikmati Fenomena Pasir Berbisik di Pulau Beting Aceh Provinsi Riau

Potensi wisata Provinsi Riau tidak kalah jika dibandingkan tempat lain di Indonesia. Jika Yogjakarta memiliki Pasir Berbisik di Gumuk Pasir Parangkusumo, maka di Riau juga ada. Tepatnya di Pulau Beting Aceh, Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Pasir di sana berderit seolah membisikan sesuatu.

Fenomena cukup langka ini bisa dirasakan ketika kaki atau tangan menyentuh pasir yang ada di tepian pantai. Setiap sudutnya, terpantul  putihnya pasir yang mengelilingi pulau. Jika air laut surut, maka akan muncul daratan pasir seluas lapangan bola.

Pulau yang terletak di hamparan Selat Malaka ini memiliki luas normal sekitar empat hektar. Sebagai salah satu pulau terluar di Indonesia, objek wisata yang masih belum berpenghuni tersebut  terlihat sangat  menakjubkan.  Seperti apa keindahannya? Berikut ulasannya.

Pulau ini diperkirakan muncul karena adanya sedimentasi air laut yang membawa pasir menumpuk hingga menjadi sebuah pulau. Beting artinya gundukan pasir memanjang, namun karena berlangsung lama akhirnya membentuk sebuah pulau.

Untuk namanya sendiri memang cukup aneh, pasalnya membawa nama Aceh padahal pulau ini berada di Riau.  Ternyata menurut warga, nama Beting Aceh ini diperkirakan karena pada mulanya tempat ini dihuni oleh masyarakat yang berasal dari Aceh.

Disini banyak spot-spot untuk berfoto dengan angel-angel yang membuat jepretan semakin menarik. Pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan panorama alam yang pastinya menyejukkan mata. Ditambah lagi dengan pohon pinus yang tumbuh di sekitar pantai membuat suasana menjadi lebih rindang. Sangat cocok bagi anda yang membutuhkan ketenangan ditengah rutinitas pekerjaan yang menyibukkan.

Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk melihat sunrise dan sunset. Jika beruntung, pada sore hari akan ditemui ribuan burung yang mencari makan di wilayah ini.

Untuk bisa sampai ke wilayah ini caranya cukup mudah. Perjalanan bisa ditempuh dari Pekanbaru menuju Dumai. Perjalanan di lanjutkan dengan roro untuk menyebrang menuju Pulau Rupat Utara. Di Rupat Utara juga menyajikan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Sehingga sayang, jika anda tidak lebih dahulu menginap di Pulau ini.

Perjalanan menuju Beting Aceh bisa ditemput dari Desa Tanjung Medang atau dari Teluk Rhu. Dengan menyewa Speedboad warga, anda bisa mencapai pulau terpencil ini dengan waktu 45 menit. 

Video Pantai Pasir Berbisik Beting Aceh Rupat Utara Bengkalis Riau

Sumber Foto: www.tripriau.com
Sumber Video: IG @Riaumagz
Tag : Wisata
0 Komentar untuk "Menikmati Fenomena Pasir Berbisik di Pulau Beting Aceh Provinsi Riau"

Back To Top