Benarkah Hati Bersih Pancarkan Wajah Bersinar? - Kumpulan Info Unik

Benarkah Hati Bersih Pancarkan Wajah Bersinar?

Hati merupakan suatu bagian paling penting yang memiliki kedudukan tinggi dalam tubuh manusia. Pada bagian inilah bermuara cahaya kebenaran yang berasal dari Allah SWT untuk hamba-Nya. Keberadaan hati ini berfungsi untuk mengenali diri dan Tuhannya.

Di hati inilah Allah akan melihat apakah hamba-Nya memiliki kekuatan iman yang membuatnya bertakwa atau justru sebaliknya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang hamba untuk memahami permasalahan hati dan menjaganya untuk tetap bersih.

Tujuannya adalah agar hati tidak mudah terkontaminasi dengan berbagai hal buruk yang ada di muka bumi. Selain itu, ada banyak manfaat yang akan diperoleh apabila memiliki hati yang bersih. Salah satunya adalah pemilik hati yang bersih akan mempunyai wajah yang bersinar. Benarkah demikian? Berikut informasi selengkapnya.

Ternyata hati yang bersih memang akan memancarkan cahaya kepada wajah orang yang memilikinya. Hal tersebut disebabkan hati yang bersih itu adalah hati yang positif dalam menghadapi berbagai masalah. Salah satu indikator bersihnya hati adalah mampu berpikir sebelum berbicara dan senantiasa menggunakan akal sehat serta berlapang dada dalam menghadapi masalah.

Seseorang yang memiliki hati yang bersih akan senantiasa berusaha untuk mengambil hikmah (sisi positif) dalam menghadapi setiap permasalahan yang menimpa dirinya. Ia menyadari bahwa semua orang tentu memiliki masalah dalam kehidupan. Dengan demikian maka ia tidak akan mudah terpengaruh dengan pembicaraan orang dan senantiasa cermat serta teliti ketika mendapatkan suatu berita. Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS Al Hujarat 49:6)

Orang yang hatinya bersih tidak akan mudah terhasut atau termakan dengan omongan dan berita bohong yang disebarkan oleh orang lain. Maka dari itu ia tidak akan menyesal di akhir karena sudah mencegah perbuatan yang sia-sia tersebut dari kehidupannya.

Allah berfirman: “[Ingatlah] di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.” (QS An Nur 24:15)

Demikianlah informasi terkait hati yang bersih mampu memancarkan sinar pada wajah pemiliknya. Sebagai seorang muslim sudah semestinya kita memiliki hati yang bersih. Sebab dengan hati yang bersih itu akan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Tag : Info Unik, Islam
1 Komentar untuk "Benarkah Hati Bersih Pancarkan Wajah Bersinar?"

Artikel yang bermanfaat, insyaallah. Semoga istiqommah menyebarluaskan ilmu :)

Back To Top