Mengenal Sang Peniup Sangkakala Lebih Dekat - Kumpulan Info Unik

Mengenal Sang Peniup Sangkakala Lebih Dekat

Nama Malaikat Israfil tentu sering terdengar bagi seorang Muslim. Meskipun namanya tidak terkenal layaknya Malaikat Jibril, namun malaikat ini memiliki hubungan dan keterkaitan dengan alam dan kehidupan.

Saat ini, Malaikat Israfil memang belum menjalankan tugas. Namun disaat Israfil mulai melakukan pekerjaannya, maka saat itu berakhirlah kerja kita. Ya, malaikat ini bertugas meniup sangkakala sebagai awal kehancuran dunia.

Malaikat Israfil mendapat tugas sangat berat yakni mengakhiri semua realitas hidup  alam semesta dalam takdir Allah yang bernama kiamat. Lalu, seperti apakah malaikat Israfil tersebut, dan apa saja yang dilakukannya? Simak informasi selengkapnya di sini.

1. Tentang Namanya
Hal yang pertama yang harus kita ketahui tentang peniup sangkalala adalah mengenai namanya. Asal usul penyebutan namanya sebagai Israil adalah berdasarkan penyebutannya di dalam beberapa hadist Rasulullah SAW. Salah satunya adalah hadits berikut ini, “Ya Allah, Rabb Jibril, Rabb Mikail, Rabb Israfil. Pencipta langit dan bumi…”(HR. Muslim)

Dengan demikian, nama Israfil dan keberadaan malaikat ini memiliki dalil dan rujukan langsung dari Rasulullah.

2. Tugas Utamanya adalah Sebagai Peniup Sangkakala
Selain namanya, kita juga harus mengetahui tugas dari malaikat Israil. Tugas utama dari malaikat ini adalah sebagai peniup sangkakala. Israfil akan mengakhiri kehidupannya di jagad raya ini dengan menjalankan amanah dari Allah SWT yakni meniup sangkakala.

Akan tetapi, meskipun memiliki tugas meniup sangkakala bukan berarti Israfil tidak akan mengalami kematian. Ternyata, malaikat Israfil juga akan mengalami kebinasaan.

Tentang tugas Israfil sebagai peniup sangkakala, ada sebuah informasi dari hadits yang merekam data tersebut. Terjemahan hadits itu adalah sebagai berikut:

“Allah menciptakan sangkakala itu sebuah mutiara putih dalam kaca yang sangat bersih, lalu Dia berfirman kepada ‘Arsy;  ‘Ambilah sangkakala itu. Maka, dia mengambilnya dan bersamanya ada sebuah lubang sejumlah semua ruh makhluk dan semua napas yang dihembuskan. Dua ruh tidak akan keluar dari satu lubang. Dan di tengah-tengah sangkakala itu ada sebuah lubang angin seperti bulat langit dan bumi.

Sementara israfil meletakkan mulutnya di atas lubang angin itu, lalu Tuhan berfiman kepadanya, aku telah menugaskanmu mengurus sangkakala itu. Maka, tugasmu adalah meniup dan berteriak. Lalu Israfil masuk ke bagian depan ‘Arsy, dia memasukkan kaki kanannya di bawah ‘Arsy, dan mengeluarkan kaki kirinya. Dan dia tidak pernah berkedip sejak Allah menciptakannya untuk menunggu apa yang diperintahkan-Nya.” (HR. Abu Asy-Syaikh dari Wahb)

3. Kedudukan Israfil
Posisi malaikat Israfil termasuk malaikat yang utama dan dekat dengan ‘Asry Allah. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda, “Pernah seorang laki-laki bertanya, ‘Wahai Rasulullah, beritahulah aku tentang malaikat Allah yang berada di samping-Nya, beliau menjawab: ‘Sesungguhnya malaikat yang ada di samping-Nya adalah Israfil, Jibril, Mikail, lalu malaikat maut.’” (Ath-Tharbani, Abu Nu’aim, dari Abu Hurairah)

4. Bentuk Malaikat Israfil
Selain termasuk dalam jajaran malaikat yang utama dan dekat dengan Allah, sama halnya dengan malaikat yang lain, Isdafil pun memiliki sayap. Israfil mempunyai empat buah sayap, hal tersebut berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Abu  Asy-Syaikh dan Abu Nu’aim dari Ibnu Abbas

Ka’ab pernah bertanya kepada Aisyah , “Apakah kamu pernah mendengar Rasulullah berbicara sesuatu tentang Israfil?” Aisyah menjawab: ‘Ya. Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, “dia memiliki empat sayap, dua sayap diantaranya; salah satunya di Timur dan yang lainnya di Barat, sedangkan Lauh berada di antara kedua matanya, bila Allah ingin menuliskan wahyu, Dia mengulir diantara keningnya.” (Riwayat Abu  Asy-Syaikh dan Abu Nu’aim dari Ibnu Abbas)

5. Tentang Sangkakala yang Ditiup Oleh Israfil
Tidak hanya mengenai sang peniupnya, kita juga harus mengenal tentang sangkakala yang ditiup oleh malaikat Israfil tersebut. Keterangan mengenai sangkakala dapat dijumpai dalam ayat-ayat Al-Qur’an/ Allah SWT berfirman:

“Dan tiuplah sangkakala, maka matilah semua siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (Az-Zumar: 68)

Dari ayat tersebut telah dijelaskan bahwa malaikat Israil akan meniup sangkakala sebanyak dua kali. Pada tiupan pertama akan mengejutkan semua makhluk hidup yang kemudian mematikan semua makhluk yang bernyawa. Sedangkan pada tiupan kedua merupakan tiupan yang akan membangkitkan kembali, jasad, tulang belulang manusia untuk menjadi utuh dan hidup kembali.

Demikianlah informasi mengenai mengenal sang peniup sangkakala lebih dekat. Malaikat Israfil memikul beban yang amat berat dari Allah SWT. Setelah mengenal lebih dekat dengan sang peniup sangkakala ini, diharapkan kita semua akan lebih memperbanyak ibadah kepada Allah SWT agar bisa menghadapi kiamat dengan amalan yang baik.
Tag : Info Unik, Islam
0 Komentar untuk "Mengenal Sang Peniup Sangkakala Lebih Dekat"

Back To Top