Keutamaan Empat Kali Ucap Hamdalah Saat Musibah Menimpa - Kumpulan Info Unik

Keutamaan Empat Kali Ucap Hamdalah Saat Musibah Menimpa

Musibah menjadi ujian terhadap keimanan seorang hamba. Ada yang bisa dengan sabar melaluinya, namun ada pula yang justru tidak terima sehingga berpaling dari Pencipta. Berbagai tindakan ini kerap dilakukan manusia ketika Allah mengujinya dengan musibah.

Ekspresi dalam menghadapi musibah yang terjadi sudah selayaknya mengikuti petunjuk Rasulullah SAW. Nabi menyarankan umat agar membaca Hamdalah sebanyak empat kali ketika musibah menimpa.

Hamdalah merupakan salah satu dzikir yang bermakna ungkapan syukur. Namun, bagaimana bisa kita bersyukur saat sedang dirundung kedukaan karena musibah yang menimpa? Ternyata anjuran ini memiliki keutamaan yang jarang kita tahu. Apa saja? Berikut ulasannya.  

1. Kita Tidak Marah Apalagi Murka Kepada Allah SWT
Mengucapkan hamdalah sebanyak empat kali saat tertimpa musibah menunjukkan bahwa kita tidak marah apalagi murka kepada Allah SWT. Sebagai musli yang beriman kita tidan boleh marah atas segala pemberian yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT.

Marah yang dilampiaskan di dalam hati karena Allah memberikan musibah dalam hidup, sama artinya secara tidak langsung menyatakan bahwa kita merasa dizalimi oleh Allah SWT. Padahal Allah tentu memiliki tujuan memberikan musibah tersebut agar manusia menjadi lebih kuat dan berusaha keras untuk menghadapi tantangan.

Marah dengan ucapan lisan berarti mencela takdir yang telah direncanakan oleh Allah SWT untuk umat-Nya. Apabila marah dengan anggota tubuh seperti membanting sesuatu, artinya kita tidak akan mendapat pahala di akhirat kelak bahkan akan menambah dosa. Oleh karena itu, hindari rasa marah saat tertimpa musibah dan ganti dengan ucapan hamdalah.

2. Kita Bersikap Sabar
Keutamaan mengucapkan hamdalah yang kedua saat tertimpa musibah adalah menunjukkan bahwa kita senantiasa bersabar dalam menghadapi masalah. Sabar dalam menghadapi bencana merupakan salah satu jalan untuk meluruskan akidah. Bukti bahwa seorang umat bersabar adalah ia tidak mengucapkan atau melakukan sesuatu yang mendatangkan murka Allah SWT. Orang yang demikian ini mendapatkan pujian dari Allah SWT.

3. Kita Memiliki Sikap Ridha
Keutamaan yang mengucapkan hamdalah yang ketiga adalah menunjukkan bahwa kita ridha atau menerima segala musibah yang menimpa dengan lapang dada. Dengan memiliki sikap ridha ini akan menuntun kita untuk belajar menyikapi musibah yang diberikan dengan baik.

Keridhaan akan musibah yang sudah ditakdirkan akan membuat kita tidak menyalahkan siapapun, keadaan dan waktu. Hati yang menerima musibah dengan ikhlas akan mendapatkan hasil terbaik dari apa yang telah dikerjakannya.

4. Kita Menunjukkan Bahwa Kita Bersyukur

Keutamaan mengucapkan empat hamdalah yang terakhir adalah menunjukkan bajwa kita adalah makhluk Allah yang bersyukur. Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu, dan Dia memberikan masalah agar kita bisa menyelesaikannya.

Demikianlah informasi mengenai keutamaan mengucapkan hamdalah sebanyak empat kali ketika tertimpa musibah. Meskipun terlihat mudah, namun masih banyak orang yang tidak bisa melakukannya. Oleh karena itu, mulailah untuk mengucapkan hamdalah saat tertimpa musibah yang diberikan Allah SWT.
Tag : Info Unik, Islam
0 Komentar untuk "Keutamaan Empat Kali Ucap Hamdalah Saat Musibah Menimpa"

Back To Top