Inilah yang Terjadi Pada Bumi Setelah Gerhana Matahari Total - Kumpulan Info Unik

Inilah yang Terjadi Pada Bumi Setelah Gerhana Matahari Total

Masyarakat Indonesia sudah menanti-nanti datangnya Gerhana Matahari Total. Tepatnya pada 9 Maret 2016 mendatang, sebanyak 12 provinsi akan mengalami fenomena alam langka yang hanya terjadi tiga ratus tahun sekali ini.

Kurangnya intensitas cahaya matahari tentu sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap bumi. Masyarakat cukup cemas dengan isu yang berkembang terkait gempa, perubahan cuaca, hingga perubahan iklim yang bisa saja terjadi setelah gerhana.

Namun benarkan gerhana matahari total berpotensi mempengaruhi kehidupan di bumi? Ternyata dampak Gerhana Matahari ini nantinya lebih kepada magnet bumi dan gravitasi. Apakah ini pertanda baik atau buruk? Berikut ringkasannya.

Ternyata gerhana yang tidak lama lagi akan terjadi ini tidak akan menimbulkan dampak langsung ke bumi. Hal ini dijelaskan Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V, Zem I dikutip dari beberapa media online.

Sebagian masyarakat ada yang mengaitkan dengan peristiwa alam yang belakangan terjadi dengan gerhana matahari ini. Seperti gempa bumi yang terjadi beberapa waktu lalu dan perubahan cuaca. Menurut Zem, Gerhana Matahari ini nantinya lebih kepada magnet bumi, gravitasi, tidak ada berpengaruh pada iklim.

Zem menambahkan, gerhana nantinya akan menyebabkan terjadinya peningkatan daya tarik matahari dan bulan terhadap bumi. Fenomena inilah yang menjadi satu-satunya dampak dari gerhana yang bisa dipelajari dan diteliti.

Zem menuturkan hal ini akan diamati dengan pengukuran gravitasi di suatu tempat secara berkelanjutan dan hasilnya akan dibandingkan nilai Bouguer Anomali (BA) jauh sebelum (1 bulan) dan sesudah (1 bulan) terjadi gerhana dengan nilai BA saat terjadi gerhana.

"Peristiwa terjadinya Gerhana Matahari Total akan menutup proses pemanasan dan ionisasi di lapisan ionosfer sehingga "arus ionosfer" terganggu, kejadian ini akan mengakibatkan gangguan medan magnet bumi," katanya lagi.

Pengujian bisa dilakukan dengan melakukan perbandingan terhadap magnet bumi yang dilalui gerhana matahari  dan  stasiun-stasiun geomagnet di luar lintasan gerhana. Jadi berdasarkan penjelasan tersebut, masyarakat diharapkan tenang terhadap fenomena yang sebentar lagi akan terjadi ini.  
Tag : Info Unik, Sains
0 Komentar untuk "Inilah yang Terjadi Pada Bumi Setelah Gerhana Matahari Total"

Back To Top