Inilah Sosok Penghuni Surga Paling Akhir - Kumpulan Info Unik

Inilah Sosok Penghuni Surga Paling Akhir

Menjadi penghuni surga tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Akan tetapi, untuk mendapatkan surga Allah SWT bukanlah sebuah perkara mudah. Ada banyak sekali godaan selama di dunia yang membayangi manusia dan justru menjerumuskannya ke dalam neraka.

Bagi mereka yang istiqomah berada di jalan Allah, maka ia akan menjadi penghuni surga dengan mudah. Namun untuk mereka yang masih saja melanggar perintah Allah maka akan terlebih dahulu di siksa di neraka baru akan diberi ampunan dan masuk ke dalam surga .

Tentu saja ada perbedaan perlakuan dari Allah SWT antara orang yang masuk surga paling awal dengan yang paling akhir. Mereka yang masuk surga paling awal akan mendapat keistimewaan yakni disambut oleh malaikat. Lalu bagaimana dengan penghuni surga paling akhir? Siapakah mereka? Berikut informasi selengkapnya.

Sosok penghuni surga yang paling akhir adalah seorang lelaki yang keluar dari neraka dalam keadaan merangkak. Pada awalnya ia adalah penghuni neraka dan telah disiksa di dalamnya, namun karena Allah adalah Dzat yang Maha Pengampun maka dimasukkanlah ia sebagai penghuni terakhir ke dalam surga.

Ibnu Mas’ud pernah bercerita tentang Rasulullah yang pernah berkisah kepada para sahabatnya tentang seorang penghuni neraka yang masuk paling akhir ke dalam surganya Allah SWT, yaitu “Aku mengetahui orang yang paling akhir keluar dari neraka dan paling akhir memasuki surga. Dia keluar dari api neraka sambil merangkak.” Allah SWT berkata “pergilah dan masuklah ke dalam surga” Setelah orang tersebut sudah bisa keluar dari jurang nerakanya.

Kemudian orang tersebut pun membayangkan pasti di dalam surga tersebut sudah penuh sesak dengan banyak orang yang sudah terlebih dahulu masuk ke dalam surganya. Lalu ia kembali menghadap kepada Allah SWT dan mengatakan ‘Ya Tuhanku, aku mendapati surga sudah penuh sesak dengan orang-orang.’ Dan Allah pun tetap menyuruhnya untuk pergi dan masuk kedalam surganya. Dengan merangkak menuju surganya Allah SWT, namun dalam benaknya tetap dengan kekhawatiran yang sama seperti yang telah ia katakan kepada Allah SWT yaitu sudah tidak ada tempat lagi disurga.

Lalu Allah SWT berkata, ‘Pergi dan masuklah ke surga, dan surga bagianmu luasnya sepuluh kali bumi.’ Dan orang tersebut pun merasa jika Allah SWT sedang mengejeknya karena mana mungkin seperti itu sambil berkata, Wahai Tuhanku, apakah Engkau mengejek dan menertawakan aku, sedangkan Engkau adalah Maharaja?’ melihat Rasulullah tertawa sampai gigi gerahamnya terlihat, setelah bercerita tersebut akupun merasa bingung. Lalu Rasulullah berkata, “Itulah kedudukan yang paling rendah bagi penghuni surga” (HR. Bukhari Muslim).

Rasuullah SAW bersabda: “Orang yang terakhir masuk jannah adalah orang yang setiap kali melangkah ia tersungkur dan dihanguskan oleh api neraka.”

Dan tatkala orang itu telah melewati neraka, dia menoleh ke arah neraka lalu berkata:

“Maha Suci Allah yang telah menyelamatkanku darimu, sungguh Dia telah memberiku sesuatu yang tidak pernah Dia berikan kepada orang lain dari umat yang pertama dan umat yang terakhir.”

Sesungguhnya ia merupakan manusia terendah dari penduduk surga lainnya. Akan tetapi, ia merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling beruntung dan tidak ada yang lebih beruntung darinya. Dia telah memperoleh keberuntungan yang hakiki karena telah diselamatkan dari neraka dan di masukkan ke dalam surga. Allah Ta’ala berfirman:

“Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (Q.SAli Imran: 185)

Demikianlah informasi mengenai sosok penghuni yang akan masuk surga paling akhir. Semoga kita masuk ke dalam surga tanpa harus merasakan pedihnya siksaan neraka terlebih dahulu. Maka dari itu, semoga tulisan ini bisa membuat kita semakin gemar beribadah dan senantiasa berada di jalan Allah SWT.
Tag : Info Unik, Islam
0 Komentar untuk "Inilah Sosok Penghuni Surga Paling Akhir"

Back To Top