Cara Mudah Agar Salat Fardu Diawal Waktu - Kumpulan Info Unik

Cara Mudah Agar Salat Fardu Diawal Waktu

Salat fardu merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan umat Islam. Pelaksanaannya sudah ditetapkan dan memiliki rentan waktu tertentu. Jika adzan sudah berkumandang, maka seorang mukmin diharuskan untuk segera mendirikan salat.

Sayangnya, melaksanakan salat tepat waktu bukanlah perkara mudah. Urusan dunia yang begitu sibuk mampu membuat seseorang mengabaikan panggilan dari Allah SWT ini. Tidak heran jika kemudian mereka kemudian salat di akhir waktu.

Keinginan untuk bisa salat tepat waktu tentu menjadi harapan setiap mukmin. Namun jika ini sudah menjadi kebiasaan, maka butuh waktu dan komitmen penuh untuk melaksanakannya. Lantas bagaimana cara mudah agar bisa salat fardu di awal waktu? Berikut ulasannya. 

1. Ingatlah Bahwa Lembah di Jahanam Menanti Pelaku yang Melalaikan Salat
Kebiasaan menunda salat menjadi penyebab utama seseorang salat pada akhir waktu. Hal ini sebaiknya dihindari karena membuat anda mengabaikan Allah. Namun yang lebih mengerikan lagi, meski tetap melaksanakan salat, namun kebiasaan menunda salat bisa menjerumuskan seseorang ke neraka.

Allah menjanjikan Ghayyu dan Wail yang nantinya menjadi tempat bagi mereka yang meninggalkan salat. Keduanya merupakan lembah-lembang di neraka jahanam.

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek), yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui “ghayyu“. Kecuali orang-orang bertaubat, beriman dan beramal shaleh, maka mereka akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikit pun.” (QS.Maryam:59-60).

“Maka wail-lah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS.Al-Maun:4-5)

Jadi jika sekiranya adzan sudah berkumandang, penuhilahterlebih dahulu panggilan Allah. Karena mudahnya mengabaikan panggilan ini, akan dibalas dengan siksaan yang begitu pedih.

2. Upayakan Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Awal
Salah satu alasan seseorang salat di akhir waktu adalah pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Jika salat terlebih dahulu, maka mereka kuatir pekerjaannya akan kacau dengan adanya jeda salat. Mereka berfikir menyelesaikan kerjaannya terlebih dahulu baru mendirikan salat.

Tanpa disadari waktu berjalan begitu cepat. Sehingga pekerjaan membuat kita melalaikan salat. Untuk itu, manage lah waktu dengan baik, yakni dengan menyelesaikan pekerjaan lebih awal. Dengan selesai di awal waktu maka akan dengan mudah mendirikan salat karena konsentrasi tidak lagi terkuras untuk pekerjaan.

3. Jauhkan Perangkat Teknologi Ketika Mendengar Adzan
Cara kedua agar bisa salat diawal waktu adalah menjauhkan perangkat teknologi ketika sudah mendengar adzan. Sering kali saat adzan kita masih sibuk dengan pekerjaan di laptop, komputer atau dengan perangkat gadget. Nah semua peralatan teknologi ini membuat candu sehingga ingin terus menyelesaikannya terlebih dahulu sehingga mengabaikan salat.

Jadi ketika adzan sudah berkumandang ada baiknya benda-benda tersebut dijauhkan dari pandangan. Ingatlah bahwa Allah SWT sudah sangat baik memberikan kesempatan kita untuk hidup, memberi rezki untuk membeli berbagai macam jenis gadget. Sehingga tidak layak bagi kita untuk mengabaikan-Nya.

4. Berdiri dari Tempat Duduk dan niatkan untuk Berwudhu
Ketika adzan berkumandang bersegeralah agar berdiri dan menjauhi tempat duduk dan berniat untuk berwudhu. Basuhan air wudhu ini diharapkan dapat memberika semangat kita untuk kemudian mendirikan salat. Tempat duduk yang sedang diduduki memang kerap membuat nyaman sehingga kita enggan untuk beranjak dari sana.

Maka ketika sudah mendengar adzan berkumandang, maka menjauhlah dari kenyamanan dunia yang hanya memberikan kebahagiaan sementara. Padahal ada cara meraih kehidupan yang kekal dan menuju kemenangan dengan mendirikan salat.

5. Segera Ambil Perlengkapan Salat
Setelah mempersiapkan diri dengan berwudhu, maka bersegeralah mempersiapkan perlengkapan salat. Bagi wanita bisa segera mencari mukena yang sebelumnya tersimpan, sedangkan bagi pria mengenakan peci atau sarung yang sudah disiapkan.

Jika sudah begini, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menunda salat. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Cara Mudah Agar Salat Fardu Diawal Waktu"

Back To Top