Ucapkan Doa Ini Agar Pahala Sedekah Menjadi Kekal - Kumpulan Info Unik

Ucapkan Doa Ini Agar Pahala Sedekah Menjadi Kekal

Sedekah menjadi ibadah sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ada banyak sekali keunggulan di balik amalan yang satu ini. Bahkan sedekah diperintahkan untuk dilakukan secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi, asalkan ikhlas demi mengharap ridha Allah SWT.

Bersedekah secara sembunyi-sembunyi akan menjauhkan diri dari sifat riya’. Namun jika dilakukan  secara terang-terangan juga tidak masalah karena bisa memotivasi orang lain dan niatnya semata-mata karena Allah Ta’ala.

Meskipun terlihat amalan yang mudah, ternyata Rasulullah SAW telah menganjurkan beberapa adab di saat hendak bersedekah. Tidak hanya Rasulullah, Aisyah binti Abu Bakar juga memberikan teladan untuk mengucapkan doa supaya pahala sedekah menjadi kekal. Doa apakah yang dimaksud? Berikut informasinya.

Bagi orang yang hendak bersedekah, ada sebuah doa yang dianjurkan untuk diucapkan. Aun bin Abdullah berkata, “Jika kamu memberi sedekah kepada orang miskin, kemudian dia berkata, ‘Semoga Allah Ta’ala memberkahimu’, maka ucapkanlah, ‘Semoga Allah Ta’ala memberkahimu.’” Lanjutnya menerangkan, “Agar sedekahmu bersih.”

Dikisahkan pada suatu  Abdurrahman bin Hubaib membawa makanan ke masjid. Di tengah jalan, ia bertemu dengan orang yang miskin. Maka, ia memberikan makanan tersebut kepada si miskin. Mereka yang menerima sedekah itu pun berkata, “Semoga Allah Ta’ala memberkahimu.” Kemudian, Abdurrahman pun membalas, “Semoga Allah Ta’ala memberkahi kalian.”

Ia pun melanjutkan dengan menyampaikan riwayat dari ‘Aisyah binti Abu Bakar, “Aisyah berkata, ‘Jika kalian bersedekah, lalu didoakan, maka jawablah doa itu sehingga pahala sedekah kalian kekal.’”

Tidak hanya itu, ada banyak adab yang ternyata telah dianjurkan oleh Rasulullah. Misalnya saja mereka yang bersedekah dilarang untuk menyebut-nyebut sedekah di depan penerima sedekah. Melakukan hal yang demikian bisa menyakiti hati penerima sedekah karena bisa membuatnya malu.
   
Selain itu, sangat tidak dianjurkan bagi pemberi sedekah untuk mengharapkan ucapan terima kasih dari orang yang menerima sedekahnya. Namun, apabila si penerima sedekah mengucapkan terima kasih dan mendoakan itu menjadi suatu kelebihan dan salah satu sunnah dari Rasulullah. Beliau pernah berpesan bahwa barang siapa yang tidak berterimakasih kepada manusia, maka ia tidak berterima kasih kepada Allah Ta’ala.

Demikianlah informasi mengenai doa yang bisa membuat pahala sedekah menjadi kekal. Semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah yang gemar bersedekah untuk jalan kebaikan dan Allah menerima sedekah tersebut dengan keridhaan. Dengan demikian, maka niscaya harta dan apapun yang disedekahkan akan diberkahi oleh Allah.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Ucapkan Doa Ini Agar Pahala Sedekah Menjadi Kekal"

Back To Top