Tujuh Kunci Kebahagiaan Dunia yang Buat Hati Lebih Damai - Kumpulan Info Unik

Tujuh Kunci Kebahagiaan Dunia yang Buat Hati Lebih Damai

Siapa yang menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya? Pasti semua orang akan tunjuk tangan untuk pertanyaan ini. Dari setiap usaha dan kerja keras seseorang, umumnya dilakukan untuk satu tujuan, yakni mencari kebahagiaan.

Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa defisini bahagia hanya dari segi materi saja. Misalnya kelimpahan harta, jabatan tinggi, dan lain sebagainya. Hingga pada akhirnya membuat mereka melakukan segala cara demi memperoleh apa yang diinginkan.

Padahal kenyataannya, kebahagiaan terlahir dari dalam hati. Tujuh hal berikut merupakan kunci datangnya kebahagiaan di dunia. Mendapatkannya pun cukup gampang dan tidak membutuhkan biasaya mahal? Apa saja? Berikut informasi selengkapnya.

1. Letaknya ada Dalam Hati yang Penuh Syukur
Kunci pertama untuk mendatangkan kebahagiaan dalam hidup adalah dengan memiliki hati yang penuh syukur. Orang yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang dilimpahkan oleh Allah SWT maka Allah akan menambah nikmat tersebut. Allah Ta’ala berfirman:

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka pasti azabKu sangat berat.” (QS: Ibrahim [14]:7).

Mungkin kebanyakan dari manusia yang sering lupa dan lalai untuk bersyukur. Namun Allah SWT tetap selalu memberikan pengampunan kepada hamba yang demikian. Hal yang perlu diingat adalah, jangan sampai kita ingkar dengan nikmat tersebut karena Allah akan mengazab kita dengan siksaan yang amat pedih.

2. Menjelma dalam Harta yang Halal
Kunci kebahagiaan yang kedua terdapat dalam harta yang halal. Itulah sebabnya sebagai kaum muslimin kita harus senantiasa menimbang baik buruknya segala sesuatu sebelum tersuap ke dalam lambung kita.

Apabila tenyata makanan yang dikonsumsi tersebut berasal dari harta yang haram makan hal tersebut dapat merusak kebaikan, menghanguskan berkah dan justru bisa mendatangkan siksa. Itulah yang menyebabkan kita harus senantiasa mencari harta yang halal agar Allah memberikan kebahagiaan lewat rezeki yang berkah.

“Dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu. Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Ankabut [29]:60).

3. Bahagia Karena Agama Menawarkan Sejuta Keselamatan

Kunci penjuru kebahagiaan selanjutnya yaitu bahagia karena agama menawarkan sejuta keselamatan. Islam merupakan agama yang terlahir dari pemahaman yang menghadirkan kedamaian. Dengan memiliki pemahaman yang demikian, maka Allah SWT akan senantiasa menghadirkan kesejukan dan kebahagiaan jasmani dan rohani yang luar biasa.

4. Umur yang Diberkahi
Tidak hanya sebatas harta saja, ternyata umur yang diberkahi juga bisa menjadi salah satu kunci datangnya kebahagiaan. Ketika seorang muslim menggunakan umurnya untuk melakukan segala kebaikan, penuh ketaataan, senantiasa menginfakkan hartanya di jalan Allah dan menjadikan surga sebagai tujuan hidupnya maka berkahlah umur orang tersebut.

“Maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan (adanya pahala) yang terbaik (surga), maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kebahagiaan.” (QS:Al-Lail [92]:5-7).

5. Pasangan yang Sholeh
Kunci datangnya kebahagiaan selanjutnya adalah pasangan yang sholeh. Setiap muslim tentu berharap akan mendapatkan pasangan yang sesuai dengan keinginan dan kriterianya. Namun, tidak semuanya bisa membawa kebahagiaan. Pasangan yang sholeh bisa membawa keluarga menuju surga Allah yang tentu saja membawa kebahagiaan. Allah SWT berfirman:

“…. Sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang…” (QS: An-Nur [24]:26).

6. Anak yang Menyenangkan
Selain pasangan, tenyata anak yang menyenangkan juga bisa menjadi kunci datangnya kebahagiaan dalam hidup. Tentu saja memiliki pasangan menjadi idaman bagi setiap orangtua.  Anak tersebut kelak akan menjadi sosok penyemangat hidupnya. Selain itu anak yang menyenangkan tersebut bisa menjadi penyejuk kala memandangnya, mendengar suaranya dan menghangatkan dalam peluknya. Tidak hanya membawa kebahagiaan di dunia, anak yang menyenangkan itu juga bisa mengalirkan pahala kepada orangtuanya karena jiwa Qur’ani dan cinta yang besar kepada Rabb-nya.

7. Lingkungan Madani
Kunci datangnya kebahagiaan terakhir adalah lingkungan madani. Lingkungan hidup juga sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Dengan adanya lingkungan yang baik, maka terbentuklah pribadi yang baik dan mendorong terciptanya kebahagiaan sesama di antara kaum muslim.

Demikianlah informasi mengenai tujuh kunci kebahagiaan di dunia yang harus diketahui oleh kaum muslim. Jangan menganggap bahwa kebahagiaan itu hanya berasal dari limpahan harta saja, namun banyak lagi faktor lainnya yang menjadi kunci pembawa kebahagiaan bagi setiap insan.
Tag : Info Unik, Islam
0 Komentar untuk "Tujuh Kunci Kebahagiaan Dunia yang Buat Hati Lebih Damai"

Back To Top