Ternyata, Inilah Tujuh Manfaat Wudhu Secara Medis - Kumpulan Info Unik

Ternyata, Inilah Tujuh Manfaat Wudhu Secara Medis

Wudhu merupakan suatu aktivitas ibadah yang dilakukan oleh seorang beriman untuk mempersiapkan diri ketika hendak shalat. Dalam pengertian lain, wudhu biasanya disebut sebagai proses membersihkan tubuh dari hadas kecil.

Berwudhu sebelum shalat memiliki hukum wajib bagi setiap muslim. Ternyata amalan yang satu ini tidak hanya bernilai ibadah dan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Akan tetapi, wudhu juga memiliki manfaat jika dikaji secara medis.

Sudah ada banyak penelitian-penelitian ilmiah terkait manfaat wudhu di bidang medis ini. Lalu apa saja manfaat kesehatan yang akan kita peroleh dari amalan ibadah yang satu ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Membersihkan Mulut dari Kuman

Manfaat pertama yang akan diperoleh dari wudhu tepatnya ketika berkumur-kumur adalah dapat membersihkan mulut dari kuman. Dengan berkumur ketika wudhu maka akan membebaskan mulut dari kuman-kuman yang secara permanen (tetap) berada di air liur, di atas permukaan gigi dan lidah serta di seluruh bagian mulut.

Tidak hanya itu, berkumur saat wudhu juga bisa menjaga mulut dari berbagai penyakit gusi dan radangnya, dari kerusakan gigi serta memperkuat otot-otot mulut dan wajah serta melindunginya dari infeksi saluran pernapasan.

Hasil analisa para ilmuan modern telah membuktikan bahwa dengan berkumur dpat menjaga mulut serta tenggorokan dari penyakit radang dan menjaga gusi dari luka. Tentu saja hal ini bisa membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut karena akan menghilangkan sisa makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi setelah makan.

Selain itu, juga dapat mencegah kerusakan gigi serta memperkuat otot-otot mulut dan wajah serta melindunginya dari infeksi saluran pernapasan. Manfaat lainnya adalah dapat menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya dan menjadikan jiwa seseorang menjadi tenang.

2. Membersihkan Hidung dari Kuman
Istinsyaq menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya memiliki manfaat secara medis untu membersihkan hidung dari kuman yang ada di dalamnya.

Orang yang senantiasa berwudhu dengan baik, maka hidung mereka akan benar-benar terbebas dari segala kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit serta mencegah kuman berpindah atau masuk ke dalam sistem pernapasan.

Berdasarkan hasil penelitian salah satu komite kongres antar Negara-negar Islam di Kairo mengungkapkan bahwa membersihkan hidung sebanyak 5 kali setiap wudhi dapat menjaga kenyamanan rongga-rongga hidung dari penyakit infeksi peradangan, sehingga dapat melindungi organ-organ tubuh dari serangan kuman yang bersarang dalam rongga hidung manusia.
   
3. Membersihkan dan Memberikan Kesegaran pada Kulit Wajah
Manfaat medis selanjutnya dari berwudhu adalah dapat membersihkan serta memberikan kesegaran dari kulit wajah. Hal ini tentu saja bisa diperoleh apabila melakukan gerakan wudhu yaitu membasuh wajah.

Dengan membasuh wajah tersebut akan membebaskan wajah dari kuman-kuman dan debu. Tidak hanya itu, manfaat lain yang akan diperoleh yakni terlindunginya kulit wajah dari infeksi bermacam-macam yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya. Selain itu, berwudhu juga bisa mengurangi depresi pada wajah, membantu peremajaan kulit, serta membantu kulit kita untuk bernapas.

4. Menghilangkan Sisa-Sisa Keringat di Permukaan Kulit
Menghilangkan sisa-sisa keringat di permukaan kulit menjadi manfaat medis selanjutnya dari wudhu. Membasuh kedua tangan serta wajah ketik berwudhu bisa menghilangkan sisa-sisa keringat yang menumpuk di permukaan kulit serta bisa membuat kulit dapat bernapas dengan baik.

Tidak hanya itu, membasuh wajah dan kedua tangan juga akan menghilangkan minyak dan lemak yang terdapat di kedua bagian tersebut disebabkan sekresi kulit. Hal ini tentu saja akan berdampak positif terhadap kondisi kesehatan tubuh seseorang.

Menurut pakar ilmuwan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh manusia melalui ujung jari yang dialiri air. Pada tangan sampai siku juga terdapat titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit pada dada, paru-paru, tenggorokan, lambung, dan anggota gerak lainnya. Selain itu, titik-titik tersebut juga bisa menghilangkan rasa cemas.

4. Membuat Otak Menjadi Lebih Jernih
Membasuh sebagian rambut ketika wudhu ternyata dapat membuat otak menjadi lebih jernih dalam berfikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut serta bisa terhindar dari penyakit pikun. Hal ini bisa terjadi karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.

5. Merangsang Titik Pendengaran dan Keseimbangan Telinga
Membasuh kedua telinga dalam gerakan wudhu berarti membersihkan telinga dari kotoran, debu dan kuman yang menempel pada daun telinga dan lekukan-lekukannya. Selain itu, membersihkan telingan juga bisa merangsang titik pendengaran dan keseimbangan telinga. Pada telinga juga terdapat titik-titik akupuntur.

Menurut penelitian cabang spesifikasi kedokteran di China mengungkapkan bahwa bentuk telinga bisa dipresentasikan sebagai tubuh manusia. Bentuk telinga ini sama dengan bentuk tubuh saat meringkuk ketika masih di dalam rahim ibunya. Kepalanya adalah bagian yang dipasang anting. Dalam lubang adalah tempat tersimpannya organ-organ tubuh bagian dalam.

Dengan membasuh telinga ketika berwudhu tentu saja akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ dalam. Adapun lingkaran luar menggambarkan punggung. Pemijatannya juga seolah menstimulasi punggung dan ruas-ruas tulang belakang.

6. Melindungi Kulit di Area Kaki dari Serangan Jamur
Membasuh kaki disertai pijatan ketika berwudhu ternyata bermanfaat secara medis untuk melindungi kulit area kaki dari serangan jamur. Tidak hanya itu, gerakan ini juga dapat mencegah datangnya berbagai penyakit kulit di area ini.

Pijatan tersebut juga bisa mengaktifkan kembali aliran darah di pembuluh darah di bawah kulit. Orang yang membasuh kaki sampai telapak kaki dengan air dapat memunculkan perasaan tenang dan nyaman ketika telah selesai wudhu. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tersebut terbebas dari bertumpuknya emosi psikologi yang buruk.

7. Membantu Sirkulasi Darah di Jemari Tangan dan Kaki

Manfaat medis terakhir dari berwudhu adalah membantu sirkulasi darah di jemari tangan dan kaki. Dengan membasuh dan melakukan pijatan badan jari tangan dan kaki ketika berwudhu secara teratur dapat memperkuat sirkulasi darah dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikianlah informasi mengenai tujuh manfaat wudhu secara medis. Begitu banyak faedah yang bisa diperoleh dari aktivitas ibadah ini. Oleh sebab itu, sebagai kaum muslim hendaknya senantiasa berwudhu ketika hendak beribadah kepada Allah SWT agar mendapatkan manfaat yang luar biasa tersebut.
2 Komentar untuk "Ternyata, Inilah Tujuh Manfaat Wudhu Secara Medis"

Back To Top