Inilah Orang yang Pertama Kali Diberi Pakaian Oleh Allah Saat di Akhirat - Kumpulan Info Unik

Inilah Orang yang Pertama Kali Diberi Pakaian Oleh Allah Saat di Akhirat

Mempercayai hari kiamat merupakan salah satu rukun yang harus dipenuhi kaum muslim. Kiamat merupakan hari berakhirnya semua kehidupan di semesta. Ini merupakan salah satu kepastian janji Allah yang tidak akan diingkari-Nya dan pasti akan terjadi.

Berbeda halnya dengan saat berada di dunia, saat di hari kiamat kelak hamba-hamba yang akan menghadap Allah SWT dikumpulkan dalam dalam keadaan tanpa menggunakan alas kaki, busana bahkan mereka juga tidak pula berkhitan.

Barulah setelah itu Allah akan memberikan pakaian yang mulia kepada orang shaleh, dan pakaian yang buruk untuk orang yang hidup tidak sesuai dengan perintah-Nya. Lantas siapakah orang pertama yang akan diberikan pakaian oleh Allah SWT saat di akhirat kelak? Berikut informasi selengkapnya.

Tenyata hamba Allah SWT yang diberi pakaian pertama kali saat di akhirat adalah adalah Nabi Ibrahim as. Rasulullah SAW bersabda Sesungguhnya, manusia yang pertama kali diberi pakaian di Hari Kiamat,” beber Nabi yang mulia, “adalah (Nabi) Ibrahim.” (Hadits shahih. Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 4371).

Ibn Hajar mengatakan:

Al-Baihaqi meriwayatkan hadis seperti itu dari jalur Ibn ‘Abbas dan menambahkan, “Dan orang pertama yang memakai pakaian dari surga adalah Ibrahim. Ia memakai hullah (pakaian yang menutup seluruh badan) dari surga. Dan sebuah kursi didatangkan dan dilempar dari sebelah kanan ‘Arasy dan diberikan kepadaku, lalu aku memakai hullah dari surga yang tidak diperuntukkan bagi orang lain.”

Adapun pakaiannya yang dikenakannya itu adalah pakaian yang ia pakai ketika meninggal. Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Mayit akan dibangkitkan dengan pakaian yang dikenakannya ketika mati.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Hibban dalam Shahih-nya. Hadits ini dinilai shahih oleh al-Albani dalam Shohiih at-Targhib wat-Tarhib, no. 3575)

Nabi Ibrahim merupakan nabi yang berjuluk Khalilullah dan bapak dari para Nabi serta utusan Allah SWT. Dari beliau telah lahir Nabi Ismail dan Nabi Ishaq, lalu berlanjut kepada Nabi Ya’qub, Nabi Yusuf, dan terus bersambung hingga Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagai penutup para Nabi dan utusan Allah Ta’ala.

Alasan terpilihnya Nabi Ibrahim menjadi manusia pertama yang diberi oleh Allah SWT pakaian saat di hari kiamat kelak adalah karena beliau merupakan manusia yang paling takut kepada Allah SWT di antara seluruh manusia yang ada pada saat itu. Maka dari itu ia segera diberi pakaian sebagai penghilang rasa takut itu agar hatinya menjadi tenang.

Alasan lainnya mengapa Nabi Ibrahim menjadi manusia pertama yang diberi pakaian oleh Allah SWT dinyatakan dalam hadist bahwa Nabi Ibrahim al-Khalil merupakan orang yang menggunakan celana shalat pertama kalinya.

Hal ini beliau lakukan karena khawatir kemaluannya akan menyentuh tempat shalatnya yang suci. Selain itu, Nabi Ibrahim juga selalu menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi laranganNya semasa beliau hidup.

Kemungkinan yang lain lagi adalah karena orang-orang yang melemparkannya ke dalam api telah menelanjangi dan melucuti pakaiannya di hadapan orang banyak, seperti yang biasa dilakukan terhadap orang yang ingin dibunuh. Sehingga, ia dibalas sebagai orang pertama yang berpakaian pada hari kiamat di muka umum. Alasan yang terakhir ini adalah yang terbaik. (Al-Qurthubi, at-Tadzkirah, h. 209).

Demikianlah informasi terkait orang yang pertama kali diberi pakaian oleh Allah SWT saat di akhirat kelak. Semoga informasi ini bisa menjadi fondasi yang baik dalam menjalankan syariat agama Islam. Semoga kita semua selalu berada di jalan Allah SWT dan senantiasa melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
Tag : Info Unik, Islam
0 Komentar untuk "Inilah Orang yang Pertama Kali Diberi Pakaian Oleh Allah Saat di Akhirat"

Back To Top