Delapan Perbuatan Orangtua yang Paling Ditakuti Anak - Kumpulan Info Unik

Delapan Perbuatan Orangtua yang Paling Ditakuti Anak

Anak merupakan karunia yang diberikan oleh Sang Pecipta. Ada banyak cara orangtua dalam mendidik dan mengasuh anaknya. Semua yang terbaik akan mereka lakukan demi membuat buah hatinya itu bahagia.

Namun tidak semua orangtua mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik. Ada yang mendidik dengan cara memberikan semua keinginannya hingga membuat si anak menjadi manja, dan ada pula menggunakan metode kekerasan yang membuat takut.

Ternyata, tidak hanya metode kekerasan saja yag menimbulkan ketakutan. Ada juga perbuatan orangtua yang ternyata paling ditakuti anak. Perbuatan apa sajakah itu? Berikut informasi selengkapnya.

1. Orangtua Bertengkar
Hal pertama yang membuat anak takut adalah ketika orangtuanya bertengkar. Tentu saja perbuatan ini harus dihindari, sebab ketika anak melihat orangtuanya bertengkar maka ia akan merekam kata-kata yang terlontar dari ayah atau ibunya tersebut.

Tidak hanya itu, pertengkaran yang diiringi dengan kekerasan juga dapat memberikan kesan tersendiri dalam hati anak. Mungkin banyak orangtua yang tidak menyadari hal ini, namun yang harus disadari adalah bertengkar di depan anak bisa menyebabkan anak tumbuh dalam tekanan batin. Selain itu, bisa juga merusak kesehatan mental dan membuat ia menjadi sosok yang dingin dan kesepian.

2. Orangtua Marah
Perbuatan orangtua selanjutnya yang membuat buah hatinya takut adalah ketika orangtua marah. Tanpa disadari, ternyata marah kepada anak dapat melukai hatinya. Dalam ketakutannya ia bisa saja menuruti apa kata orangtuanya.

Namun kebanyakan anak yang menangis ketika orangtua memarahi dirinya. Oleh sebab itu, hindarilah marah yang berlebihan kepada anak. Sebab hal ini bisa membuat anak menjadi enggan dekat dengan orangtuanya dan justru menjadi pribadi yang pendiam.

3. Cuek
Tidak hanya ketika marah, anak juga akan takut ketika orangtuanya cuek terhadap mereka. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orangtua yang cuek kepada anak cenderung memberikan dampak buruk bagi mental anak dan membuat masa remaja anak tersebut menjadi bermasalah.

Sebaiknya perhatikanlah anak sewajarnya, jangan berlebihan namun juga jangan terlalu cuek agar anak merasa dipedulikan. Dengan mencueki anak akan membuat hati mereka terluka, bahkan yang lebih parah bisa menyebabkan ia membenci orangtuannya sendiri.

4. Orangtua yang Tidak Jujur
Perbuatan orangtua selanjutnya yang membuat si anak takut adalah ketika orangtuanya tidak jujur. Seorang anak akan kehilangan kepercayaan terhadap orangtuanya, hal ini tentu saja bisa mengganggu perkembangan anak.

Orangtua yang tidak bisa memegang perkataannya akan membentuk sifat anak yang buruk. Mereka bisa menjadi sosok anak yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya itu, bisa juga si anak mengikuti prilaku tidak jujur orangtuanya tersebut. kebiasaan demikian bisa membuat mereka kehilangan banyak teman dan kesempatan.

5. Tidak Sabaran Menjawab Pertanyaan Anak
Masa kanak-kanak mungkin menjadi waktu anak aktif untuk bertanya tentang sekelilingnya. Namun, banyak juga orangtua yang tidak peduli dengan perkembangan anaknya tersebut. Mereka memilih cuek dalam menanggapi pertanyaan si anak, hal ini tentu saja akan menghilangkan antusiasme si anak untuk bertanya.

Namun banyak juga orangtua yang menjawab pertanyaan anak-anaknya. Akan tetapi karena rasa malasnya membuat orangtua tersebut memberikan jawaban yang salah. Perlu diketahui jawaban salah tersebut akan susah untuk diperbaiki dalam pikiran mereka.

Alangkah baiknya jika si anak bertanya ketika orangtua sibuk, maka ia kanlah pertanyaan tersebut dan beritahu dia jika anda tidak memiliki waktu untuk menjawab dan berjanji akan menjawab pertanyaan tersebut lain waktu.

6. Tidak Menerima Teman Sang Anak

Pada dasarnya orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Namun terkadang mereka tidak menyadari bahwa ada sikap yang membuat anaknya takut, salah satunya disebabkan masalah pertemanan.

Kebanyakan orangtua tidak menyukai atau menerima teman dari sang anak. Hal seperti ini seharusnya tidak dilakukan, sebab bisa membuat si anak takut untuk memperkenalkan teman mereka kepada orangtua. Ada baiknya sebagai orangtua harus menerima teman dari si anak, namun tetapi memantau pergaulan mereka dan menasihatinya jika salah bergaul.

7. Mengabaikan Kelebihan Anak
Setiap anak tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, mereka memiliki tingkat kepintaran yang berbeda-beda. Namun tidak semua orangtua memperdulikan hal tersebut, mereka cenderung mengabaikan kelebihan si anak. Oleh karena itu, hargailah kelebihan si anak, puji mereka dan dukung mereka untuk berkembangan dengan kelebihan masing-masing.

8. Menuduh Anak di Depan Tamu
Perbuatan orangtua terakhir yang membuat anak takut adalah menuduh anak di depan tamu. Tidak hanya takut, perbuatan orangtua yang demikian juga bisa menyebab si anak malu dan bahkan membenci orangtuanya. Selain itu, mengatakan betapa buruknya anak di depan orang banya bisa membuat si anak merasa bersalah

Demikianlah informasi mengenai delapan perbuatan orangtua yang paling ditakuti oleh anak. Ketakutan tersebut bisa membuat si anak berubah menjadi dingin, tegang dan tentu saja hal demikian dapat membuat keharmonisan dalam keluarga berkurang.
Tag : Keluarga
0 Komentar untuk "Delapan Perbuatan Orangtua yang Paling Ditakuti Anak"

Back To Top