Begini Kondisi Setan Saat Adzan Berkumandang - Kumpulan Info Unik

Begini Kondisi Setan Saat Adzan Berkumandang

Setan adalah musuh nyata manusia yang akan selalu menggoda kepada jalan yang sesat. Mereka akan melakukan berbagai cara agar keturunan Nabi Adam As bersamanya ke neraka pada hari kiamat kelak.

Setiap saat setan melakukan siasat jitu untuk menggoda manusia. Waktunya dihabiskan untuk membuat manusia melupakan Allah SWT. Namun ada waktu dimana setan berhenti menggoda bahkan lari tidak berdaya.

Yakni saat muadzin mengumandangkan adzan. Ternyata adzan bukan perkara sederhana bagi setan. Mereka akan mengalami kondisi buruk ketika panggilan salat ini diserukan. Seperti apa kondisi setan saat adzan berkumandang? Berikut ulasannya.

Adzan merupakan panggilan Allah untuk para hamba melaksanakan Ibadah salat lima waktu. Ini adalah panggilan umum yang  akan Allah perdengarkan kepada siapa yang Dia kehendaki dari makhluk-Nya, termasuk dari golongan setan.

Saat adzan dikumandangkan, setan melarikan diri bahkan sampai terkentut-kentut untuk menghindari diri dari mendengarkan adzan. Mereka begitu takut mendengar seruan tersebut.

“Apabila panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga dia tidak mendengarkan adzan lagi” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

“Apabila panggilan shalat dikumandangkan, maka setan akan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut hingga ia tak lagi mendengar (suara) adzan tersebut...” [HR. Darimi No.1178].

Syaikh Majdi Abdul Wahab Al Ahmad dalam Syarah Hisnul Muslim mengatakan, setan menganggap bahwa adzan merupakan sesuatu yang begitu besar dan sangat menakutkan. Ketakutan dan ketegangan yang dialami menyebabkan persendian menjadi kendur sehingga tidak bisa menguasai dirinya. Saluran seni dan kotoran menjadi terbuka, hingga bisa mengompol atau terkentut.

Lalu mengapa setan begitu ketakutan ketika mendengar adzan. Pasalnya seruan azan berisi kalimat tauhid dan syiar-syiar Islam. adzan adalah suara keras yang berisi dzikrullah 'Azza wa Jalla dan hal itu menyakitkan bagi setan. Ketika itu, mereka putus asa sehingga lari dan menjauh dari manusia. Ketika mendengar seruan kebaikan ini,  setan dibebani kewajiban untuk meyakini dan menjalankan kandungan seruan kebaikan tersebut.

Alasan lain yang membuat setan lari terbirit- birit adalah karena mereka tidak mau menjadi saksi atas muadzin yang mengumandangkan adzan. Nabi dalam sabdanya mengatakan bahwa semua benda baik kering maupun basah nantinya akan menjadi saksi bagi muadzin yang mendapat keutamaan pada hari kiamat.

“Tidaklah adzan didengar oleh jin dan  manusia, batu dan pohon, kecuali mereka akan bersaksi untuknya.” (HR Abu Ya’la)

Namun jangan senang dulu, karena setelah adzan selesai setan akan kembali lagi dengan cepatnya menggoda manusia. 

“...Maka apabila adzan telah selesai dikumandangkan ia akan kembali, & apabila iqamah dikumandangkan setan akan segera berpaling, jika iqamah telah selesai dikumandangkan ia akan kembali lagi (untuk mengganggu manusia) hingga ia membersitkan dalam hati seseorang dgn mengatakan 'Ingatlah hal ini & itu' dari hal-hal yg sebelumnya tak ia ingat. Abu Muhammad berkata; Tsuwwiba maksudnya adl didirikan. [HR. Darimi No.1178].

Jadi setelah mendengarkan adzan Umat Islam sebaiknya langsung bergegas mendirikan salat. Hal ini untuk menghindari godaan setan yang lebih dasyat lagi.  Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Islam
21 Komentar untuk "Begini Kondisi Setan Saat Adzan Berkumandang"

“Apabila panggilan shalat dikumandangkan, maka setan akan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut hingga ia tak lagi mendengar (suara) adzan tersebut...” [HR. Darimi No.1178].--

PERTANYAAN :
APA BENAR SETAN BISA KENTUT ???
KENTUT DIHASILKAN DARI PROSES METABOLIME MAKANAN YANG MENGANDUNG UNSUR GAS, DAN BISA JUGA KEMUNGKINAN KARENA PROSES MASUK ANGIN KEMUDIAN DIKELUARKAN LAGI MELALU KENTUT,,
PERTANYAANNYA , APA YANG DIMAKAN TELAH OLEH SETAN SEHINGGA DIA BISA KENTUT ?? APAKAH SETAN JUGA MEMILIKI PENCERNAAN SEPERTI MANUSIA ?????

RASANYA HADITS ITU BERTENTANGAN DENGAN ILMIAH...

kata terkentut-kentut itu jangan diartikan secara harfiah, itu kata khiasan yang menggambarkan ketakutan setan yang teramat sangat saat dia mendengarkan Adzan

pertanyaan anda begitu retorika sob.
Jin juga makhluk Allah, dia bisa makan, minum, membisiki, beranak pinak, tahta/pangkat/derajat, dsb. yg umumnya terbalik maupun bertentangan dgn siklus kehidupan & keilmiahan manusia.


jadi teringat seseorang yg mempertanyakan apakah jin punya mulut & pita suara sehingga dia bisa membisiki manusia. apakah jin punya sistim reproduksi sehingga dia bisa beranak-pinak? dan semua itu adalah pertanyaan retorika belaka sob.

Semoga bermanfaat, Sekian dan terima kasih.

Bagai mana anda tau kalo itu bertentangan? secara ilmiah juga belum ada fakta kalo jin tidak bisa kentut. masi ambigu... bisa benar bisa tidak.... jadi argumentasi anda sangat lemah dan runtuh, sebaiknya anda melakukan penelitian ilmiah mengenai apakah setan bisa kentut, dari hasilnya baru anda bisa bilang bertentangan....

mohon dicek kembali di Al-Quran tidak ada tata cara berazan seperti yg biasa dikumandangkan, tata cara sholat, tata cara behaji tata cara puasa...apalagi setan tentut... kecuali ada di baca di segala macam hadis yg saling bertentangan... mungkin kita lupa klo Al-Quran itu firman Tuhan yang sempurna dan Allah MAHA BESAR... Mukinkah ALLAH Lupa mencantumkan hal yg penting ini ?????? jawabannya tidak mungkin!!!! Roshullah hanya mewariskan Al-Quran zaja bro.. jika kebanyakan ulama menyarankan baca hadis sebagai panduan hidup muslim, maka artinya ALLAH tidak MAHA BESAR, batal karena dibantu yg namanya berbagai macam hadis...

saya setuju , penelitian bpk kurang memadai, mohon di cek&ricek di Al-quran tidak ada redaksi yg menerangkan seperti itu . hal ini sangat bententangan sekali dg posisi rosullah hanya memberitakan sebatas di kitap suci saja

ente tidak tau apa2 karna sy yakin ente bukan muslim.

hadist itu tuntunan hidup umat muslim dari Allah melalui Rosulululloh Solallahu alaihi wasalam wahai saudaraku,dan tata cara adzan, sholat, haji, puasa, semua diatur detil sekali oleh Allah langsung melalui Rosululloh solallahi alaihi wasalam. so..apa hubungannya sama Allah tidak maha besar..? dan saya peringatkan, saat anda belajar islam untuk menyerang islam.. maka ingatlah..dalam jangka waktu dekat saya akan bilang ke anda.. welcome my brother moslem... percayalah.. :)

Semua yang keluar dari lisan Nabi Muhammad shalallahu wa alaihi wassalam sumbernya hanya satu, yaitu Allah.
Jadi tidak ada alasan untuk tidak percaya.

Lebih parah lagi..apa benar MANUSIA BERUBAH MENJADI TUHAN..???? jangan dipikir secara ILMIAH..MASUK AKAL JG JAUH!! Itu Hadist..Ikuti saja..krn Hanya orang2 yang diberi kemampuan hebat oleh ALLAH SWT yang dapat melihat jelas keadaan setan pada waktu mendengar adzan.. dan setiap adzan subuh..saya sering sekali mendengar lolongan Anjing bersaut-sautan.dan setelah adzan berhenti..lolongan itu pun berhenti

Menurut saya pada dasarnya metafisik dan ilmiah tidak bisa digabungkan, itu sesuatu yg berbeda kajian, bahkan banyak filsuf yg "gila" dibuatnya karena membahas metafisik dg dalam. Dan soal pertanyaan apakah jin ada? Dan apakah punya telinga atau yg lainya? Apakah bisa berbicara?dll. Peetanyaan tsb sama dg "bagaimana wujud rasa sakit?", "apa itu cinta". Anda tidak bisa mnjlaskanya dg ilmiah, tetapi anda bisa merasakanya. So.. metafisika dan ilmiah tidak bisa gigabungkan. Sedikit info. .

Tuhan memerintahkan kita untuk percaya pada yang Ghaib

Dari sini bisa diambiL kesimpuLan, dan peringatan bagi yg shoLatnya ditunda-tunda. . . ApaLagi shoLat beLakangan godaan syetan Lebih besar

Betul alquran memang firman allah swt. tpi kita harus berpatokan kepada alquran dan hadist. Hadits adalah segala perkataan (sabda), perbuatan dan ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama Islam. Hadits dijadikan sumber hukum dalam agama Islam selain Al-Qur'an, Ijma dan Qiyas, dimana dalam hal ini, kedudukan hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an. jadi kalau mau belajar tentang agama islam harus ada gurunya dan berhati hatilah sekarang banyak yang mengaku habib.wali atau pun nabi. pintar2 kita saja memilihx x. salam cinta saya asslamualaikum

Maaf sob, al quran itu kitab suci yg di dalamnya penuh mengandung makna, yang hanya orang-orang yang berakal yang mengerti maknanya
Banyak ilmuan-ilmuan muslim yang bisa memahami sedikit makna dari al quran, yang kemudian ilmunya bisa berguna dan menjadi amal jariah buat mereka

Hemmm...
Pelajarilah Islam...
Tapi jangan untuk menyerang sesama Islam...
Janganlah jadi Islam KTP...
Ngakunya Islam tapi ilmunya sejengkal...

BENTENGI DIRI DENGAN IMAN, TOLAK AJARAN ISLAM -> LIBERAL , SYI'AH, AHMADIAH, GAFATAR DAN AQIDAH ISLAM SESAT LAINNYA YG BERKEMBANG DI INDONESIA YG TIDAK SESUAI DENGAN AL-Quran, Sunah,hadist dan yang mencela ahlusunah waljamaah. JadiLAH PEJUANG TAUHID !!! TEGAKKAN AMAL MA'RUF NAHI MUNKAR !!! TAKBIR!!!

Alqur'an dan alhadist adalah pedoman umat islam. Kalo kita tidak percaya hadist itu sangat disayangkan

saudaraku,buat apa ditanggapi akun nggak jelas itu.. berdebat sama orang bodoh sungguh sia2..

Maksudnya begini.. kita tidak berbicara metafisik atau ilmiah.. itu bahasa istilah yg makin susah dimengerti atau bahasa pembodohan..sekarang kita bicara yg gaib sama yg nyata..
Anda pahami nyawa dan tubuh.. ruh dan jasad...itu dasarnya..

Back To Top