Lima Langkah untuk Jadi Muslim yang Kuat Godaan - Kumpulan Info Unik

Lima Langkah untuk Jadi Muslim yang Kuat Godaan

Hidup merupakan sebuah anugerah yang diperoleh manusia. Itulah sebabnya, manusia harus mampu menjalani hidup tersebut dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang tentu akan mengalami cobaan dan godaan.

Allah SWT akan menguji umat-Nya lewat cobaan dan godaan kehidupan. Bagi muslim yang beriman, maka hal itu akan mendekatkan diri kepada Allah. Akan tetapi, bisa lemah iman orang tersebut maka hal yang akan terjadi adalah semakin menjauhnya diri dari Sang Pencipta.

Ditambah lagi kemajuan zaman semakin pesat membuat muslim harus menghadapi cobaan dan godaan yang kian besar. Oleh sebab itu, kita harus membekali diri agar menjadi muslim yang kuat godaan. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

1. Akui Kesalahan dan Berhenti Saling Menyalahkan
Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menjadi muslim yang kuat godaan adalah dengan mengakuai kesalahan dan berhenti untuk saling menyalahkan satu sama lain. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah berbuat kesalahan.

Bahkan di antara mereka ada yang menyangkal tidak melakukan kesalahan tersebut. Padahal sebenarnya untuk menjadi seorang muslim yang kuat itu harus berani mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuatnya itu. Sehingga ke depannya ia bisa belajar dan menghindari segala sesuatu yang dapat merusak keimanan dan tidak mudah tergoda dengan bujuk rayu syetan untuk melakukan kemaksiatan.

2. Selalu Mengendalikan Diri
Hal yang pastinya wajib untuk dilakukan agar kuat dari segala macam adalah selalu mengendalikan diri. Dengan selalu mengendalikan diri, berarti kita sudah menutup celah syetan untuk masuk ke dalam tubuh dan menggoda keimanan kaum muslim.

Selain itu, dengan mengendalikan diri juga dapat mengembangkan intelektual, emosional dan potensi diri selangkah optimal. Ada banyak langkah yang dapat dilakukan untuk mengendalikan diri, salah satunya adalah dengan membentengi diri lewat bacaan Al-Qur’an. Melakukan hal tersebut sepanjang hari tentu bisa membuat keimanan kita menjadi semakin kuat dalam menghadapi segala situasi dan godaan.

3. Tetapkan Tujuan
Tidak hanya mampu mengendalikan diri, ternyata untuk bisa menjadi muslim yang kuat menahan segala godaan diperlukan juga baginya menetapkan tujuan. Orang yang ragu-ragu dalam menjalani kehidupan biasanya akan lebih mudah digoda oleh syetan.

Oleh sebab itu, penting bagi seorang muslim untuk menetapkan tujuan guna menghindari keraguan. Selain itu, menetapkan tujuan juga berfungsi untuk menyakinkan diri kembali dengan apa yang hendak dicapai dalam hidup. Setelah menetapkan tujuan, mulailah melangkah untuk meraih tujuan tersebut dengan langkah-langkah yang baik dan sesuai dengan syariat Allah SWT.

4. Berzikir
Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjadi muslim yang kuat godaan adalah dengan berdzikir. Dzikir membuat kita senatiasa mengingat dan dekat dengan Allah SWT. Jika kita jarang mengingat Allah lewat dzikir, maka syetan akan lebih mudah menguasai tubuh dan menggoda kita untuk melakukan kemaksiatan.

Ada banyak keutamaan yang akan diperoleh orang yang gemar berdzikir, salah satunya adalah membawa muslim ke dalam bimbingan dah berkah Allah SWT. Lewat dzikir ini akan menjauhkan manusia dari perbuatan maksiat, karena ia yakin bahwa Allah mengetahuai segala yang diperbuatnya. Tidak hanya itu, dengan banyak berdzikir, Allah SWT juga akan mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan dan membawanya ke cahaya Ilahi.

5. Lakukan Segala Sesuatu karena Mengharap Ridha Allah SWT

Langkah terakhir yang harus dilakukan agar menjadi hamba Allah yang kuat godaan adalah senantias melakukan segala sesuatu karena mengharap ridha dari Allah SWT. Harus selalu diingat, apapun yang kita kerjakan selama di dunia ini harus dibarengi dengan niat untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT. Dengan demikian akan menghindarkan kita dari segala tindakan yang telah dilarang oleh Allah.

Demikianlah informasi mengenai lima langkah untuk menjadi muslim yang kuat godaan. Terapkanlah dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari godaan syetan. Selain itu, langkah di atas juga bisa menambah kualitas keimanan seorang muslim.
Tag : Islam
1 Komentar untuk "Lima Langkah untuk Jadi Muslim yang Kuat Godaan"

terimakasih, ilmu yang bermanfaat :)

Back To Top