Inilah Empat Golongan Manusia yang Dirindukan Surga - Kumpulan Info Unik

Inilah Empat Golongan Manusia yang Dirindukan Surga

Surga merupakan tempat terindah yang dijanjikan bagi umat yang beriman dan bertaqwa Allah SWT.  Di dalamnya berisi kenikmatan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Namun tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat mulia ini.

Hanya bekal berupa amal kebaikan saja yang bisa mengantarkan manusia untuk sampai ke sana. Tempat ini menjadi tujuan akhir dari kehidupan yang begitu dirindukan oleh mukmin yang beriman.  Ternyata tidak hanya manusia saja merindukan surga.

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa surga juga rindu untuk dimasuki manusia dengan kriteria ini. Sungguh sebuah kebahagiaan hakiki jika termasuk dalam golongan yang dirindukan surga. Lantas siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Orang yang Senantiasa Membaca Al-Qur’an
Golongan pertama yang dirindukan oleh surga ialah mereka yang senantiasa membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi umat manusia. Bahkan begitu besarnya pahala orang yang membaca Al-Qur’an, sehingga setiap huruf yang dibaca Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

'abdullah bin mas'ud ra. Berkata: pelajarilah al qur an ini karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk aliflaammiim akan tetapi untuk alif,laam,miim setiap hurufnya 10 kebaikan. )* Atsar riwayat Ad-darimy dan disebut kan dalam kitab silsila al hadits As shahihah no 660

Nampaknya wajar apabila surga merindukan orang yang senantiasa membaca Al-Qur’an. Sebab sejak di dunia saya mereka sudah diberikan Allah ketenangan bathin, kasih sayang-Nya, kecintaan-Nya, kemuliaan dan selalu dingat oleh-Nya.

2. Orang yang Menjaga Lidah
Golongan yang kedua yaitu mereka yang selalu menjaga lidahnya. Lidah memang merupakan bagian tubuh yang tidak bertulang akan tetapi ia lebih tajan dari sebilah pedang. Bahkan ada dampak sangat luar biasa yang bisa ditimbulkan oleh lidah, seperti bisa menyebabkan pertengkaran antar suami istri, antar kelompok bahkan antar bangsa.

Bahkan perkataan negatif yang berasal dari lidah bisa membuat orang menjadi sengsara, melenyapkan pahala kebaikan yang telah dilakukan seperti api memakan kayu bakar dan bahkan bisa membuat puasa jadi hampa sia-sia.

Orang yang mampu menjaga lidahnya, tidak akan menyakiti orang lain dengan bahasa yang digunakan. Ia akan sangat berhati-hati dalam berkata agar tidak menyinggung perasaan orang lain. Apabila kita mampu menjaga lidah, begitu banyak kenikmatan yang akan diperoleh. Manfaatkanlah karunia Allah yang telah dilimpahkan kepada manusia, seperti untuk berdakwah, menyambung silaturahmi, bertilawah serta berdoa.

3. Pemberi Makan Orang yang Kelaparan
Golongan selanjutnya yang juga dirindukan oleh surga adalah pemberi makan orang yang kelaparan. Allah SWT adalah Dzat Maha Pengasih dan Penyayang yang memberikan balasan atas sekecil apapun amalan kebaikan yang dilakukan oleh umat-Nya.

Apabila kira memberikan minum kepada saudara kita yang kehausan, maka Allah akan memberi kita minum pada hari kiamat nanti disaat orang-orang sedang dilanda dahaga, Bila kita memberi makan kepada saudara kita yang sedang kelaparan, niscaya Allah akan memberi kita makan di saat orang-orang kelaparan pada hari akhir nanti

Bila kita memberi pakaian kepada saudara kita didunia ini, niscaya Allah akan memberi kita pakaian yang indah disaat orang-orang telanjang pada hari perhitungan nanti, bila kita memudahkan urusan saudara kita yang sedang kesulitan dan dihimpit permasalahan, yakinlah bahwa Allah akan memudahkan urusan kita sejak didunia ini. Pertolongan Allah akan datang kepada seorang hamba manakala sang hamba menolong saudaranya.

“Dari Abu Sa'id Al Khudry ra. Bahwa Rasulullah saw bersabda: Siapa saja orang islam orang islam yang memberi pakaian kepada orang islam. Niscaya Allah akan memberikannya pakaian dari hijaunya surga. Dan siapa saja orang islam yang memberikan makan kepada orang islam yang kelaparan, niscaya Allah akan memberikan nya buah-buahan surga. Dan siapa saja orang islam yang memberikan minum kepada orang islam yang kehausan,niscaya Allah akan memberikan nya mimuman suci yang tertutup.” ( HR. Abu Dawud)

4. Golongan yang Berpuasa di Bulan Ramadhan
Golongan terakhir yang dirindukan oleh surga adalah mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan. Di bulan yang mulia ini tidak hanya dipenuhi oleh berkah, rahmat dan ampunan dari Allah saja. Akan tetapi, Allah juga menjanjikan kepada kita pembebasan daru panas api neraka.

Hal ini terkhusus bagi mereka yang berpuasa, dan menghidupkan malamnya dengan shalat, qiro'at dan kholwat serta ibadah apapun dengan hanya mengharap ridho-Nya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, karena iman dan ikhlas, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari Muslim)

Demikianlah informasi mengenai empat golongan manusia yang dirindukan oleh surga. Maka lakukanlah setiap amalan-amalan kebaikan dan jadilah pribadi yang jauh lebih baik lagi agar kita termasuk ke dalam golongan yang dirindukan oleh surga Allah SWT.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Inilah Empat Golongan Manusia yang Dirindukan Surga"

Back To Top