Bekal 3 M yang Harus Dimiliki Seorang Istri - Kumpulan Info Unik

Bekal 3 M yang Harus Dimiliki Seorang Istri

Wanita memang ditakdirkan untuk menjadi seorang istri dan ibu. Akan tetapi, menjalankan kedua peran tersebut dalam satu waktu bukanlah perkara mudah. Sebab,  selalu saja ada masalah yang akan menguji sebuah keluarga.

Meskipun awalnya rumah tangga berjalan aman dan tentram, namun sewaktu-waktu Allah bisa saja memberikan ujian kepada mereka. Oleh sebab itu, ketika tertimpa masalah sangat diperlukan akidah yang kuat sebagai pondasi agar tidak goyah.

Peran istri tentu saja sangat berpengaruh di dalam penyelesaian setiap masalah. Itulah penyebabnya, menjadi istri dan ibu harus dibarengi dengan bekal yang baik. Ternyata ada bekal 3M yang harus dimiliki oleh istri untuk menjalankan rumah tangga. Apa itu 3M? Berikut informasi selengkapnya.
1. Mujahidah
Bekal pertama yang harus dimiliki oleh seorang istri dalam menjalani rumah tangga adalah mujahidah. Mujahidan sendiri memiliki arti bentuk seorang wanita yang mengedepankan semangat untuk rela berkorban.

Maksudnya adalah wanita tersebut harus rela mengorbankan segalanya demi keutuhan rumah tangga yang dibina bersama sang suami. Baik itu berkorban dalam urusan waktu, tenaga, pikiran dan lain sebagainya. Untuk bisa mengorban itu semua tentu dibutuhkan semangat yang ekstra agar bisa menghadapi segala ujian yang menimpa.

Tidak hanya itu, di dalam menyelesaikan masalah rumah tangga juga dibutuhkan rasa sabar. Mungkin hal tersebut akan sulit dilakukan apabila si istri tidak mau berkorban untuk mengalah. Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

Selain itu, keikhlasan serta ketulusan hati juga dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah rumah tangga agar segala keputusan yang pilih nantinya tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

2. Mujtahidah
Bekal M yang kedua yaitu Mujtahidah. Mujtahidah ini memiliki arti sebagai wawasan yang luas. Mengapa dibutuhkan bekal wawasan yang luas? Jawabannya adalah wawasan yang luas tersebut berguna ketika wanita itu berumahtangga kelak  dalam mengurus segala sesuatu terkait suami dan anak-anaknya,

Jika si wanita tidak mempunyai wawasan yang luas atau belum cukup ilmunya untuk menjalankan sebuah rumah tangga, tentu saja rumah tangga tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Contohnya saat dilanda masalah atau ujian, jika si wanita tidak memiliki wawasan bagaimana cara menyelesaikannya tentu saka ia akan lebih cenderung mengambil keputusan mengikuti hawa nafsunya saja.

Lain halnya apabila wanita tersebut memiliki wawasan yang luas. Ketika ia dan keluarga dihadapkan dengan sebuah masalah, ia cenderung mengambil keputusan dengan menimbang baik buruknya keputusan tersebut di kemudian hari.

3. Mujaddidah

Bekal M yang terakhir yaitu Mujaddidah. Maksud dari mujaddidah adalah ia akan selalu berupaya sekeras mungkin untuk mengubah kondisi keluarganya. Entah itu dalam hal keuangan ataupun akhlak dari si anggota keluarga. Sehingga keluarga yang dibinanya tersebut akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah sesuai yang diharapkan.

Demikianlah informasi mengenai Bekal 3M yang harus istri miliki untuk menjalankan sebuah rumah tangga. Bekal tersebut tentu saja sangat diperlukan agar terbina rumah tangga yang harmonis dan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT.
Tag : Islam, Keluarga
0 Komentar untuk "Bekal 3 M yang Harus Dimiliki Seorang Istri"

Back To Top