9 Ciri Lelaki Sholeh Idaman Muslimah - Kumpulan Info Unik

9 Ciri Lelaki Sholeh Idaman Muslimah

Setiap wanita muslimah tentu menginginkan lelaki sholeh untuk dijadikan sebagai pasangan hidup. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat penting, sebab semua orang tentu ingin mendapatkan yang terbaik bagi kehidupannya.

Rasulullah SAW merupakan sosok suami sholeh yang bisa dijadikan sebagai panutan bagi seluruh lelaki di dunia ini. Semua perlakuan beliau terhadap istri-istri dan juga keluarganya adalah sebaik-baiknya perlakuan yang harus ditiru oleh lelaki sholeh dimanapun juga.

Untuk kaum muslimah yang sedang mencari pasangan hidup, carilah lelaki sholeh yang bisa membimbing keluarga untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini adalah sembilan ciri lelaki sholeh yang menjadi idaman para muslimah.

1. Kuat Amalan Agamanya dan Bagus Akhlaknya
Ciri lelaki sholeh pertama yang menjadi idaman para muslimah adalah ia yang kuat dalam melaksanakan amalan agamanya serta bagus akhlaknya. Lelaki yang memiliki ciri ini selalu menjaga shalat fardhunya dengan baik. Bahkan mereka juga sering berjamaah dan menjadi imam yang baik di rumah dan lingkungannya.

Pengetahuan tentang agama yang dimiliki istri melebihi istrinya. Hal itu membuat dirinya bisa mengajarkan istri, anak dan keluarganya serta bisa menjadi tempat bertanya bagi masyarakat sekitar. Sehingga lelaki sholeh demikian ini akan mengantar istri dan keluarganya dalam kebahagiaan dunia dan akhirat.

2. Penyantun dan Pengayom
Ciri selanjutnya adalah lelaki yang penyantun dan pengayom. Tipe lelaki seperti ini akan senantiasa berusaha agar istrinya hidup dalam berkecukupan dan tidak pernah merasa selalu khawatir akan menghadapi kesulitan hidup.

Ia akan selalu memastikan keluarganya dalam keadaan baik-baik saja dan membuat mereka merasa terlindungi dengan kepemimpinannya sebagai kepala keluarga. Tidak hanya itu, suami dengan tipe seperti ini juga selalu meletakkan beba istrinya ke tempat yang sangat rendah.

Ia tidak pernah segan untuk menolong pekerjaan istrinya walaupun itu adalah pekerjaan rumah tangga. Ia juga selalu berusaha untuk menempatkan istrinya sebagai wakil keluarga sehingga diharapkan sang istri akan nyaman untuk menyeleseaikan tugas dan urusannya dengan baik.

Rasulullah SWT sendiri merupakan sosok suami yang senantiasa mengayomi keluarga dan memberikan panutan pada umatnya. Seperti yang dikisahkan oleh Aisyah ra saat ditanya oleh sahabat mengenai apa yang dilakukan Rasulullah saat berada di rumah. Ia menjawab: “Beliau saw sebagaimana layaknya manusia pada umumnya, menjahit terompahnya, menambal pakaiannya, memerah susu kambingnya dan mengerjakan apa yang biasa dikerjakan oleh lelaki. Baru jika waktu shalat tiba, beliau keluar rumah.” (HR. Bukhari)

3. Berwibawa dan Pemurah
Tidak hanya penyantun dan pengayom, seorang suami sholeh yang menjadi idaman para muslimah juga harus memiliki ciri berwibawa dan pemurah. Ia tidak pelit dalam memberikan apa yang dibutuhkan oleh anak dan istrinya. Dengan penuh tanggung jawab ia akan mencari nafkah hanya untuk kebaikan keluarganya.

Meskipun ia suami tipe ini jauh dari kata pelit, akan tetapi ia juga selalu berusaha untuk bersikap berwibawa di mata keluarganya. Hingga istri dan anak-anaknya menjadi hormat dan segan padanya.

4. Ksatria di Luar Namun Lemah Lembut saat Berada di Tengah Keluarga
Ciri selanjutnya adalah lelaki yang memiliki keras di luar akan tetapi memiliki kelembutan saat berada di tengah keluarganya. Suami yang memiliki sifat ini rela untuk menentang kerasnya kehidupan dengan cara membanting tulang demi membuat keluarganya bahagia.

Ia selalu bersikap lugas, jujur dan tidak mau berkhianat untuk menafkahi keluarga. Akan tetapi setelah sampai di rumah, ia akan berlaku lembut kepada anak dan istrinya tersebut. Ketika di rumah, ia akan menjadi sosok ayah yang peyayang dan pelindung bagi keluarganya.

5. Tegas Mempertahankan Jati Dirinya dan Kuat Pendirian
Apabila suami tidak memiliki pendirian yang kuat dan juga tidak tegas dalam menghadapi suatu masalah, maka keluarga yang dia pimpin itu akan mengalami kegoyahan. Oleh sebab itu, banyak wanita yang menginginkan memiliki suami yang memiiliki ketegasan dan kuat dan berpendirian agar keluarga yang dibinanya itu menjadi aman dan nyaman.

6. Bersikap Sabar dan Pemaaf
Suami sholeh yang menjadi idaman muslimah selanjutnya adalah ia memiliki sifat sabar dan pemaaf. Seorang suami tentu saja harus memiliki sikap sabar dalam menghadapi anak dan istrinya. Jika memilikii suami yang tidak pemarah dan selalu bisa memaafkan kesalahan keluarga serta istrinya, maka ia adalah sosok suami teladan.

7. Bersikap Amanah
Tidak hanya harus memiliki sikap sabar dan pemaaf, akan tetapi setiap suami sholeh haruslah memiliki sikap amanah. Lelaki tipe ini tidak akan megabaikan tugas yang diberikan dan tidak akan menyalahgunakan kekuasaan juga kedudukannya yang bisa saja menghancurkan keluarga seperti dengan melakukan korupsi, penggelapan keuangan dan lain sebagainya. Akan tetapi, lelaki seperti ini akan bersikap amanah apabila diberikan suatu tanggung jawab.

8. Mampu Memimpin dan Mendidik Anak serta Istri
Ciri selanjutnya yang dimiliki orang seorang lelaki sholeh adalah ia mampu memimpin serta mendidik anak dan istrinya agar mamiliki akhlak terbaik. Tidak hanya itu, sosok lelaki yang demikian ini juga akan membuatnya menjadi nyaman. Bahkan keluarga tersebut bisa menjadi panutan bagi keluarga-keluarganya di sekitarnya.

9. Dapat Menjaga Perilakunya di Dalam dan Di Luar Rumah dengan Baik
Ciri terakhir dari lelaki sholeh yang menjadi idaman adalah ia yang mampu menjaga perilakunya baik di dalam ataupun di luar rumah. Di dalam rumah, ia akan menjadi sosok suami teladan akan tetapi saat di luar rumah ia juga menunjukkan perilaku yang baik.

Demikianlah informasi mengenai 9 ciri lelaki sholeh idaman para muslimah. Ada baiknya sebagai umat muslim untuk melakukan segala amal kebaikan agar bahagia di dunia dan akhirat. Berprilakulah yang baik agar Allah senantiasa menghadiahi keberkahan kebapada kita, termasuk untuk mendapatkan jodoh.
Tag : Islam, Keluarga
1 Komentar untuk "9 Ciri Lelaki Sholeh Idaman Muslimah"

MasyaAllah semoga, diri ini terus memperbaiki agar menjadi lekaki sholeh

Back To Top