Mengintip Megahnya Bahan Bangunan Surga - Kumpulan Info Unik

Mengintip Megahnya Bahan Bangunan Surga

Surga merupakan suatu tempat di akhirat kelak yang akan dihuni oleh kaum muslimin yang senantiasa beriman dan melakukan kebaikan selama hidup di dunia. Bisa menjadi penghuni surga ini menjadi impian bagi setiap orang.

Impian tersebut yang membuat orang berlomba-lomba berbuat kebaikan agar bisa menjadi salah satu penghuninya. Tidak ada keindahan di dunia ini yang bisa menandingi keindahan yang disediakan oleh Allah SWT di dalam surga bagi umatnya yang bertakwa.

Ternyata, Allah SWT juga telah menyiapkan bangunan untuk ditinggali umat-Nya di surga kelak. Bahkan bangunan tersebut tidak ternilai harganya karena bahan-bahan pembuatannya yang sangat megah. Apa sajakah bahan yang digunakan untuk membuat bangunan di surga? Berikut informasinya.

Bangunan yang akan dihuni manusia kelak saat berada di surga ternyata terbuat dari bahan-bahan yang luar biasa. Jika di dunia, bahan untuk bangunan hanya terdiri dari tanah, bata, semen dan lain sebagainya. Namun, di dala surgam bangunan-bangunannya terbuat dari emas, perak, mutiara, misik, yakut dan za’rafan.

Abu Hurairah ra meriwayatkan,RasulualLah SAW bersabda: ''Bangunan didalam surga itu batanya terbuat dari emas dan perak,semennya terbuat dari misik yang harum,kerikilnya terbuat dari mutiara dan yakut,pasirnya darii za'faran.Barangsiapa yang masuk kedalam surga ia akan merasakan kenikmatan yang tiada putusnya,kekal dan tidak akan mati,pakaiannya tidak pernah usang,dan masa muda yang tidak pernah tua''(Al Jami'u Ash Shagir hal 133)

Tentu tidak akan terbayang dalam pikiran manusia bagaimana keindahan surga tersebut. Rasulullah SAW juga pernah bersabda: “Surga Firdaus itu ada empat.dua surga yang terbuat dari emas yang menghiasinya dan bejananya,termasuk segala sesuatu yang ada di dalamnya.Dua surga terbuat dari perak yang menghiasinya dan bejananya,termasuk sesuatu yang didalamnya.”(Al Jami'u Ash Shagir hal 132)

Abu Hurairah ra berkata: ''Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya dinding surga itu batanya dari perak dan emas,debunya berupa za'faran,sedangkan tanahnya berupa misik” (ihya'Ulumuddin jilid 4 hal 3003)

Jika di dunia ini, kita melihat bangunan rumah dengan berbahan tanah, maka di surga kelak tanak tersebut bukanlah tanah bisa melainkan intan putih dan misik murni. RasuluLlah pernah ditanya tentang surga,maka beliau bersabda: “Tanahnya berupa intan putih dan misik murni” (Ihya'Ulumuddin jilid 4 hal 3003)

Rasulullah bersabda “.........sedangkan pagar surga itu ada 7 yang meliputi surga. Pagar pertama dari perak, pagar kedua dari emas, pagar ketiga dari zabarjan, pagar keempat dari mutiara, pagar kelima dari intan, pagar keenam dari yakut, dan pagar ketujuh dari nur yang berkilauan. Jarak antara tiap dua pagar sejauh perjalanan 500 tahun.(Kitab Daqa'iqul Akhbar hal 43 bab 46)

Dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW juga menceritakan pengalamannya sewaktu memasuki surga “ Aku melihat kedalam surga ada beberapa Malaikat yang membangun istana,batanya terbuat dari perak,juga ada yang terbuat dari emas.Mereka terus membangun.Ketika mereka berhenti membangun,aku lalu bertanya ''Kenapa kalian berhenti?'' Mereka menjawab ''Benar-benar telah habis perbekalan kami''. Aku lantas bertanya ''Apa perbekalan kalian?. Mereka menjawab''Berdzikir kepada Allah Ta'ala''., karena yang mempunyai istana ini adalah orang yang berdzikir pada Allah Ta'ala,Tatkala orang itu berhenti berdzikir,maka kamipun berhenti membangun istana''. (Kitab Daqa'iqul Akhbar hal 42 bab 45)

Demikianlah ulasan mengenai bahan bangunan surga yang tiada ternilai harga dan keindahannya. Semoga artikel ini bisa memotivasi kaum muslimin agar berlomba-lomba melaksanakan kebaikan agar bisa menjadi salah satu penghuni surga.
Tag : Islam
1 Komentar untuk "Mengintip Megahnya Bahan Bangunan Surga"

Back To Top