Ketahui Tujuh Sunnah Rasulullah yang Bisa Dilakukan Setiap Hari - Kumpulan Info Unik

Ketahui Tujuh Sunnah Rasulullah yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Rasulullah SAW merupakan sosok teladan hidup bagi umat Islam di seluruh dunia. Dalam diri Rasulullah ini terdapat teladan yang bisa membawa manusia ke jalan kebenaran. Sudah pasti Rasulullah memiliki kepribadian yang mengagumkan serta mempesona.

Di balik kepribadian yang mempesona tersebut, Rasulullah senantiasa mengajarkan kita segala kebaikan melalui kesehariannya. Oleh sebab itu, sebagai umat muslim kita harus senantiasa mempelajari mengenai sejarah panjang kehidupan Rasulullah dan mengamalkan sunnah-sunnahnya.

Sebagai umat muslim, kita diperintahkan untuk meneladani kepribadian Rasulullah tersebut dan mengaplikasikannya dalam menjalani hidup. Ternyata ada tujuh sunnah nabi yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Bangun Subuh
Kebiasaan pertama Rasulullah yang bisa dikerjakan oleh umatnya setiap hari adalah bangun subuh. Diriwayatkan dari Aisyah ra. bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :

“Bersegeralah dalam mencari rezeki dan kebutuhan (hajat) karena dalam kesegeraan (pergi pagi) itu terdapat keberkahan dan kesuksesan.” (HR. Thabrani)

2. Tersenyum
Tersenyum menjadi salah satu kebiasaan dari Rasulullah yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari- hari. Tersenyum bisa dilakukan kepada siapa saja, salah satunya adalah ketika bertemu dengan saudara sesama muslim. Dengan tersenyum, maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT dan mempererat tali persaudaraan.

Rasulullah Saw bersabda, “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria.” (HR. Muslim)

3. Menggunakan Siwak
Bersiwak berfungsi untuk menyegarkan mulut dan menghilangkan bau tidak sedap. Biasanya Rasulullah SAW melakukan kegiatan ini ketika baru bangun tidur. Amalan ini merupakan bukti keteladanan Rasulullah SAW dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Sebagaimana yang di sebutkan dalam hadist:

“Tidaklah beliau tidur kecuali siwak berada di dekat kepalanya. Jika terbangun beliau mulai dengan bersiwak.” (HR.Ahmad)

Bersabda Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam : “Kalau tidak memberatkan pada umatku maka aku akan perintahkan mereka untuk memakai siwak setiap kali akan melaksanakan sholat  [riwayat Al Bukhari danMuslim]

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda:
“Siwak itu adalah pembersih mulut, dan di siwak itu ada keridho’an Allah SWT, dan dapat menerangkan penglihatan” [riwayat Al Bukhari]

4. Berbicara yang Baik atau Diam
Sebagai umat Islam kita harus selalu mengucapkan perkataan yang baik. Bahkan Rasulullah dan kehidupan sehari-harinya hanya berbicara hal yang baik saja atai beliau lebih baik diam. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam kitab Shahih-nya (hadits no. 6474) dari Sahl bin Sa’id bahwa Rasulullah SAW:

“Barang siapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) sesuatu yang ada di antara dua janggutnya dan dua kakinya, kuberikan kepadanya jaminan masuk surga.”

5. Makan dan Minum Sambil Duduk
Ada banyak adab makan dan minum dalam agama Islam. Salah satu yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW ketika makan dan minum adalah dengan duduk.Dari Anas radhiyallahu ‘anhu pula, ia berkata:

“Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024).

6. Tidur Menghadap Ke Kanan
Keseharian Rasulullah memang selalu memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan atau kehidupan manusia. Salah satunya adab beliau ketika tidur, menurut beliau posisi tidur terbaik adalah dengan miring ke kanan.

Tujuannya adalah agar makanan dapat masuk ke dalam lambung dengan sempurna. Hal ini dikarenakan posisi lambung yang berada agak ke samping kiri. Kemudian padanya dianjurkan untuk mengubah posisi ke kiri untuk mempercepat proses pencernaan. Baru kemudian tidur dilanjutkan dengan posisi miring ke kanan kembali. Rasulullah SAW bersabda:

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

Hal ini tentu saja bisa dilakukan oleh umat muslim sedunia. Untuk itu, biasakanlah tidur dengan posisi demikian agar bisa memperoleh manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

7. Mengucapkan Salam dan Bismillah Saat Memasuki Rumah
Sunnah terakhir yang bisa dilakukan oleh kaum muslimin dalam kehidupannya adalah dengan mengucapkan salam dan bismillah ketika memasuki rumah. Hal ini mungkin terlihat sepele untuk dilakukan, namun masih banyak orang yang dengan sengaja tidak melakukannya. Padahal ada banyak keberkahan yang akan diperoleh jika melakukan sunnah ini.

Dari Jabir radhyallahu ‘anhu berkata, saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Jika seseorang masuk kedalam rumahnya lalu ia menyebut asma Allah Ta’ala saat ia masuk dan saat ia makan, maka setan berkata kepada teman-temannya, ‘ tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak ada makan malam.’ Dan jika ia masuk, tanpa menyebut asma Allah Ta’ala saat hendak masuk rumahnya berkatalah syaithan: ‘kalian mendapatkan tempat bermalam, dan apa bila dia tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan,maka setan berkata : ‘ kalian mendapatkan tempat bermalam dan makan malam.’” (Muttafaqun ‘alaih)

Demikianlah ulasan mengenai tujuh sunnah Rasulullah SAW yang bisa dilakukan setiap hari. Mungkin sunnah tersebut terlihat sepele dan kecil dan sering terlupakan. Namun ketahuilah bahwa mengerjakan sunnah itu akan membuat hidup kita menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Ketahui Tujuh Sunnah Rasulullah yang Bisa Dilakukan Setiap Hari"

Back To Top