Ketahui 6 Adab dalam Memasak Agar Makanan Lebih Berkah - Kumpulan Info Unik

Ketahui 6 Adab dalam Memasak Agar Makanan Lebih Berkah

Memasak merupakan kegiatan yang mengasyikan. Tidak hanya wanita, kaum pria pun berlomba-lomba menjadi tukang masak hebat. Setiap olahan memiliki ciri khas dan rasa yang berbada.

Kalimat pujian terhadap hasil masakan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang senang memasak. Hal ini akan memotivasi seseorang untuk membuat hidangan enak dari dapur mereka.

Ternyata dalam Islam memasak juga akan mendatangkan pahala. Terlebih jika sesuai dengan adab-adab yang diajarkan Rasulullah SAW. Tidak hanya masakan yang enak saja, namun juga akan mendatangkan keberkahan terhadap makanan yang dimasak. Berikut 6 adab dalam memasak agar makanan berkah.

1. Berwudhu Sebelum Memasak
Adab pertama yang harus dilakukan saat akan memasak adalah berwudhu terlebih dahulu. Selain sebagai amalan yang bermanfaat, secara medis berwudhu juga akan membuat tubuh kita bersih sebelum memasak. Selain itu kuman-kuman yang ada di tubuh tidak masuk ke adonan yang akan dibuat.

Bukankah Rasulullah SAW juga mengajarkan kita agar selalu dalam keadaan bersih. Maka ketika memasak pun adab yang satu ini akan berdampak baik jika dijalankan.

2. Melaksanakan Salat Sunah Dua Rakaat
Sebagian kalangan pasti akan menilai bahwa ini adalah tindakan yang ribet. Ya, namun apalah arti makanan yang kita makan jika tidak diberkahi oleh Allah SWT. Dengan salat dua rakaat sebelum memasak, In Shaa Allah, Allah akan menambahkan banyak kebaikan terhadap makanan yang akan disajikan. Jika salat dua rakaat menjadi sebuah kebiasaan, rasanya kegiatan tersebut bukan sebuah keribetan.

3. Membaca Doa Saat Masuk Ke Dapur
Adab selanjutnya adalah membaca doa ketika akan masuk ke dapur. Berikut contoh doa yang bisa anda baca saat akan masuk ke dapur dan mulai memasak.

"Robbanaaa Aatinaa mil ladunka rohmatan wahai yik lanaa min amrinaa rosyadaa."

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami rahmat yang besar dari sisiMu dan persiapkanlah petunjuk untuk kami terhadap urusan kami."

4. Membaca Doa Ketika Akan Memegang Bahan dan Alat Masak
Ternyata setiap memegang alat masak serta bahan-bahan makanan kita dianjurkan untuk berdoa. Misalnya saat saat membuka panci, mencuci beras, mencuci sayuran, ikan atau daging. Doa-doa yang dianjurkan berupa ucapan syukur dan ucapan terimakasih kita kepada Allah karena sudah melimpahkan rezeki berupa makanan.

Biasakan untuk mengucapkan "Bismillahirrohmanirrohim" dalam setiap melakukan pekerjaan, In syaa Allah pekerjaan tersebut akan bernilai Ibadah.

Anjuran ini pun pasti dianggap sangat ribet bukan? Kebanyakan berpikir bukankah sulit jika harus memasak dan berdoa juga. Namun kenyataannya kita masih bisa bergosip saat memasak. Ini artinya, kita bisa berdoa disela-sela memasak tersebut.

5. Mengaduk Makanan Dari Arah Kanan Ke Kiri
Ternyata mengaduk masakan juga ada adabnya. Ya, Islam mengajarkan agar kita mangaduk makanan dai kanan ke kiri disertai dengan membaca doa berikut ini.

" Lai salahaa min duunillahi kaasyifah."

Artinya : Tidak ada yang dapat menyatakan hari itu selain Allah.

6. Membaca Salawat dan istigfar
Saat memasak kita juga dianjurkan untuk membaca salawat dan istigfar sebanyak tiga kali. Hal ini dilakukan agar makanan lebih lezat dan berkah.
Tag : Islam
1 Komentar untuk "Ketahui 6 Adab dalam Memasak Agar Makanan Lebih Berkah"

Mohon share

Back To Top