Inilah Lima Cara Istri Agar Terus Disayang Suami - Kumpulan Info Unik

Inilah Lima Cara Istri Agar Terus Disayang Suami

Pernikahan sejatinya menjadi pelabuhan terakhir bagi pria maupun wanita. Namun lamanya jalinan hubungan ini tidak jarang melunturkan sikap kasih sayang. Terlebih jika pria sudah berumur 40an, maka wanita akan sering merasakan perubahan dari suaminya.

Termasuk dengan perubahan perasaan sayangnya untuk istri. Bagi wanita, hal ini tentu akan sangat menyakitkan. Padahal rasa sayang suami merupakan hal yang sangat diinginkan istri ketika berumah tangga. Inilah yang menjadi kekuatan mereka dalam mengatur urusan rumah dan membesarkan anak-anaknya. 

Namun hal ini bukan tanpa solusi, wanita tetap bisa membuat suami terus menyayanginya. Tetapi cara ini sudah harus dilakukan sejak awal pernikahan, hingga pada akhirnya memupuk perasaan kasih sayang suami sehingga tidak mudah luntur. Berikut ini lima cara yang dapat dilakukan istri agar terus disayang suami.

1. Ta’at dan Patuh pada Suami
Memang menjadi sebuah kewajiban bagi seorang istri untuk senantiasa taat kepada suaminya. Sebab seperti yang diketahui bahwa murka suami adalah murkanya Allah SWT. Oleh karena itu, taatilah perintah suami selam itu tidak menyimpang dari ajaran agama Islam.

Sebagaimana dijelaskan dalam suatu riwayat dari Al-Bazzar dan Ath-Thabrani bahwa seorang wanita pernah datang pada Rasulullah SAW lalu berkata “Aku adalah utusan para wanita kepada engkau (untuk menanyakan) bahwa jihad telah diwajibkan Allah kepada kaum laki laki, jika menang mereka diberi pahala, dan jika terbunuhpun juga tetap mendapatkan pahala dari Rabbnya. Tetapi kami kaum wanita yang membantu mereka pahala apa yang kami dapat?” Nabi menjawab “Sampaikanlah pada wanita yang engkau jumpai bahwa taat pada suami dan mengakui haknya itu sama dengan pahala jihad di jalan Allah, tetapi sedikit sekali yang melakukannya.”

Dari hadist di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa sangat mudah bagi wanita untuk mendapatkan kebaikan. Cukup hanya dengan taat kepada suami mereka, sebuah kewajiban yang tidak harus mengeluarkan banyak tenaga. Tidak hanya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT, melakukan hal ini juga menjadi salah satu jalan agar suami makin sayang dan cinta kepada istrinya.

2. Menjaga Kehormatan dan Harta Suami
Cara selanjutnya yang perlu dilakukan oleh seorang istri agar tambah disayang oleh suami adalah dengan menjaga kehormatan dan harta suami. Apapun masalah yang terjadi pada hubungan rumah tangga mereka maka harusnya hanya menjadi rahasia di antara mereka berdua saja.

Jikalau diberitahu kepada orang lain, maka sama saja dengan membuka aib rumah tangganya sendiri. Semestinya, sebagai suami istri harus bisa saling melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Istri yang baik harus mampu mengelola keuangan rumah tangga. Jadilah istri yang amanah dan tidak membelanjakan untuk suami untuk hal yang tidak penting.

Firman Allah dalam Surat An Nisa’ ayat 34: “Suami adalah pelindung bagi istri, karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka para suami memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan perempuan yang sholihah adalah mereka yang taat pada Allah dan menjaga diri ketika suaminya tidak ada karena Allah telah menjaga mereka. Perempuan yang kamu kawatirkan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkan mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan kalau perlu pukul mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh Allah Maha Tinggi Maha Besar.”

3. Melepas Suami Dengan Sikap Kasih saat Berangkat Kerja
Hal yang mungkin sering terlupakan adalah mengantarkan suami ke luar rumah saat ia akan berangkat kerja. Mungkin sang istri sedang sibuk dengan urusan rumah tangga sehingga tidak sempat melakukan kebiasan yang demikian.

Padahal sebenarnya melepaskan suami saat akan berangkat kerja dengan penuh kasih sayang bisa membuat suami semakin menyayangi istrinya. Sempatkanlah waktu untuk menyiapkan segala keperluannya, dengan demikian akan membuat suami merasa senang dan lebih dihargai.

Hal yang sama juga harus dilakukan ketika suami pulang kerja, sambutlah ia dengan senyuman hangat dan wajah yang bahagia. Kemudian sapalah ia dengan suara yang lembut, hal yang demikian ini dapat menyejukkan hati suami sekaligus mengurangi beban pikiran mereka tentang pekerjaan. \

4. Menjaga Perasaan Suami
Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan seorang istri agar suaminya semakin sayang adalah menjaga perasaan suami tersebut. Sebagai seorang istri harus bisa memahami kriteria suami. Jagalah perasaannya, sebab beliau adalah imam dalam keluarga kita.

Menjaga perasaan ini dapat dimulai dengan bertutur kata yang lembut sampai dengan menjaga penampilan saat bersama suami. Ada baiknya untuk selalu berusaha berpenampilan yang menarik hati suami.

Jangan pernah menjelek-jelekkan suami, ataupun mengungkit-ungkit hal-hal yang bisa membuat ia sakit hati. Hal yang paling terlarang untuk dilakukan istri adalah membicarakan kekuarangan suami kepada khalayak ramai. Untuk itu, sebagai istri yang baik harus bisa menjaga wibawa suami agar bisa menciptakan hubungan yang harmonis antara keduanya.

5. Pandai Mengatur Rumah Tangga dengan Baik
Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk membuat suami semakin sayang adalah pandai dalam mengatur rumah tangga. Istri yang mampu memanajemen rumah tangga dengan baik akan membuat anggota keluarga senang dan bahagia.

Oleh sebab itu, jika telah menjadi seorang istri maka harus bisa mengatur tugas-tugasnya dengan baik. Selain menjadi seorang istri dan ibu, melakukan pekerjaan rumah tangga juga menjadi tugas yang sesuai dengan fitrah seorang wanita.

Bahkan hal ini menjadi tugas seorang wanita agar membuat keluarga senantiasa mendapat keridhoan dari Allah SWT. Tidak peduli sebagai wanita karir atau bukan, sebagai wanita yang baik harus bisa memposisikan dirinya sebagai seorang istri terbaik bagi suaminya dan ibu yang memiliki teladan bagi anak-anaknya.

Demikianlah ulasan mengenai lima cara yang dapat dilakukan istri agar membuat suami semakin sayang. Memang bukan suatu hal yang mudah untuk menjadi yang terbaik, akan tetapi dengan mengikuti cara-cara di atas tidak hanya kasih sayang dari suami saja yang diperoleh namun juga keridhaan dari Allah SWT.
Tag : Islam, Keluarga
0 Komentar untuk "Inilah Lima Cara Istri Agar Terus Disayang Suami"

Back To Top