Lima Amalan Sepele ini Peroleh Pahala Besar dari Allah - Kumpulan Info Unik

Lima Amalan Sepele ini Peroleh Pahala Besar dari Allah

Setiap perbuatan baik yang dilakukan dengan hati tulus dan ikhlas akan menjadi ladang pahala bagi mereka yang mengerjakannya. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan dan mendapat ganjaran berupa pahala dari Allah SWT. Selain amalan wajib, ternyata Allah juga akan melimpahkan pahala yang besar bagi mereka yang mengerjakan amalan sepele.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk rutin mengamalkan amalan sholeh meskipun itu sedikit dan ringan atau bahkan sering dipandang remeh oleh banyak orang. Akan tetapi, tanpa kita sangka-sangka ternyata amalan tersebut mengandung pahala yang besar.

Di antara bentuk kemuliaan-Nya, Allah Ta’ala memberikan pahala yang begitu besar atas amalan sepele yang manusia kerjakan. Hal ini merupakan wujud kecintaan-Nya terhadap orang-orang yang beriman dan senantiasa berlomba dalam hal kebaikan. Lalu amalan apa sajakah yang dimaksud?

1. Sholawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam
Amalan sepele pertama yang ternyata memperoleh pahala besar dari Allah Ta’ala adalah bersholawat atas Nabi SAW. Namun kebanyakan umat muslim menyepelekan amalan yang satu ini. Mereka cenderung tidak memberikan perhatian untuk bersholawat atas Nabi ketika nama beliau disebut. Padahal sebenarnya shalawat atas Nabi ini selain memiliki ganjaran yang sangat besar juga merupakan salah satu sifat terpuji.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa bershalawat atasku sekali maka Allah bershalawat atasnya sepuluh kali.” [HR Muslim dari sahabat Abu Hurairah].

Dalam riwayat Imam Ahmad dan Nasa’I ada tambahan dari Anas bin Malik secara marfu’, “Dan dihapus baginya sepuluh kejelekan dan dinaikkan baginya sepuluh derajat.”

Dan dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa bershalawat atasku sepuluh kali di waktu pagi dan sepuluh kali di waktu sore maka ia mendapakan syafaatku di hari kiamat kelak.” [HR Thabrani]

Itulah pahala luar biasa yang akan diperoleh ketika kita membaca shalawat atas Nabi. Maka meskipun hal ini merupakan amalan sepele, tetaplah lakukan karena Allah akan membalasnya dengan pahala yang sangat banyak.

2. Menyalami Sesama Muslim
Amalan sepele kedua yang mendapatkan pahala besar dari Allah SWT adalah meyalami sesama muslim. Banyak orang yang menyepelekan hal ini, bahkan di antara mereka tidak mau melakukannya. Padahal sebenarnya, Allah menjanjikan pahala yang luar biasa dari amalan yang terlihat remeh tersebut.

Dari sahabat Hudzaifah radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya seorang mukmin jika bertemu mukmin yang lalu mengucapkan salam dan menyalaminya maka berguguranlah dosa keduanya sebagaimana bergugurrannya daun dari pohon.” (Diriwayatkan Thabrani dalam Ausath dan dia memiliki penguat. Disahihkan oleh syaikh Albani)

Ketika mengucapkan salam kepada sesama muslim, berarti kita sudah mendoakan orang tersebut. selain mendapatkan pahala dari salam tersebut, kita juga akan mendapatkan kebaikan dari doa yang dipanjatkan seperti kita berdoa untuk diri sendiri. Karena, ketika saling mendoakan niscaya Allah akan mengabulkan doa itu.

3. Menjenguk Orang Sakit
Amalan sepele selanjutnya yang memperoleh pahala besar dari Allah SWT menjenguk orang sakit. Mengingat betapa pentingnya menjenguk saudara seiman yang sedang sakit, maka Allah Ta’ala memberikan imbalan atas apa yang telah kita lakukan. Di dalam Islam, terdapat dalil-dalil yang terkait dengan menjenguk orang yang sedang sakit,

Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wassallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di waktu pagi kecuali 70 ribu malaikat bersholawat atasnya sampai sore, dan jika menjenguk di waktu sore maka 70 ribu malaikat bersholawat padanya sampai waktu pagi dan baginya khurfatil jannah”[HR Tirmidzi]

Begitu besar pahala yang akan diperoleh walaupun amalan ini sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan yang mulia, dan terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar.

4. Mengikuti Adzan Muadzin
Mengikuti azdan muadzin menjadi salah satu amalan sepele yang akan memperoleh pahala besar dari Allah SWT. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak mengamalkan amalan yang satu ini mungkin karena tidak mengetahui pahala besar yang ada di baliknya.

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma Rasulullah shollallahu ‘alaihi wassallam bersabda, “Jika kalian mendengan muadzin maka ucapkan seperti yang dia ucapkan lalu bersholawatlah atasku, sesunggunnya barangsiapa bersholawat atasku sekali maka Allah bersholawat atasnya sepuluh kali. Lalu mohonlah Allah bagiku wasilah karena sesungguhnya dia adalah kedudukan  di Surga yang tidak diberikan kecuali bagi seorang hamba dari hambaNya dan saya berharap sayalah hamba tersebut. Barangsiapa memintakan untukku wasilah maka dia berhak atas syafaatku.” [HR Muslim]

Dan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa mengucapkan saat mendengar panggilan (adzan): Allahuma robbi haadzihid dakwatit taammati washolaatul qaaimah aati muhammadanil wasiilata walfadhiilata wab’atshu maqaamam mahmuudal ladzii wa’attahu, maka ia berhak mendapat syafaatku di hari kiamat.” [HR Bukhari]

5. Berdzikir di Masjid Setelah Shubuh
Amalan sepele terakhir yang mendapatkan pahala besar dari Allah SWT adalah berzikir di masjid setelah melaksanakan sholat subuh. Banyak orang yang setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Padahal, apabila ia meluangkan sedikit waktunya untuk duduk dan berzikir di sana, orang tersebut akan memperoleh pahala yang luar biasa.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian tetap duduk di masjid sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat maka dia mendapat pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna.” (HR. At Tirmidzi dan dinilai hasan oleh Al Albani)

Demikianlah ulasan mengenai lima amalan sepele yang peroleh pahala besar dari Allah SWT. Sunggub beruntunglah mereka yang menjaga amalan yang Allah janjikan pahala besar. Sebaliknya, suatu kerugian besar akan diperoleh bagi mereka yang menyia-nyiakannya. Semoga kita selalu menjadi hamba-Nya yang bertakwa.
Tag : Islam
1 Komentar untuk "Lima Amalan Sepele ini Peroleh Pahala Besar dari Allah"

Tulisan yang sangat bermanfaat. Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad

Back To Top