Inilah Lima Manfaat Miliki Sifat Tawakal - Kumpulan Info Unik

Inilah Lima Manfaat Miliki Sifat Tawakal

Berserah diri kepada Allah SWT atau sering disebut dengan tawakal merupakan ibadah hati dan hanya dimiliki oleh umat yang shaleh. Mereka akan berserah diri atas segala sesuatu kepada Allah SWT setelah melakukan ikhtiar atau usaha.

Namun, pada masa sekarang ini banyak umat muslim yang tidak bertawakal kepada Allah. Mereka sering menyandarkan hidup kepada selain Allah. Seperti kepada dukun, benda-benda keramat ataupun hal-hal yang mengandung kemusyrikan lainnya.

Padahal sebenarnya sebagai kaum muslim, kita dituntut untuk selalu bertawakal kepada Allah SWT dalam segala aspek kehidupan. Ternyata, ada banyak manfaat yang akan diperoleh jika kita melakukan ibadah tawakal ini dengan penuh keikhlasan. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut ulasannya.

1. Mendapatkan Cinta dari Allah SWT dan Memperoleh Surga-Nya
Manfaat pertama yang akan diperoleh oleh mereka yang hanya bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT adalah mendapatkan cinta dari Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang artinya:

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakkal.” (QS. Ali Imran: 159)

Tidak hanya mendapatkan limpahan cinta dari Allah SWT. Ternyata seorang mukmin yang bertawakal kepada-Nya akan memperoleh balasan surga sebagaimana yang tertera dalam surat Al’-Ankabuut: 58-59) yang artinya:

“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, sesungguhnya akan Kami tempatkan mereka pada tempat-tempat yang tinggi di dalam surga, yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pembalasan bagi orang-orang yang beramal. (yaitu) yang bersabar dan bertawakkal kepada Tuhannya.” (QS. Al-‘Ankabuut Ayat: 58-59)

2. Dicukupkan Kebutuhan dan Merasa Ketenangan
Manfaat selanjutnya yang akan diperoleh orang yang suka bertawakal setelah melakukan sebuah ikhtiar atau usaha kepada Allah adalah akan dicukupkan baginya segala kebutuhan serta orang tersebut juga akan memperoleh ketenangan.

Allah SWT akan mencukupkan segala kebutuhan, memberikan apa yang mereka inginkan serta mendapatkan kebahagiaan di dua negeri yaitu dunia dan akhirat. Hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT dalamAl-Qur’an yang artinya:

"Dan, barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang yang dikehendaki-Nya"(At Thalaq 33)

3. Diluaskan Rezekinya
Seperti halnya poin dua, pada bagian ketiga ini Allah akan memberikan manfaat untuk hamba-Nya yang bertawakal dengan memperluas rezeki orang tersebut. Sebagaimana firman Allah yang artinya:

“Apapun (kenikmatan) yang diberikan kepadamu, maka itu adalah kesenangan hidup di dunia. Sedangkan apa (kenikmatan) yang ada di sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakkal.” (QS. Asy-Syuro: 36)

Artinya: “…. Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar. Dan Dia memberinya rezeqi dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan—Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: 1-2)

Dan sebuah hadits, yang diriwayatkan oleh Umar bin Khaththtab ra mengenai manfaat bertawakal kepada Allah SWT, yang artinya:

Dan dari Umar ra, dia berkata: ‘Aku mendengar Rasulullah bersabda: “ jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakkal, niscaya Allah akan memberi rezeqi kepada kalian sebagaimana Allah member rezeqi kepada burung, Burung pergi pagi hari dengan perut kosong dan kembali sore hari dalam keadaan kenyang…”. (HR. Tirmidzi, dan Tirmidzi berkata bahw hadits ini Hasan)

4. Dikuatkan dan Dijauhkan dari Setan 
Seperti yang diketahui bahwa setan adalah makhluk pembangkang terhadap perintah Allah dan bertugas untuk menggoda manusia untuk melakukan kemaksiatan agar bisa menjadi teman mereka di neraka kelak. Untuk menghindari godaan setan tersebut, tawakal bisa dijadikan salah satu solusi. Orang yang senantiasa bertawakal kepada Allah SWT akan terjaga dan terhalangi dari setan dan segala fitnah-fitnahnya. Sebagaimana firman Allah yang artinya:

 “Sungguh, setan itu tidak berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.” (QS. An-Nahl: 99)

5. Masuk Surga Tanpa Hisab
Manfaat terakhir dari bertawakal akan orang tersebut termasuk dalam umat Nabi Muhammad SAW yang masuk surga tanpa hisab. Di dalam hadits diriwayatkan, Nabi SAW pernah menyebutkan bahwa di antara umatnya ada tujuh puluh ribu orang yang masuk surga tanpa hisab. Kemudian beliau bersabda,

"Yaitu mereka yang tidak membual, tidak mencuri, tidak membuat ramalan yang buruk-buruk dan kepada Rabb mereka bertawakal". (Diriwayatkan Al-Bukhary dan Muslim)

Demikianlah ulasan mengenai lima manfaat memiliki sifat tawakal. Untuk itu, sebagai umat muslim sudah sepantasnya kita selalu bertawakal kepada Allah SWT. Sebagai hanya Dia lah Dzat yang wajib disembah dan dimintai pertolongan serta dijadikan sandaran hidup umat muslim. Semoga bermanfaat.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Inilah Lima Manfaat Miliki Sifat Tawakal"

Back To Top