Hikmah di Balik Berwudhu Sebelum Tidur - Kumpulan Info Unik

Hikmah di Balik Berwudhu Sebelum Tidur

Banyak amalan-amalan untuk meraih ridha Allah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Bahkan amalan yang beliau ajarkan tersebut mencakup dari mulai manusia bangun hingga tertidur kembali.

Salah satu amalan yang kerap dilakukan Rasulullah SAW adalah berwudhu ketika akan tidur. Namun banyak orang yang mengabaikan anjuran Rasulullah yang satu ini. Saat rasa kantuk mulai menyerang, orang lebih memilih segera merebahkan tubuhnya di atas tempat tidur dibanding wudhu terlebih dahulu.

Padahal selain bernilai ibadah, ada hikmah dan keutamaan rahasia di balik anjuran Rasulullah untuk berwudhu sebelum tidur ini. Apa saja hikmah di balik berwudhu sebelum tidur? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Berwudhu, selain bernilai ibadah ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Selain itu, ada rahasia tersembunyi yang tersimpan di balik pengamalannya. Seorang peneliti dari Universitas Alexandria, dr musthafa syahatah menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang rajin berwudhu lebih sedikit dibanding dengan mereka yang tidak berwudhu.

Tidak hanya itu, tenyata dengan ber-istisnaq (menghirup air dalam hidun) dapat mencegah timbulnya penyakit di dalam organ tubuh tersebut. Selain menaga kebersihan tangan, rajin berwudhu juga bisa membantu menjaga kebersihan kulit, daun telinga, telapak kaki dan kesehatan tubuh.

Anjuran untuk berwudhu sebelum tidur ini mengandung nilai ibadah yan tinggi. Sebab seseorang akan tidur dalam keadaan suci. Jika sesorang tersebut dalam keadaan suci, berarti ia telah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Hal ini juga ditulis dalam kitab tanqih al-Qand al-Hatsis karangan syekh muhamad bin umar an-nawawi al-mantany. Dari umar bin harits bahwa nabi bersabda: “Barangsiapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi allah. Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Allah.

Dengan demikian, terbuktilah bahwa berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu anjuran nabi yang harus dikerjakan oleh manusia yang ingin memperoleh kemuliaan di sisi Allah SWT. Tidak hanya itu, selain keutamaan di atas, ternyata berwudhu sebelum tidur juga memiliki manfaat. Antara lain:
  1. Merilekskan otot-otot sebelum beristirahat. Hal ini bisa dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air dikarenakan wudhu itu bisa menjadi suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karena lelahnya beraktivitas seharian. Tentu saja hal ini akan membuat tubuh menjadi rileks juga.
  2. Manfaat kedua  yang akan diperoleh adalah berwudhu sebelum tidut dapat mencerahkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan berwudhu dapat menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel di kulit wajah akan senantiasa hilang apabila rajin berwudhu.
  3. Selain itu, orang yang berwudhu sebelum tidur akan didoakan oleh malaikat. Seperti hadist Rasulullah SAW yang telah disebutkan di atas.
Demikianlah ulasan mengenai hikmah di balik berwudhu sebelum tidur. Begitu banyak manfaat serta keutamaan yang akan diperoleh jika melaksanakan amalan ini. Untuk itu, jangan pernah malas melakukan anjuran Rasulullah SAW karena selalu ada hikmah yang baik di setiap perbuatan yang beliau lakukan.
Tag : Islam, Kesehatan
2 Komentar untuk "Hikmah di Balik Berwudhu Sebelum Tidur"

Artikel yang bagus.
Jangan lupa kunjungi www.refiza.com
Ada banyak souvenir cantik untuk Aqiqah, pengajian, haji, pernikahan.

Back To Top