Empat Keutamaan di Balik Shalat Sunnah Rawatib - Kumpulan Info Unik

Empat Keutamaan di Balik Shalat Sunnah Rawatib

Setiap ibadah menjadi ladang mendapatkan pahala bagi kaum muslim. Shalat lima waktu memang menjadi kewajiban bagi setiap kaum muslim untuk mengerjakannya. Selain akan memperoleh pahala ada banyak faedah bagi mereka peroleh.

Namun, tidak hanya shalat wajib saja yang menjadi sarana untuk mendapatkan pahala. Ada juga amalan-amalan bersifat sunnah yang bisa dijadikan lahan mencari pahala. Salah satunya adalah shalat sunnah Rawatib.

Shalat sunnah Rawatib merupakan shalat sunnah yang dilakukan sebelum atau sesudah shalat lima waktu. Ternyata ada pahala besar yang selama ini belum banyak diketahui oleh kaum muslimin. Pahala apa sajakah itu? Simak ulasan selengkapnya di artikel ini.

1. Lebih Baik dari pada Dunia dan Seisinya
 Keutamaan pertama melaksanakan 2 rakaat shalat sunnag rawatib sebelum subuh, itu merupakan perbuatan yang baiknya lebih dari dunia dan isinya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

Dari Aisyah r.a bahwa Nabi SAW bersabda :” Dua raka’at fajar (salat sunnat yang dikerjakan sebelum shubuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. “(HR Muslim)

2. Akan Dibangunkan Rumah Baginya di Surga Kelak

Rasulullah SAW ternyata tidak pernah meninggalkan shalat sunnah Rawatib ini. Kecuali apabila beliau di dalam perjalanan, dan apabila beliau lupa, sakit ataupun tertidur maka beliau akan beliau mengqodo’nya. Hal ini banyak dibuktikan lewat hadist-hadist.

Dari Ibnu Umar Radhiallaahu anhu dia berkata: “Aku salat bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasalam dua rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah Jum’at, dua rakaat sesudah Maghrib dan dua rakaat sesudah Isya.”(Muttafaq ‘alaih)

Dari Abdullah bin Mughaffal radhiallahu anhu , ia berkata: “Bersabda Rasulullah shallallahu alaihi wasalam , ‘Di antara dua adzan itu ada salat, di antara dua adzan itu ada salat, di antara dua adzan itu ada salat. Kemudian pada ucapannya yang ketiga beliau menambahkan: ‘bagi yang mau”.(Muttafaq ‘alaih)

Ternyata, dengan melaksanakan ibadah shalat sunnah rawatib, Allah SWT akan membangunkan baginya rumah di surga kelak. Hal ini sesuai dengan hadist Nabi.

Dari Ummu Habibah Radhiallaahu anha , ia berkata: “Aku telah men-dengar Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, Barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum salat Subuh.”” (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih)

3. Diharamkan Baginya Api Neraka
Tidak hanya akan dibangunkan rumah di surga kelak, namun ternyata shalat sunnah rawatib ini juga memiliki keutamaan yakni Allah SWT mengharamkan baginya api neraka. Hal tercantum dalam hadist Nabi yang artinya:

Dari Ummu Habibah Radhiallaahu anha, ia berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, ‘Barangsiapa yang menjaga empat rakaat sebelum Dhuhur dan empat rakaat sesudahnya, Allah mengharamkannya dari api Neraka.”(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan hadits ini hasan shahih)

4. Diberi Limpahan Rahmat
Keutamaan mengerjakan shalat sunnah rawatib yang terakhir adalah akan diberikan rahmat Allah SWT. Banyak amalan yang bisa melancarkan pemberian rahmat dari Allah SWT untuk kaum muslimin. Salah satunya adalah dengan melaksanakan shalat sunnah rawatib.

Dari Ibnu Umar Radhiallaahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasalam bersabda : “Semoga Allah memberi rahmat bagi orang yang salat empat rakaat sebelum Ashar.”(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan)

Demikianlah ulasan mengenai empat keutamaan di balik shalat sunnah rawatib. Meskipun hanyalah amalan yang sunnah, akan tetapi amalan tersebut tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya kedudukan dari shalat sunnah rawatib ini selain shalat lima waktu yang hukumnya wajib. Semoga kita selalu menjadi hamba Allah yang bertakwa.
Tag : Islam
2 Komentar untuk "Empat Keutamaan di Balik Shalat Sunnah Rawatib"

Trims sangat bermanfaat,smga jadi amal sholeh

Back To Top