Dua Waktu yang Diharamkan untuk Sholat Dhuha - Kumpulan Info Unik

Dua Waktu yang Diharamkan untuk Sholat Dhuha

Banyak amalan yang bisa dilakukan untuk dijadikan sebagai ladang mendapatkan ridha dari Allah. Sholat dhuha menjadi amalan sunnah tambahan yang bisa dilakukan untuk memperoleh pahala tersebut. Tidak hanya pahala, mengerjakan sholat dhuha ternyata juga dapat melancarkan rezeki. Oleh sebab itu, banyak kaum mukmin yang mengerjakan amalan yang satu ini.

Meskipun hukumnya sunnah, namun sholat dhuha ini harus dilaksanakan pada waktu yang tepat dengan hati yang ikhlas. Tujuannya adalah agar sholat yang kita lakukan tersebut dapat diterima oleh Allah SWT dan dinilai sebagai pahala.

Ternyata ada waktu-waktu yang diharamkan untuk menjalankan ibadah sholat dhuha. Jikalau mengerjakan sholat dhuha dalam waktu yang diharamkan maka sholat itu justru akan mendapatkan dosa. Berikut ini waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat berdasarkan hadist Rasulullah SAW.

Waktu pertama yang diharamkan untuk melaksanakan sholat dhuha adalah ketika sesudah subuh hingga matahari tersebut  sekitar pukul 06.00-07.30 pagi. Waktu kedua yang diharamkan untuk melakukan sholat dhuha adalah ketika memasuki dzuhur hingga tergelincirnya matahari atau pukul 11.30-12.15.

Kedua waktu tersebut diharamkan untuk melaksanakan sholat dhuha berdasarkan penentuan larangan dari Rasulullah SAW. Berikut ini hadist-hadist Rasulullah yang menunjukkan waktu-waktu yang diharamkan untuk sholat dhuha.

Dari Ibnu Abbas berkata: “Datanglah orang-orang yang diridhai dan ia ridha kepada mereka yaitu Umar, ia berkata bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihiwasallam melarang shalat sesudah Subuh hingga matahari bersinar, dan sesudah Asar hingga matahari terbenam.” [HR. Bukhari]

Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia melihat orang-orang mengerjakan shalat Dhuha (pada waktu yang belum begitu siang), maka ia berkata: “Ingatlah, sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa shalat Dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Shalatnya orang-orang yang kembali kepada ALLAH adalah pada waktu anak-anak onta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari”. [HR. Muslim]

Dari Ibnu Umar berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda: Apabila sinar matahari terbit maka akhirkanlah (jangan melakukan) shalat hingga matahari tinggi. Dan apabila sinar matahari terbenam, maka akhirkanlah (jangan melakukan) shalat hingga matahari terbenam”. [HR. Bukhari]

Tidak hanya itu salah satu alasan mengapa kedua waktu tersebut diharamkan untuk melaksanakan sholat dhuha adalah karena adanya setan yang mengikuti waktu-waktu itu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallambersbda: “Matahari terbit dengan diikuti setan. Pada waktu mulai terbit, matahari berada dekat dengan setan, dan ketika telah mulai meninggi berpisah darinya. Pada waktu matahari berada tepat di tengah-tengah langit, ia kembali dekat dengan setan, dan ketika telah zawal (condong ke arah barat) ia berpisah darinya. Pada waktu hampir terbenam, ia dekat dengan setan, dan setelah terbenam ia berpisah lagi darinya.” [HR. Nasa’i]

Demikianlah ulasan mengenai dua waktu yang diharamkan untuk melaksanakan sholat dhuha. Meskipun ingin melaksanakan ibadah, namun ada baiknya untuk terlebih dahulu memperhatikan waktu pelaksanaannya. Jangan sampai ibadah kita menjadi sia-sia dan justru menimbulkan dosa karena sholat pada waktu yang tidak tepat.
Tag : Islam
31 Komentar untuk "Dua Waktu yang Diharamkan untuk Sholat Dhuha"

mengapa penjelasannya hanya ada 2 waktu yg diharamkan untuk sholat dhuha, padahal Terdapat hadis yang menyebutkan ada 3 waktu waktu larangan untuk shalat

Dari Uqbah bin Amir radhiallahu anhu dia berkata:

ثَلاَثُ سَاعَاتٍ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّيَ فِيْهِنَّ أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيْهِنَّ مَوْتَانَا: حِيْنَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ، وَحِيْنَ يَقُوْمُ قَائِمُ الظَّهِيْرَةِ حَتَّى تَمِيْلَ الشَّمْسُ، وَحِيْنَ تَضَيَّف لِلْغُرُوْبِ حَتَّى تَغْرُبَ

“Ada tiga waktu di mana Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kami untuk melaksanakan shalat di tiga waktu tersebut atau menguburkan jenazah kami: [1] ketika matahari terbit sampai tinggi, [2] ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelincir dan [3] ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam.” (HR. Muslim no. 1926)

Pak Hamid sepertinya belum membaca keseluruhan ya.... salam kenal pak...

Waktu di indonesia beda beda ... drmn dasar jam 6 - 7.30 neng

Maaf, saya bukan ustadz, yg saya tahu sholat Dhuha dimulai ketika bayangan matahari setinggi tombak.

Kadang postingan kalau dibaca oleh pembaca yg kritis, ada aja komentnya@kalau pakai rentang waktu bgt, dhuha sesdh subuh sampai pkl.06 dan sesdh pkl.12.15 boleh gak? Tegaskan aja sholat dhuha waktunya dr 07.30-11.30 selesai kan?

Maaf kalau solat dhuha di laksanakan pas jam 6.30-7.00 dan itu matahari sudah terbit bagaimana? Karena biasanya masuk kerja jam 7.15 dan istirahat jam 12.00.

Hanya untuk Shoat dhuha om, bukan waktu yg diharamkan sholat

Coba bapak2 ibuk2 baca lagi hadistnya..

[1] ketika matahari terbit sampai tinggi, [2] ketika seseorang berdiri di tengah bayangannya sampai matahari tergelincir dan [3] ketika matahari miring hendak tenggelam sampai benar-benar tenggelam.” (HR. Muslim no. 1926)
sungguh sangat jelas kalau hadist tersebut tidak menjelaskan jam.. akan tetapi waktu... ingat ya waktu dan jam itu berbeda loh.. jadi tidak perlu memperdebatkan masalah JAM..

Sholat dhuha nya dari jam 8 pagi - jam 10 menjelang siang... aman deh... itu waktu dhuha..

Sing penting sholat sing bener.

sama-sama jam 07.00 wib , letak matahari pasti berbeda jika di lihat dari Banda Aceh
, Jakarta dan Banyuwagi. sedangkan azan sholat juga berbeda setiap daerah. stuju dg Ary Cahyono

waktu dhuha itu nggak memandang jam... banyak koq kitab yg membahas waktu dhuha... dhuha itu waktunya setelah matahari terbit... dan dilebihin kurang lebih 15 menit.... kalo skarang subuh kurang lebih jam 4.10 kira2 jam 6 dah bisa mulai dhuha dan berakhirnya hingga waktu dzuhur - 15 menit... tergantung waktu dzuhurnya jam brapa???

memang lebih baik jangan menentukan jam berapanya cz kadang jam 6 pun sudah masuk waktu dhuha

yah amannya antara jam 8-10 ajah...

Ditempat saya matahari selalu tertutupi jadi gimana, ? Apa saya patokan waktu jam 8-10 pagi...gimana ini?

Beli tombak yang 2 meter buat ngukur sholat dhuha...hihihi...bayangan tombak 2meter dari kita lihat ujung tombak bayangkan itu jam berapa...katanya sih gitu..

bertahun saya dhuha jam 06.30 - 06.45 dan jam 07.00 saya berangkat ke kantor. saya tidak pernah dhuha di kantor karena bagi saya itu korupsi waktu. insya Allah... Allah Maha Tahu alasan itu.

sy stuju dgn Bpk Kusmayadhi....

alhamdulilah. saudara semua dh bisa sholat dhuha.masalh waktu sholat gk usah diperdebatkan. kan sekarang jaman udh maju bayak aplikasi untuk melihat waktu sholat bgtupun bwt sholat dhuha.jd jgn di perdebatan kn saudara seiman dan se bangsa.salam taqwa

Itu yg bener.. Yang penting sholat.

maaf om/mbak mau nnya, kalau misalkan cuaca mendung n tak tampak matahari gimna?
boleh sholat duha di jam" trsebut
trimakasih

maaf om/mbak mau nnya, kalau misalkan cuaca mendung n tak tampak matahari gimna?
boleh sholat duha di jam" trsebut
trimakasih

Waktu juga penting om disamping sholat yg bener.. klo sholatnya maghrib bener tp dilakukan jam 9 malam? Jadi bener gak om? Sholat duhanya bener tp dilaksanakan ba'da dzuhur, jadi bener ga om sholatnya?

Waktu juga penting om disamping sholat yg bener.. klo sholatnya maghrib bener tp dilakukan jam 9 malam? Jadi bener gak om? Sholat duhanya bener tp dilaksanakan ba'da dzuhur, jadi bener ga om sholatnya?

Subhanallah sekali orang-orang Indonesia masih banyak yg beriman. Barakallahulaka...

Subhanallah Islam itu begitu Indah. Untuk sholat Dhuha bisa di sesuaikan masing daerah antara waktu yg sudah ditentukan diperbolehkan sholat dhuha dg jam berapanya disana. Toh tdk selamanya di daerah masing2 tertutup oleh mendung dan hujan kan?

hati-hati,,, pepatah mesir mengatakan, "seseorang sanggup memotong batang lehernya sendiri dengan ketajaman penafsirannya..."

asumsi dan penafsiran itu baik selama landasannya juga baik. :)

Subbhanalloh....terimakasih pencerahannya....mudah2an Alloh SWT meridlo'i kita semua..amin yarobbal alamin..

Pingn sholat dhuha tp tkt salah waktu

belum mas, :)
acuannya indonesia bagian mana dulu nich. di daerah ane jam 11.30 sudah dzuhur,. sebenarnya lebih afdhal jika rentang jam tersebut di berikan berdasarkan di daerah mana dia memperkirakan. coba yang baca orang padang. yang dhurnya jam setengah 1. hehehe, kan kasian.. :)

aslmkm, untuk sholat dhuha kalau waktu jakarta sekitar jam 8 pagi itu waktu terbaik....

Back To Top