Beginilah Setan Menggoda Manusia Saat Shalat - Kumpulan Info Unik

Beginilah Setan Menggoda Manusia Saat Shalat

Pernahkah anda tiba-tiba mengantuk saat salat berjemaah, atau tiba menguap ditengah bacaan salat? Hati-hati, karena hal tersebut ternyata ada campur tangan setan demi mengganggu kekhusyukkan ibadah kepada Allah.

Setan memang memiliki misi menjerumuskan manusia ke lembah neraka dengan tipu dayanya. Mereka akan semakin bekerja keras ketika manusia berniat melakukan hal baik, termasuk ketika manusia ingin menjalankan ibadah salat.

Mereka mengganggu bagaimana agar salat manusia tidak diterima oleh Allah. Sebagian kita mungkin sering mengalami hal ini. Patutnya kita harus waspada dengan mengetahui bentuk gangguannya, serta bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini adalah contoh gangguan setan ketika manusia shalat.

1. Salah Bacaan
Kita pasti pernah tidak konsentrasi ketika salat, sehingga  surat yang dibaca entah sampai kemana-mana. Terkadang  kita membacanya dua kali, atau lupa sehingga terbata-bata dalam pengucapannya. Ternyata ini merupakan salah satu godaan setan. Setan yang mengganggu manusia sehingga lupa dan salah bacaa surat disebut dengan Khinzib.

‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancu”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah Subhaanahu wa ta’aala Akupun melakukan hal itu dan Allah Subhaanahu wa ta’aala menghilangkan gangguan itu dariku” (HR. Muslim)

2. Lupa Rakaat Shalat
Tidak hanya lupa bacaan shalat, setan juga menggoda manusia dengan cara membuat manusia tersebut lupa dengan rakaat shalat. Banyak orang yang pernah mengalami hal ini, mereka lupa dengan rakaat shalat yang sudah dilakukan sehingga membuat mereka ragu dan akhirnya tidak khusyuk dalam melaksanakan shalat.

“Jika salah seorang dari kalian sholat, syetan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Membuat Ragu Apakah Telah Kentut/Berhadas
Godaan selanjutnya yang dilakukan oleh setan selanjutnya ketika manusia sedang melaksanakan shalat adalah membuatnya ragu apakah sudah kentut ataupun berhadas. Terkadang, mereka menggoda manusia tersebut dengan berkata bahwa ia telah berhadas, padahal sebenarnya manusia tersebut tidak mengeluarkan hadas. Hal ini tentu saja akan mengganggu khusyuknya shalat manusia.

Ibnu Mas’ud meriwayatkan ia berkata “Sesungguhnya setan-setan mengalir pada peredaran darah manusia hingga ia datang pada salah seorang kamu dalam sholatnya maka ia meniup pada duburnya dan ia membasahi saluran kencingnya kemudian ia berkata ‘engkau telah berhadas’. Maka janganlah berpaling salah seorang kamu hingga ia mencium bau atau mendengar suara atau mendapatkan basah”.

4. Merasa Mengantuk
Setan itu bisa menggoda manusia di bagian mana saja contohnya di bagian mata dan mulut. Ketika shalat, banyak orang yang merasa ngantuk dan kemudian menguap. Itu merupakan perbuatan dari setan, alangkah lebih baiknya untuk menahan rasa kantuk tersebut agar shalat tetap khusyuk.

Seperti sabda Rasulullah SAW: “Menguap ketika sholat itu dari syetan. Karena itu bila kalian ingin menguap, maka tahanlah sebisa mungkin” (HR Thabrani).

5. Menguap, Bersin, Muntah, Mimisan
Tidak hanya menguap dan rasa mengantuk saja, setan juga menggoda dengan bersin, muntah dan mimisan ketika manusia sedang melaksanakan ibadah shalat.

Meriwayatkan oleh Ibnu Syaibah dan ath Thobroni ia berkata “Menguap dan bersin dalam sholat adalah dari setan”.

At Tirmidzi dari Dinar ia berkata “Bersabda Rosulullah : bersin, mengantuk, menguap dalam sholat, haid, muntah dan mimisan adalah dari setan”.

6. Mengingat Sesuatu Yang Tadinya Terlupa
Untuk menggangu khusyuknya ibadah shalat umat manusia adalah membuat mereka mengingat sesuatu yang tadinya terlupa. Hal ini tentu saja akan mengganggu karena bisa saja karena mengingat hal yang tadinya terlupa akan membuat orang tersebut lupa juga dengan rakaat shalat mereka.

“Rasulullah saw bersabda, “Apabila dikumandangkan azan sholat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muadzin telah selesai azan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan, ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang sholat seraya berkata kepadanya: “Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!”, sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia sholat” (HR Bukhari)

7. Menoleh Kanan Kiri Ketika Shalat
Terkadang dengan sadar ataupun tidak sadar seseorang yang sedang shalat memandang ke kiri ataupun ke kanan. Itu juga merupakan salah satu godaan dari setan kepada manusia yang sedang melaksanakan shalat. Oleh sebab itu ketika setelah takbiratul ihram, pusatkanlah pandangan pada satu titik saja yaitu tempat sujud. Ketika kita fokus makan setan tidak akan dengan mudah mencuri konsentarasi ketika kita melaksanakan shalat.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallaah ‘anhaa, ia berkata: “Saya bertanya kepada Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam tentang hukum menengok ketika sholat”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itu adalah curian syetan atas sholat seorang hamba”. (HR Bukhari)

Demikianlah 7 godaan yang dilakukan setan ketika manusia sedang melaksanakan shalat. Sebagai umat muslim, harusnya kita dapat menangkal godaan tersebut dan semoga kita semua bisa dibebaskan Allah SWT dari godaan setan tersebut.
Tag : Islam
4 Komentar untuk "Beginilah Setan Menggoda Manusia Saat Shalat"

cara menangkalnya bagaimana ?????????

ya
semua itu dari hati bagaimana kita menanggapinya .

Susah juga yah... Apalagi setan berwujud manusia yg ganggu (temen2 nakal maksudnya)

Back To Top