9 Langkah Peroleh Jodoh yang Sholehah - Kumpulan Info Unik

9 Langkah Peroleh Jodoh yang Sholehah

Jodoh merupakan orang yang telah disiapkan oleh Allah SWT untuk menjadi pasangan kita kelak. Di dalam Al-Qur’an Allah telah menegaskan bahwa makhluk hidup itu diciptakan berpasang-pasangan dari jenisnya. Laki-laki yang sholeh akan bersanding dengan wanita yang sholehah juga dan sebaliknya.

Bagi seorang lelaki, mendapatkan jodoh yang sholehah adalah harapan yang sangat diinginkan. Bahkan lelaki yang tidak baik pun mengingingkan wanita yang sholehah untuk mendampinginya kelak. Namun ternyata mendapatkan jodoh yang sholehah tersebut tidaklah mudah. Terlebih lagi pada zaman sekarang yang serba bebas ini, banyak wanita yang tidak mengikuti syariat.

Akan tetapi, beberapa hal ini dapat diilakukan oleh laki-laki dalam usaha memperoleh jodoh yang sholehah. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah 9 langkah untuk memperoleh jodoh yang sholehah.

1. Niat yang Benar
Hal pertama yang harus dilakukan untuk memperoleh jodoh yang sholehah dimulai dari niatnya. Dalam agama Islam, niat menjadi hal paling utama dinilai, selain itu niat juga akan mempengaruhi setiap perbuatan yang akan dikelakukan kelak. Apakah dihitung sebagai kebaikan dan ibadah atau perbuatan sia-sia.

Sebelum memulai untuk mencari jodoh, pastikan niat yang sudah benar yakni untuk menikah. Pastikan juga bahwa niat untuk menikah itu karena mencari keridhaan Allah dan mengikuti sunnah Rasul-Nya serta untuk menyempurnakan iman. Namun, jika dari awalnya niat menikah masih sebatas hal-hal sepele dan remeh atau bahkan hanya untuk merasakan kenikmatan dunia dengan cara yang halal saja ada baiknya untuk meluruskan niat tersebut terlebih dahulu. Walapun bukan merupakan suatu hal yang salah, namun niat yang demikian ini akan mengurangi nilai kesakralan dan keberkahan dari sebuah pernikahan itu sendiri.

2. Memperbaiki Diri
Seperti yang diketahui bahwa lelaki yang baik untuk wanita yang baik dan begitu pula sebaliknya. Jadi jelas, lelaki yang tidak baik akan memperoleh wanita yang tidak baik pula. Untuk itu, jika seorang lelaki mengingingkan untuk mendapatkan jodoh yang sholehah maka ia juga harus memperbaiki dirinya terlebih dahulu. Evaluasi kekurangan itu adalah hal yang penting, agar membuat seseorang menjadi lebih baik. Setelah itu, buatlah program untuk melakukan perbaikan dari hasil evaluasi tersebut.

3. Kriteria Jangan Muluk
Salah satu ciri laki-laki yang kesulitan untuk mendapatkan jodoh adalah karena kriteria yang diinginkan terlalu muluk. Mereka menginginkan wanita yang cantik, manis, putih, tinggi, berpendidikan, dan anak orang kaya serta berbagai kriteria lainnya. Sebenarnya hal ini tidak salah apabila si lelaki juga mengimbanginya dengan ketampanan, kekayaan serta pendidikan yang setara dengan wanita impiannya.

Masalah akan timbul ketika pria menginginkan wanita yang sempurna namun ternyata dirinya tidak mengimbangi si wanita. Oleh sebab itu, janganlah terlalu muluk dalam menargetkan kriteria dalam memilih jodoh. Cobalah untuk mencari jodoh yang sepantaran baik itu dalam kondisi fisik, finansial, soal dan kriteria lainnya.

4. Terus Berdoa
Berdoa menjadi hal yang wajib dilakukan, namun ketika doa untuk mendapatkan jodoh yang sholehah belum dikabulkan oleh Allah, jangan langsung putus asa. Ada baiknya untuk terus berdoa hingga Allah mengabulkannya suatu hari nanti. Namun, jika doa tersebut belum juga terkabul, ada beberapa kemungkinan. Pertama, Allah sedang menunda untuk mengabulkannya bukan tidak mengabulkannya. Kedua, Allah menggantinya dengan yang lebih baik. Ketiga, ada yang salah doa yang sering diucapkan tersebut.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk terus berdoa dan yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa tersebut. Atau malah mengganti permintaan tersebut dengan yang lebih baik. Jika itu semua sudah dilakukan, namun doanya tidak juga terkabul maka yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi mana tau ada hal yang salah dengan doa yang selama ini diucapkan baik dari segi tata caranya ataupun isinya.

5. Perbanyak Ibadah Sunnah
Tidak hanya memperbanyak doa dan memperbaiki diri, untuk memperoleh jodoh sholehah hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperbanyak ibadah sunnah. Jika dulu jarang melakukan sholat dhuha, mulai sekarang rajinlah melakukan sholat jumat. Perbanyak sholat tahujjud dan jangan lupa untuk selalu sholat berjamaah di masjid. Selain itu lakukan juga amalan lainnya seperti membaca Al-Quran, bersedekah, puasa sunnah, sholat sunnnah rawatib dan lain sebagainya. Jika sudah melakukan semua ibadah tersebut, mudah-mudahan Allah akan memudahkan jalan dalam mencari istri yang sholehah.

6. Memperluas Jaringan
Banyak orang yang ingin mendapatkan jodoh sholehah namun tidak mau bergaul dan keluar dari rumah. Untuk itu jika ingin memperoleh jodoh maka perluaslah jaringn atau pergulan. Memperluas pergaulan dapat dilakukan dengan komunitas-komunitas baru atau mencari forum-forum. Jika masih di bangku kuliah, memperluas jaringan ini dapat di lakukan dengan bergabung di berbagai organisasi. Mudah-mudahan di sana akan ada jodohmu kelak. Ataupun jika memiliki teman, mintalah untuk memperkenalkan dengan beberapa wanita sholehah.

7. Nyatakan Isi Hati
Jika sudah menemukan wanita yang dirasa akan menjadi jodoh, maka segera nyatakan kepadanya. Namun, jangan nyatakan dengan cara murahan seperti maukah jadi pacarku. Namun lakukanlah dengan cara yang elegan yaitu ta’aruf. Nyatakan hal tersebut kepadanya dengan didampingi oleh satu atau beberapa orang dan apabila cocok, segera lanjutkan ke jenjang pernikahan.

8. Minta Bantuan Orang Lain
Jika sudah merasa siap untuk menikah maka segera lakukan. Namun apabila belum menemukan jodoh yang sholehah maka mintalah bantuan kepada orang lain. Terlebih lagi jika kamu adalah tipe pendiam dan kurang bergaul. Orang pertama yang bisa dimintain tolong untuk mencari jodoh adalah orangtua. Bisa juga meminta bantuan kepada saudara ataupun teman.

9. Tawakkal dan Pasrah
Jika semua langkah di atas telah dilakukan namun tidak juga menemukan jodoh yang sholehah. Maka hal yang harus dilakukan adalah tawakal dan berpasrah kepada apapun putusan Allah. Namun, yang harus diingat adalah bahwa tawakal itu harus dilakukan jika telah melakukan semua usaha. Bukan malah di awal ataupun di tengah usaha. Berusahalah untuk melakukan semua langkah semaksimal mungkin barulah bertawakal.

Demikianlah 9 langkah untuk memperoleh jodoh yang sholehah. Teruslah berusaha dan berdoa kepada Allah SWT baru setelah itu menyerahkan semua hasil kepada-Nya. Jangan lupa untuk memperbaiki diri dan niatkan bahwa segala yang dilakukan itu semata-mata untuk mencari keridhoan Allah.
0 Komentar untuk "9 Langkah Peroleh Jodoh yang Sholehah"

Back To Top