Waspada, Lima Sumber Polusi Ini Ada di Dalam Rumah - Kumpulan Info Unik

Waspada, Lima Sumber Polusi Ini Ada di Dalam Rumah

Rumah merupakan tempat yang paling nyaman untuk beristirahat. Namun, jangan lupa bahwa di dalam rumah ternyata tidak menghindarkan diri dari polusi. Bahkan pencemaran udara yang ada di dalam rumah 2-5 kali lebih besar daripada yang ada di luar rumah. Polusi udara ini dapat berakibat buruk karena banyak waktu yang lebih banyak dihabiskan di dalam rumah.

Berbagai kegiatan yang dilakukan di dalam rumah juga menjadi dalah satu penyebab pelepasan gas ke udara. Tidak terbatas kegiatan saja, polusi udara juga dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain perabotan rumah tangga dan hewan peliharaan. Polusi udara ini akan menjadi lebih para jika tidak menjaga kebersihan rumah. Berikut ini adalah lima sumber polusi di dalam rumah yang harus diwaspadai.

1. Jendela

Jendela tidak hanya menjadi tempat pertukaran udara. Namun jika lalai dalam merawatnya, jendela justru bisa menjadi sumber polusi udara di dalam rumah. Terutama ketika jendela yang ada di rumah tidak pernah dibuka atau ditutup terlalu rapat. Karena tertutupnya jendela ini maka akan membuat pertukaran karbondioksida dan oksigen dari dalam dan keluar rumah akan terganggu. Terlebih lagi jika jendela tersebut tidak pernah dibersihkan. Akan membuat kotoran bertumpuk dan udara tidak akan tertukar. Ada baiknya membuka jendela di rumah pada pagi dan siang hari dan membersihkannya secara rutin.

2. Air Conditioner (AC)

Pendingin ruangan atau biasa dikenal dengan AC bisa juga menjadi sumber polusi di dalam rumah. AC yang kotor dapat menyimpan virus dan bakteri yang bila tidak dibersihkan akan menyebar ke seluruh ruangan. Apabila hal ini terjadi tentu saja akan mengganggu sistem pernapasan penghuni yang ada di rumah.

Ada baiknya untuk merawat AC dengan teliti dan rutin agar fungsinya optimal dan dapat bertahan lama. Selain itu, usahakan untuk mematikan AC apabila tidak ada orang di dalam ruangan atau hendak berpergian. Bersihkan penyaring udara pada AC secara rutin karena apabila kotor akan menghamat proses sirkulasi udara dan membuat bakteri berkembang biak.

3. Perabot dan Tirai

Tidak hanya AC dan jendela saja yang bisa menjadi sumber polusi di dalam rumah. Perabotan rumah tangga juga bisa menjadi salah satu sumbernya. Tidak hanya perabot, tirai yang ada di rumah juga bisa menjadi sumber polusi. Untuk itu jaga semua perabot yang ada di dalam rumah tetap bersih dan bebas debu. Ada baiknya untuk tidak meletakkan banyak barang di rumah, karena selain membuat rumah tampak sempit juga menjadi sumber polusi jika sudah tertutup debu.

4. Karpet

Karpet sering digunakan untuk mempercantik ruangan. Namun apabila jarang dibersihkan, bulu karpet ini akan menjadi kusam dan tempat bersarangnya alergen berbahaya. Bulu karpet dapat menyerap debu, dan apabila kebanyakan debu yang menumpuk di karpet tersebut maka akan menjadi polusi di dalam rumah. Jika diinjak, maka debu tersebut bisa menguap menjadi partikel-partikel kecil ke udara dan dapat mengganggu sistem pernapasan. Untuk itu, usahakanlah membersihkan karpet tiga minggu sekali dengan mesin penghisap debu dan cuci karpet tersebut setidaknya enam bulan sekali.

5. Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan memang bisa dijadikan hiburan ketika sudah merasa lelah setelah pulang beraktivitas di luar rumah. Namun, apabila tidak menjaga kebersihan dan kesehatannya maka hewan peliharaan justru berpotensi menjadi sumber polusi di dalam rumah. Mulailah untuk rajin merawat hewan peliharaan agar terbebas dari kuman.

Itulah lima sumber polusi yang terdapat di dalam rumah. Ada baiknya untuk mulai menanam tanaman dalam rumah yang dapat menyerap polutan di udara seperti lily dan anggrek bulan. Tidak hnaya itu, mulailah hidup sehat dengan rajin membersihkan rumah secara rutin.
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Waspada, Lima Sumber Polusi Ini Ada di Dalam Rumah"

Back To Top